Pilihan Editor

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Selatan Terbaik Versi Tripjogja

Halooo Trippers, kalo di artikel sebelumnya Tripjogja ngebahas tentang rekomendasi tempat wisata di Jogja bagian utara, kali ini Tripjogja mau ngebahas tuntas tentang Tempat Wisata di Jogja bagian Selatan.

Cekidot…

Tempat Wisata di Jogja Selatan a.k.a. Bantul Yang Semakin Populer

Ngomonging tentang Jogja Selatan udah fix kita harus bahas daerah Bantul, dan ngomongin destinasi wisata di Bantul ga akan jauh-jauh dari obyek wisata alamnya. Yup, dalam 5 tahun terakhir tempat wisata di jogja selatan memang berkembang dengan sangat pesat dan semakin populer. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya obyek-obyek wisata baru yang bermunculan di daerah Bantul.

Bayangin aja, sejak tahun 2014 di area Hutan Pinus Imogiri dan sekitarnya aja, udah ada lebih dari 15 destinasi wisata baru yang bermunculan. Tapii, sekali lagi ya gaess, mungkin ga semua tempat wisata itu rekomended, maka tujuan Tripjogja menulis artikel ini adalah untuk memberikan informasi tempat wisata di Jogja HANYA YANG REKOMENDED.

Dari puluhan obyek wisata itu, mana aja sih yang WAJIB BANGET UNTUK DIKUNJUNGI? Cekidot…

1. Hutan Pinus Sari Mangunan

Feel yang dirasakan sewaktu pertama kali kesini kayak bukan di Indonesia, malah berasa lagi di hutannya New Zealand 😀

Hutan Pinus Mangunan Sari
Asri & teduhnya Hutan Pinus Mangunan Sari selalu Tripjogja rekomendasikan kepada semua traveler yang melancong ke daerah Bantul. Foto diambil saat Tripjogja membawa rekan-rekan dari grup Asuransi AXA Jakarta.

Hutan Pinus Sari Mangunan adalah salah satu tempat wisata pinus yang pertama kali hadir di area Imogiri. Hutan Pinus Sari Mangunan menawarkan suasana hutan pinus yang syahdu dan instagramable. Feel yang dirasakan sewaktu pertama kali kesini kayak bukan lagi ada di Indonesia, malah berasa lagi ada di hutannya New Zealand 😀 suasananya yang bikin betah!

Datanglah di pagi hari setelah subuh dengan membawa kostum kece & property foto demi mendapatkan hasil foto yang lebih instagramable.

  • Destinasi
    Hutan Pinus Sari Mangunan
  • Aktivitas
    Menikmati keindahan hutan yang alami dan syahdu. Jangan lupa bawa kamera dan property foto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.
  • Biaya
    IDR 2.500
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Pagi – sore.
    Datanglah pagi setelah subuh hari jika ingin mendapatkan suasana lebih syahdu dengan nuansa kabutnya.

 

2. Seribu Batu Songgo Langit

Beberapa foto spot yang didesain unik oleh para seniman lokal dari Jogja, seperti Rumah Kayu, Taman Tumpah dan Jembatan Jomblo

rumah hobbit jogja

Jika di Bandung ada Farm House dengan rumah hobbit nya, Jogja punya Seribu Batu Songgo Langit dengan varian foto spot yang lebih natural.

Yap, Seribu Batu Songgo Langit juga terkenal dengan rumah hobbit-nya. Tak hanya itu sih, masih ada beberapa foto spot yang didesain unik oleh para seniman lokal dari Jogja, seperti Rumah Kayu, Taman Tumpah dan Jembatan Jomblo. Kita juga bisa petualangan ringan dengan kegiatan seperti Flying Fox.

Tripjogja sangat merekomendasikan Seribu Batu Songgo Langit jika kamu sedang ngetrip di area Jogja bagian Selatan.

  • Destinasi
    Seribu Batu Songgo Langit
  • Aktivitas
    Menikmati keindahan hutan yang cantik dengan beberapa kreasi foto spot unik karya para seniman lokal Bantul. Jangan lupa bawa kamera dan property foto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.
  • Biaya
    IDR 2.500
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Pagi – sore.
    Seribu Batu Songgo Langit sangatlah teduh. Kamu bisa datang kapanpun kamu mau dari pagi hingga sore. Kalo Tripjogja menyarankan agar kamu datang di siang hari saat terik, anggaplah kamu sedang berteduh dari teriknya cuaca di destinasi kece ini 😀

 

3. Hutan Pinus Pengger

Pinus Pengger justru lebih cantik di malam hari. Poin of Interest terbaiknya adalah spot foto artistik dengan latar belakang kerlap kerlip lampu kota.

Pinus pengger dlingo

Hutan Pinus Pengger berada di area tebing di bagian tepi sehingga dapat melihat view kota dengan jelas. Berbeda dengan spot lainnya, Pinus Pengger justru lebih cantik di malam hari. Poin of Interest terbaiknya adalah spot foto artistik dengan latar belakang kerlap kerlip lampu kota. Meski instagramable, butuh perjuangan lebih untuk bisa berfoto di beberapa spot tersebut, antrinya itu loh…

Tips dari Tripjogja jika ke Pinus Pengger: Daripada ambil nomor antrian foto ditempat, lebih baik jika menghubungi staff Pinus Pengger dulu sebelumnya. Atau hubungi Advisor Tripjogja agar kami bisa membantu melakukan reservasi ke Pinus Pengger.

  • Destinasi
    Hutan Pinus Pengger
  • Aktivitas
    Menikmati keindahan hutan pinus di malam hari & dan berfoto selfie dengan background kerlap kerlip lampu kota. Jangan lupa bawa kamera dan property foto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.
  • Biaya
    IDR 2.500
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Malam hari.
    Hutan Pinus Pengger akan tampak cantik maksimal jika kamu berkunjung di malam hari, karena view kerlap kerlip lampu kota.

 

4. Bukit Panguk Kediwung

Negeri diatas awan yang setiap sudutnya cantik untuk diabadikan melalui kamera.

 

Bukit Panguk Kediwung
Suasana pagi setelah sunrise di Bukit Panguk Kediwung

Jika kamu adalah traveler yang “sunrise hunter”, Tripjogja sangat merekomendasikan Bukit Panguk Kediwung untuk kamu kunjungi.
Bukit Panguk Kediwung adalah salah satu spot di area Imogiri yang paling jauh dari kota Jogja. Butuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan mobil menuju kesana. Perjalanan jauh akan terbayar dengan kecantikan view landskap perbukitan dan Sungai Oya disana.

Datanglah ke Bukit Panguk Kediwung sebelum matahari terbit, kita akan menemukan kabut yang berlimpah disana. Sepintas tampak menjadi negeri diatas awan yang setiap sudutnya cantik untuk diabadikan melalui kamera. Ada juga beberapa kreasi spot foto unik yang bisa kamu jadikan teman berfoto selfie bersama temen-temen tripmu.

  • Destinasi
    Bukit Panguk Kediwung
  • Aktivitas
    Menyaksikan dramatisnya matahari terbit dari spot dengan view perbukitan dan Sungai Oya, sajian kabut yang melimpah membuat suasana bagai negeri diatas awan.
    Jangan lupa bawa kamera dan property foto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.
  • Biaya
    IDR 2.500
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Pagi sebelum matahari terbit.

 

5. Bukit Lintang Sewu

Kita bisa berfoto di dalam bintang dengan latar belakang sunset yang indah.

bukit lintang sewu, corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
Salah satu spot foto & sunset yang seru di Bukit Lintang Sewu. Foto ini diambil saat Tripjogja membawa grup trip dari teman-teman Bank Victoria Jakarta.

Kebalikan dari Bukit Panguk Kediwung, Bukit Lintang Sewu justru menawarkan sunset yang sayang untuk dilewati. Terletak di spot bukit dan kita bisa menikmati suasana yang asri dengan view perbukitan hijau di sekelilingnya. Ada beberapa kreasi spot foto unik yang bisa kita pakai untuk property foto, yang paling terkenal adalah spot bintang. Kita bisa berfoto di dalam bintang dengan latar belakang sunset yang indah.

Catat ya, datang ke Bukit Lintang Sewu sebelum matahari terbenam, syukur-syukur cuaca cerah sehingga kamu bisa mendapatkan sunset yang lebih dramatis.

  • Destinasi
    Bukit Lintang Sewu
  • Aktivitas
    Menyaksikan dramatisnya matahari terbenam dengan view perbukita hijau dan beberapa kreasi spot foto yang unik.
    Jangan lupa bawa kamera dan property foto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.
  • Biaya
    IDR 2.500
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Sore hari menjelang terbenamnya matahari.

 

6. Pantai Parangtritis

Pendar cahaya matahari terbenam bisa tampil dengan paripurna dari Pantai Parangtritis.

pantai parangtritis
Pantai Parangtritis masih menjadi salah satu spot sunset terbaik yang ada di Jogja

Jika Tripjogja ditanya “dimanakah pantai terbaik di Jogja?”, dengan pasti kami akan menjawab “Pantai Parangtritis”.
Meski tidak berpasir putih, kami masih menganggap Pantai Parangtritis sebagai salah satu pantai terbaik di Jogja.

Sebagai Pantai, Parangtritis memiliki segalanya. Lebar garis pantai yang luas dan bentang pantai yang panjang adalah poin plus banget buat para traveler yang ingin menikmati pantai di Jogja.

Parangtritis juga memiliki keindahan sunset yang sulit ditandingi keindahannya. Pendar cahaya matahari terbenam bisa tampil dengan paripurna dari Pantai Parangtritis. Ini yang kadang bikin baper banyak orang.

  • Destinasi
    Pantai Parangtritis
  • Aktivitas
    Manikmati pantai dengan beragam aktivitas menarik, mulai dari andong hingga ATV.
  • Biaya
    IDR 10.000
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Sore hari menjelang terbenamnya matahari.

 

7. Watu Payung Geo Forest

Perbedaan dengan obyek wisata lainnya adalah, Watu Payung tetap menarik meski kita datang di saat sunrise atau sunset.

watu payung jogja, watu payung bantul
Watu Payung memiliki view sunrise & sunset yang terlalu sayang untuk dilewati

Watu Payung adalah destinasi yang masih sangat baru. Hingga artikel ini ditulis, obyek wisata Watu Payung baru dibuka kurang lebih selama 6 bulan. Masih sedikit pengunjung yang datang karena secara pamor masih kalah oleh beberapa destinasi yang sudah settle lebih dulu di daerah Imogiri.

Meski terhitung baru, Wayu Payung menawarkan spot destinasi yang tak kalah menarik. Kategori atraksi yang ditawarkan mirip dengan Pinus Pengger & Lintang Sewu, yakni area bukit dengan view lanskap yang memukau.

Perbedaan dengan obyek wisata lainnya adalah, Watu Payung tetap menarik meski kita datang di saat sunrise atau sunset.

  • Destinasi
    Watu Payung Geo Forest
  • Aktivitas
    Menyaksikan dramatisnya matahari terbit dan matahari terbenam dari spot dengan view perbukitan yang memukau, sajian kabut yang melimpah di saat sunrise membuat suasana bagai negeri diatas awan.
  • Biaya
    IDR 2.500
  • Waktu Kunjung Terbaik
    Pagi menjelang terbitnya matahari atau sore menjelang terbenamnya matahari.

 

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Bagian Utara yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Yuk Bikin Itinerary ke Tempat Wisata di Jogja Selatan

Nah, buat kamu yang mau trip ke Jogja bagian selatan, pastikan kunjungi destinasi-destinasi yang Tripjogja sebutin diatas tadi ya. Dijamin ada feel experience yang bagus & gak sia2 tripnya. Kalo bingung, monggo hubungi nomor WA Travel Advisor Tripjogja disini, dengan senang hati kita kasih saran-saran terbaik tentang paket wisata jogja, FREE! 😀

Baca juga: [REFERENSI] Pilihan Lengkap Paket Wisata Jogja 1 Hari, 2 Hari, 3 Hari, 4 Hari

Next kita bakal bahas tentang Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja bagian Wonosari Yang Wajib Kamu Kunjungi.

Stay tune 😀
NS – Tripjogja

Foot Note: Follow akun Instagram Tripjogja disini. Temukan banyak info tentang destinasi, kuliner & event keren di Jogja.

Write A Comment