Hutan Pinus Mangunan [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Apakah kamu pernah mendengar tentang Hutan Pinus Mangunan di Yogyakarta? Jika belum, maka kamu harus mengunjungi tempat ini! Hutan Pinus Mangunan terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir,  Dusun Mangunan, Desa Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 24 km sebelah timur Kota Yogyakarta. Di sini, kamu akan menemukan hamparan pohon pinus yang hijau dan asri, serta pemandangan yang indah yang menakjubkan.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Hutan Pinus Mangunan Jogja terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Dusun Mangunan, Desa Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 24 km sebelah timur Kota Yogyakarta. 

Untuk mencapai lokasi ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti rute dari Jalan Imogiri Timur dan berbelok ke Jalan Mangunan. 

Cara Akses dari Kota Jogja

Untuk mencapai Hutan Pinus Mangunan dari Kota Yogyakarta, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti rute dari Jalan Imogiri Timur dan berbelok ke Jalan Mangunan. Sedangkan jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta carilah bus yang melewati daerah mangunan dan turun di desa Mangunan. Setelah itu, kamu bisa menggunakan ojek atau jalan kaki untuk mencapai lokasi Hutan Pinus Mangunan.


Tiket masuk Hutan Pinus Mangunan ini sebesar Rp 5.000 per orang. Harga ini sangat terjangkau dan sebanding dengan keindahan yang akan kamu temukan di dalam hutan.
Di Hutan Pinus Mangunan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti:
  • Berjalan-jalan di tengah hutan: Kamu bisa menikmati udara segar sambil berjalan-jalan di tengah hutan yang asri dan menenangkan.
  • Berfoto: Pemandangan di Hutan Pinus Mangunan sangat indah, sehingga sangat disarankan untuk berfoto di berbagai spot yang sudah disediakan.
  • Camping: Jika kamu ingin menginap di Hutan Pinus Mangunan, kamu bisa melakukan camping di area khusus yang sudah disediakan.

Donts

  • Jangan merusak alam: Saat berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, jangan merusak alam dengan membuang sampah sembarangan atau merusak pohon dan tanaman.
  • Jangan Mencoret fasilitas yang ada
  • Jangan Merokok di area hutan pinus

Do's

  • Berangkat pagi untuk menikmati suasana Mangunan yang berkabut
  • Pakailah alas kaki yang nyaman: karena kamu akan banyak berjalan di Hutan Pinus Mangunan, pastikan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman agar tidak mudah lelah.
  • Bawa perlengkapan yang cukup: Pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup seperti air minum, snack, payung atau mantel, dan obat-obatan jika kamu membutuhkannya.
  • Patuhi aturan yang ada: Saat berada di Hutan Pinus Mangunan, patuhi aturan yang ada seperti tidak merokok dan tidak berbicara terlalu keras agar tidak mengganggu pengunjung lain.
Baca Juga:  Gunung Api Purba Nglanggeran: Sensasi Senja dan Bentang Kehijauan di Puncak

Perlengkapan yang Perlu Dibawa ke Hutan Pinus Mangunan

Ketika berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup seperti:
  • Alas kaki yang nyaman karena kamu akan banyak berjalan di hutan.
  • Membawa air minum dan snack untuk mengisi energimu saat berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan.
  • Karena cuaca di Yogyakarta cukup tidak menentu, pastikan untuk membawa payung atau mantel untuk melindungi dirimu dari hujan atau terik matahari
  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi jika kamu membutuhkannya

Gallery Foto Hutan Pinus Mangunan

Kesimpulan

Hutan Pinus Mangunan Jogja merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di dalamnya. Hutan Pinus Mangunan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Namun, pastikan untuk patuh pada aturan dan menjaga kebersihan lingkungan agar Hutan Pinus Mangunan tetap terjaga keasriannya. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang cukup dan merencanakan perjalananmu dengan baik agar kamu bisa menikmati setiap momen yang ada di Hutan Pinus Mangunan Jogja ini. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, kunjungi Hutan Pinus Mangunan dengan paket wisata jogja dari tripjogja sekarang!

5/5 - (1 vote)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2024 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram