Ad
Ad
Ad

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Merapi. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.930 mdpl dan terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia. Gunung Merapi juga merupakan salah satu tempat penting dan sakral bagi masyarakat Yogyakarta selain Keraton dan Pantai Selatan. Ketiga tempat tersebut berada dalam satu garis lurus yang membentang dari selatan ke utara. Tidak hanya dianggap sakral oleh masyarakat Jogja saja, Gunung Merapi juga menjadi salah satu tempat favorit para pendaki karena keindahan pemandangan dari puncaknya.

Merapi Lava Tour
Sejak bencana meletus Merapi tahun 2010, tak hanya menjadi area pendakian, namun wisata petualangan menggunakan jeep menjadi juga semakin populer. Hingga kini menjadi destinasi wisata wajib jika Anda ke Jogja.

 

Erupsi Besar yang Menyisakan Lautan Pasir yang Luas

Gunung Merapi  sampai saat ini masih terus menunjukan aktivitasnya. Erupsi Gunung Merapi hampir terjadi setiap  5 tahun sekali, karena  hal itulah muncul istilah “Merapi tak pernah ingkar janji” yang dikenal oleh masyarakat yang tinggal disekitarnya. Erupsi besar Gunung Merapi  yang terakhir terjadi pada tahun 2010 lalu. Muntahan material vulkanik serta lahar dingin saat erupsi tersebut meluluh lantakan hampir semua yang ada bawahnya, termasuk pemukiman penduduk di kaki Gunung Merapi yang berada diwilayah Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta serta menewaskan ratusan orang dan ribuan penduduk lainnya  harus dievakuasi. Lautan pasir dan batu bekas terjangan lahar dingin pada erupsi tahun 2010 tersebut bisa di telusuri melalui Lava Tour Merapi.

corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
Tampak dibelakang adalah area jalur aliran lahar Merapi saat meletus. Kini menjadi wisata alam yang menarik untuk diikuti jika ngetrip ke Jogja.
corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
Erupsi besar membawa duka sekaligus berkah bagi warga desa sekitar dengan kegiatan Lava Tour Merapi mengelilingi kawasan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di  Merapi Lava Tour

Petualangan menikmati sisa-sisa erupsi Gunung Merapi dilakukan dengan menggunakan Jeep seperti yang dilakukan oleh Rambo. Perjalanan Merapi Lava Tour  dimulai dari Telogo Putri yang ada di Kawasan Wisata Kaliurang menyusuri jalanan berbatu dengan sensasi yang mendebarkan menuju ke beberapa lokasi mulai dari rumah-rumah penduduk yang telah rusak dan ditinggalkan, Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, Bangker tempat pengungsian sampai dengan sensasi menyusuri Kali kuning.

merapi lava tour adventure
Selfie dengan background gagahnya gunung Merapi, kenapa enggak?
  • Museum Sisa Hartaku: Museum Sisa Hartaku merupakan sebuah rumah pribadi milik penduduk Desa Kinahrejo yang bernama Bapak Riyanto yang rusak terkena terjangan awan panas akibat erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada 5 November 2010 pada pukul 12.04.49. Waktu terjadinya bencana tersebut bisa dilihat pada sebuah jam yang masih tertempel pada dinding rumah tersebut. Didalam Museum Sisa Hartaku ini kita juga bisa melihat benda-benda lain yang ikut rusak dan meleleh seperti sepeda motor, televisi, perabotan rumah tangaa sampai dengan rangka hewan peliharaan sang pemilik rumah. Melalui benda-benda tersebut bisa dibayangkan betapa dahsyatnya serangan awan panas pada saat kejadian.

    corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
    Museum Sisa Hartaku (tampak luar). Dari bangunan ini bisa diperkirakan betapa panasnya “wedhus gembel” (awan panas merapi) yang mampu meluluh lantakkan banyak bangunan di sekitar Gunung Merapi.
    Konon panasnya mencapai 600 derajat celcius.
  • Batu Alien: Disebut dengan Batu Alien karena batu besar yang terlempar pada saat erupsi Gunug Merapi ini bentuknya menyerupai alien. Pada permukaan batu tersebut terlihat seperti wajah manusia lengkap dengan mata, hidung, dan mulut. Tidak sedikit masyarakat yang menganggapnya sebagai sebuah batu yang keramat.

    corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
    Salah satu spot di Lava Tour Merapi yang sering jadi photo stop, yaitu Batu Alien. Perhatikan deh bentuk bantunya yang mirip wajah alien.
  • Bunker Merapi: Bunker ini terletak di kawasan Kaliadem. Bunker ini biasa digunakan sebagai tempat berlindung jika erupsi terjadi. Bunker ini sudah ada sejak jaman Belanda. Pada erupsi yang terjadi pada tahun 2006, bungker ini menjadi saksi tewasnya 2 relawan yang berlindung didalam bangker tersebut. Bunker ini berada persis dibawah Gunung Merapi. Jika cuaca sedang cerah, dari tempat ini kecantikan puncak Gunung Merapi bisa terlihat dengan sempurna.

    corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
    Bunker Kaliadem, biasa disebut juga Bungker Merapi. Pernah 2 orang mahasiswa dari Jogja yang tewas terpanggang di dalam bunker saat berlindung dari serangan wedhus gembel dikala erupsi Merapi.
  • Kali Kuning: Kali Kuning merupakan salah satu sungai yang dilalui oleh aliran lahar dingin dari Gunung Merapi. Di Kali Kuning ini terdapat dam yang berfungsi untuk memecah aliran lahar dingin. Sensasi berbeda akan kembali dirasakan pada saat Jeep melintas diatas aliran air.
    lava tour merapi rekomendasi wisata jogja
    Menerabas air di kalikuning menjadi pamungkas acara saat naik jeep di lava tour merapi. Seru banget! (via: bluefatamorgana[dot]blogspot[dot]com

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista


Tripjogja™ – Info Tempat Wisata di Jogja
Lava Tour Merapi

Info Tempat Wisata di Jogja lengkap tentang Lava Tour Merapi.

Aktifitas: Menyusuri lautan pasir sisa erupsi Merapi menggunakan Willys dan mengunjungi Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem, dll tergantung paket rute yang dipilih.

Waktu Operasional : Setiap Hari. Pukul : 04.00 – 18.00 WIB

Harga :

  • Retribusi : Rp 5000,00 /orang
  • Rute Pendek
    Durasi sekitar 1,5 jam dengan tarif mulai Rp 350.000.
  • Rute Medium
    Durasi sekitar 2,5 jam dengan tarif mulai Rp 450.000.
  • Rute Panjang
    Durasi sekitar 3 jam dengan tarif mulai Rp 500.000.
  • Paket Sunrise
    Trip dimulai pukul 04.00 WIB, durasi sekitar 2 jam dengan tarif mulai Rp 500.000.

Fasilitas:  Tarif tersebut sudah termasuk driver sekaligus pemandu lokal dan asuransi jasa raharja untuk 4 orang penumpang.

Alamat : Ngrangkah, Pangukrejo, Umbulharjo,Kec. Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Telepon : (0274) 719 8986 &  0851.0219.8986

Website : Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:
Jarak tempuh dari pusat kota Jogja ke Merapi Lava Tour sekitar 35 kilometer dengan estimasi waktu tempuh 60 menit. Perbedaan hasil pada saat kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti kondisi lalu-lintas dan atau jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

  • Untuk mencapai Dusun Kinahrejo kita dapat melalui jalur utara yaitu melewati Jalan Kaliurang dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun roda empat, karena akses angkutan umum untuk menuju Dusun Kinarejo hanya mencapai Jalan Kaliurang saja.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi lebih menyenangkan.

Best Time to Visit : 

  • Waktu terbaik untuk menikmati Merapi Lava Tour adalah pada pagi atau sore hari. Karena pada pagi atau sore hari selain sensasi dan keseruan yang  didapatkan, ada bonus sunrise dan sunset cantik  dibalik Gunung Merapi yang gagah.

What to bring : 

  • Pakailah masker dan kacamata untuk melindungi diri dari debu dan pasir yang berterbangan.
  • Kenakanlah jaket atau sunblock. Meski udaranya terkesan sejuk, namun paparan sinar matahari secara langsung selama berjam-jam bisa membuat kulit gosong.
  • Kamera

Do : 

  • Saat akhir pekan atau hari libur bisanya banyak wisatawan yang mengikuti Merapi Lava Tour. Supaya kamu tidak perlu antri terlalu lama, ada baiknya kamu reservasi lebih dahulu.
  • Mendengarkan kisah keganasan Merapi yang disampaikan pemandu lokal.

Don’t : 

  • Jalur yang menantang dan rute yang terjal membuat aktivitas ini tidak disarankan bagi ibu hamil.
  • Makan sebelum mengendarai jeep. Atau Anda akan mengalami mual.

Baca juga: Paket Tour Jogja terkait dengan Merapi Lava Tour
https://tripjogja.co.id/paket-wisata-jogja-2d1n-tour-little-ubud-lava-tour-merapi/
https://tripjogja.co.id/paket-wisata-jogja-3d2n-tour-little-ubud-lava-tour-merapi/

Tulis Komentar