Wisata Pantai

Tak Hanya Tentang Mistis, Senja Di Pantai Parangtritis Juga Menawarkan Momen Romantis

Belakangan Parangtritis mulai terlupakan namanya. Tapi bagi penikmat senja, diorama sunset di Parangtritis masih menjadi yang terbaik di Jogja.

Pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul memang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan belakangan ini karena keindahan panorama dan pasir putihnya yang menawan. Namun, pantai pasir hitam yang satu ini pun sebenarnya tidak kalah mempesona. Jauh sebelum pantai-pantai di Gunungkidul terekspos oleh media, Pantai Parangtritis sudah terdengar ke seluruh penjuru nusantara.

Kita dapat sampai ke Pantai Parangtritis dengan menempuh 1 jam perjalanan melalui Jl. Parangtritis. Sebagai salah satu pantai yang cukup melegenda di Yogyakarta, tidak akan sulit menemukan arahan penunjuk jalan untuk sampai ke sana. Bus jurusan Parangtritis adalah salah satu cara yang cukup mudah dan murah untuk sampai ke sana. Sesuai dengan namanya, Jalan Parangtritis memang merupakan salah satu jalur utama untuk menuju ke Pantai Parangtritis.

Pantai Prangtritis, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Pantai Parang Tritis adalah ikon pantai yang begitu terkenal di Jogja. Via Pikiran Rakyat

Walaupun tergolong objek wisata populer, biaya retribusi di luar biaya parkir tergolong murah untuk tiap kepala yang hendak berkunjung ke Pantai Parangtritis. Cukup mengeluarkan uang Rp 5.000,- saja, kita sudah dapat mengunjungi pantai pasir hitam ini. Berkunjung di Pantai Parangtritis pada sore hari, maka kita akan menemukan pemandangan yang megah di depan mata kita.

Senja Yang Memanjakan Mata

Masyarakat sering kali mengkaitkan Pantai Parangtritis dengan Legenda Ratu Selatan atau Ratu Kidul. Erat dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis, kita mungkin kadang tidak tersadar bahwa parangtritis juga menawarkan sisi romantis.

Tampilan visual yang dapat ditangkap dengan mata itu bernama senja. Di Pantai Parangtritis, matahari dengan malu-malu bersembunyi untuk beristirahat tanpa sadar bahwa rona nya dapat menyihir para penikmatnya. Perpaduan warna-warna indah yang terlukiskan di langit tentunya merupakan momen yang sangat berharga. Tentunya, agenda menikmati senja di Pantai Parangtritis dapat dicatatkan ke agenda rencana perjalanan anda dan pasangan di momen liburan selanjutnya.

Pantai Prangtritis, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Senja nan Romantis di pantai Mistis Parangtritis. via rimarahayu[dot]wordpress[dot]com

Menjajahi Bibir Pantai

Terlalu cepat sampai ke Pantai Parangtritis tentunya bukanlah sebuah bencana besar bagi agenda kita menyaksikan panorama senja di sana. Untuk menunggu matahari pulang dan bersembunyi, kita dapat mencoba menjajah bibir pantai dengan sebuah ATV. Bermodalkan uang sebesar Rp.50.000,-, kita dapat mengisi waktu dengan menjelajahi Pantai Parangtritis dengan mengendarai All Terrain Vehicle selama 15 menit. Durasi yang tidak terlalu lama, namun cukup untuk modal bercerita pada sanak saudara ketika kita pulang.

Pantai Prangtritis, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Menyusuri bibir pantai dengan mengendarai ATV, sangat wajib dicoba. Via : paaj[dot]blogspot[dot]com

Cara Lain Menikmati Senja

Menikmati senja di Pantai Parangtritis dapat kita lakukan dengan cara yang berbeda. Beberapa kereta kuda beroda 2 yang lebih sering disebut Bendi, siap menemani anda mengagumi senja. Bayangkan saja, menyusuri bibir pantai dengan kereta kuda yang beratapkan langit-langit berwarna jingga yang seolah tersenyum dengan penuh rona. Tentunya Pantai Parangtritis menyajikan salah satu pengalaman romantis yang tak biasa.

Pantai Prangtritis, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Sebuah bendi, kendaraan tradisional yang bisa kita sewa untuk lebih mendramatisir romantisme senja. via  ANTARA FOTO/Noveradika/ed/pd/14

Di balik segala mitos dan legenda masyarakat yang seolah terdengar mistis, Pantai Parangtritis menyajikan langit sore hari yang romantis. Kita layak untuk menikmati senja di sana. Tentunya tembang ‘Parangtritis’ dari Didi Kempot dapat hadir sebagai soundtrack yang tepat dalam memandangi langit senja dan mengagumi lukisan alam karya Yang Maha Kuasa.

 

__

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu Operasional : –

HTM : 

  • Biaya Retribusi : Rp.5.000,-/Orang
  • Parkir Motor : Rp.2.000,-
  • Parkir Mobil : Rp.10.000,-
  • Sewa ATV (15 menit) : Rp.50.000,-
  • Sewa kereta kuda : Rp.20.000,-/ putaran

Fasilitas: 

  • Hotel dan penginapan
  • Toko cinderamata
  • Kamar mandi

Aktifitas: 

  • Menikmati senja
  • Bermain ATV
  • Naik kereta kuda

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat : Jalan Parangtritis km 28, Parangtritis 55188,Indonesia

Telepon : +6285646629038

Website : Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

30 Kilometer di selatan Nol Kilometer
Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Dari 0 kilometer, kita harus menuju ke timur dan berbelok ke kanan untuk menuju Jl. Brigjen Katamso. Setelah itu terus melaju ke selatan untuk menyusuri Jl. Parangtritis hingga kemudian berbelok ke kanan menuju Jl. Pantai Parangkusumo untuk kemudian menuju ke arah kiri. Kita juga dapat mengunakan mengunakan bus jurusan Parangtritis dari Terminal Giwangan.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best Time to Visit : Sore Menjelang Senja

What to bring : Pakaian ganti

Do :

  • Menikmati Senja.
  • Bermain Pasir Bersama Keluarga atau Teman.
  • Bermain ATV dan naik bendi.

Don’t : 

  • Menggunakan pakaian berwarna hijau. Masyarakat setempat mempercayai bahwa menggunakan pakaian berwarna hijau ke Pantai Parangtritis dapat menyebabkan bencana pada pemakainya.
  • Bermain air telalu jauh ke tengah pantai.

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

Write A Comment