Merapi Lava Tour: Petualangan Seru Ala Rambo di Kaki Gunung Merapi

Lava Tour Merapi – Persis di bulan November 2010 silam, Gunung Merapi di Yogyakarta memperlihatkan keperkasaannya. Seakan tak ingin diremehkan, sejak awal bulan gunung ini terus menggaungkan gemuruh suaranya dari perut bumi. Hingga puncaknya di tanggal 5 November 201o.

Bummm..!

Akhirnya Gunung Merapi memuntahkan laharnya yang telah lama terpendam jauh di perut bumi.

Banyak sekali…

Ratusan nyawa menjadi korban, ribuan ternak mati, ribuan rumah lainnya rata dengan abu vulkanik…

Tapi siapa sangka…

Kejadian besar itu justru menjadi cikal bakal atraksi wisata baru di Jogja.

Lava Tour Merapi namanya…

Adalah atraksi berpetualang keliling alam di kaki Gunung Merapi naik jeep 4×4 dengan sensasi offroad. Sensasi yang digemari para wisatawan sejak tahun 2010, bahkan hingga saat ini.

Tak ayal, aktivitas wisata di lereng Gunung Merapi menjadi sumber rejeki baru bagi warga lokal yang dulu terdampak bencana letusan besar itu. Hukum alam memang seimbang bukan?

Dan sejak saat itu Gunung Merapi resmi menjadi destinasi baru. Destinasi petualangan ringan yang menjadi favorit turis lokal dan mancanegara.

Jika Anda belum pernah mencobanya, Anda bisa bayangkan menjadi seorang Rambo yang sedang kejar-kejaran dengan lawannya naik jeep willys jaman perang dunia di film-film aksi itu 😀

Merapi Lava Tour
Sejak bencana meletus Merapi tahun 2010, wisata petualangan menggunakan jeep menjadi semakin populer. Hingga kini menjadi destinasi wisata wajib jika Anda ke Jogja.

 

Anda mau mencoba Lava Tour Merapi?

Silahkan lanjut baca & simak tips-tips dari Tripjogja dibawah ini sampai habis.

Lokasi Merapi Lava Tour

Ada banyak sekali operator jeep di Merapi Lava Tour. Jika Anda jalan menyusuri jalan Kaliurang, sejak km. 20 sudah ada nampak beberapa basecamp-basecamp jip yang ada di kiri-kanan jalan. Ada yang basecamp-nya kecil, ada juga yang besar. Setiap operator mempunyai kapasitas dan jumlah masing-masing.

Namun, yang cukup terkenal adalah operator-operator jip yang basecamp-nya ada di area Kaliadem dan Kaliurang. Disana ada beberapa operator jip wisata Merapi lava tour yang mempunyai basecamp cukup besar.

Jika Anda jalan menyusuri rute Kaliadem, Anda akan menemui operator berikut:

  • Merapi Jaya

  • 86 Adventure

  • MLCC (Merapi Land Cruiser Community)

  • TLCM (Toyota Land Cruiser Merapi)

  • JWM (Jeep Wisata Merapi)

  • M-Jak

  • Belantara Adventure

  • Dan ada beberapa lainnya yang tidak kami sebutkan.

Jika Anda menyusuri rute Kaliurang, operatornya adalah sebagai berikut:

  • Tlogo Putri

  • Land Rover Community

  • Jeep Kaliurang

  • Komunitas Jeep Elang

  • Dan ada beberapa lainnya yang tidak kami sebutkan juga, karena saking banyaknya :D.

Cukup banyak bukan? Saking banyaknya terkadang membuat kita bingung untuk memilih yang mana. Di sesi terakhir Tripjogja akan membantu Anda untuk memilih, operator mana yang rekomended untuk Anda gunakan jasanya.

 

Baca Juga:  12 Wisata Kulon Progo Ter-Hits, Jangan Under Estimate Wisatanya Lagi, ya!
basecamp lava tour
Ada banyak pilihan operator lava tour di sekitaran lereng Merapi, Anda dapat menemuinya di sepanjang jalur menuju Kaliurang dan Kaliadem.

 

Okey, untuk lokasi persisnya dimana Anda harus pergi jika ingin lava tour, ga perlu repot. Cukup cari di google map dan ketik dengan keyword “Kaliurang” atau “Kaliadem”, jalanlah ikuti rute tersebut dan nanti Anda akan menemui banyak sekali operator-operator yang kami tulis diatas.

Aktivitas di Lava Tour Merapi

Hampir semua operator menyediakan paket wisata jeep yang sama. Iya benar, semua paket sama. Mau kita pesan di operator A, B atau Z sekalipun, semuanya menawarkan paket yang sama.

Paket Lava Tour MerapiDestinasi Durasi
Rute ShortMuseum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem1,5 jam
Rute MediumMuseum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Jembatan Sungai Kalikuning2,5 jam
Rute LongMuseum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Petilasan Mbah Maridjan, Jembatan Sungai Kalikuning, Bungker Kaliadem3,5 jam
Sunrise TripMuseum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem Sunrise2 jam

Jika menimbang faktor kenyamanan, durasi waktu, dan pengalaman yang didapat, kami menyarankan Anda untuk memilih paket lava tour dengan Rute Medium.

Sejauh ini grup-grup wisatawan yang kami layani sangat menikmati paket wisata lava tour Merapi dengan Rute Medium karena sensasi bermain terabas air di sungai yang menyenangkan. Anda wajib mencoba ini.

Lava Tour Merapi Rute Medium
Lava Tour Merapi Rute Medium adalah rekomendasi Tripjogja. Rasakan serunya offroad melintasi sungai.

 

Baca Juga:  Berjumpa dengan Tokoh Idola di Museum De Arca, Madame Tussaud ala Yogyakarta

Fasilitas di Merapi Lava Tour

Tak banyak fasilitas ini & itu yang disajikan selain wisata petualangan keliling lereng gunung Merapi naik jeep offroad. Tapi 1 hal yang harus Anda tahu jika Anda sedang lava tour, akan ada beberapa area yang berdebu. Ini cukup mengganggu saat kita sedang asyik lava tour. Salah satu fasilitas yang menjadi hak kita adalah masker. Setiap operator akan memberikan masker sebagai salah satu fasilitas yang Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Fasilitas di Lava Tour Merapi
Helm menjadi salah satu fasilitas keamanan yang disiapkan oleh masing-masing operator lava tour.

 

Fasilitas lainnya terkait dengan faktor keamanan penumpang. Setiap penumpang jeep wisata merapi wajib menggunakan helm yang sudah disediakan oleh operator. Selain itu, setiap biaya yang Anda bayar untuk aktivitas lava tour, sudah termasuk dengan asuransi jasa raharja untuk mencover jika terjadi insiden yang tidak kita harapkan.

Fasilitas yang didapat:

  • Masker

  • Helm

  • Asuransi

Harga Lava Tour Merapi

Selain memiliki jenis paket yang sama di semua operator, setiap operator juga memberikan harga yang sama di setiap paket rute jip wisata yang dijual. Ini memang sudah menjadi kesepakatan bersama semua operator Merapi Lava Tour, agar tidak terjadi persaingan harga yang tidak sehat antar operator.

Per-Januari 2020 harga lava tour Merapi adalah sebagai berikut:

Paket Lava Tour MerapiHarga per Jeep
Rute ShortRp. 350,000
Rute MediumRp. 450,000
Rute LongRp. 550,000
Sunrise TripRp. 450,000

Perlu diketahui, harga diatas adalah harga reguler yang berlaku setiap hari weekday – weekend. Bisa saja setiap operator mengenakan “high season surcharge” di momen-momen tertentu, misalnya libur panjang lebaran, atau libur panjang tahun baru.

Paket Wisata Lava Tour Merapi
Lava Tour Merapi menjadi favorit turis domestik & mancanegara paska letusan besar tahun 2010 hingga saat ini.

 

Baca Juga:  [Field Report] Pasar Kangen Jogja 2018

Lava Tour Merapi adalah atraksi wisata paling favorit di Yogyakarta (setidaknya hingga tulisan ini dibuat). Terkadang cukup sulit untuk melakukan reservasi di saat weekend atau musim liburan. Kami menyarankan agar tidak melakukan reservasi dadakan agar Anda & keluarga bisa mendapatkan jeep untuk berwisata di Merapi Lava Tour.

Untuk pemesanan Jeep Wisata Lava Tour Merapi dengan pelayanan terbaik, dapat Anda booking melalui nomor hotline +6285327820111 atau melalui chat Whatsapp disini.

Tips Terbaik Wisata Jeep Lava Tour Merapi

Tips bagi Anda dan keluarga / sahabat ingin Merapi Lava Tour :

  • Pilih paket jeep dengan rute Medium agar dapat melintasi sungai di Kalikuning. Rasakan sensasi keseruannya.

  • Datang pagi hari pukul 07.00 atau sore pukul 15.00 agar cuaca tidak panas terik.

  • Pakai outfit casual nyaman & disarankan menggunakan sunblock, topi & kacamata hitam.

  • Gunakan masker dan helm. Pastikan 1 jeep diisi maksimal 4 penumpang (diluar driver).

  • Pilih Operator Jip Wisata Merapi yang sudah teruji pelayanannya.

Demikian ulasan dari Tripjogja tentang Lava Tour Merapi. Semoga dapat memberikan insight untuk Anda yang sebelum merasakan serunya Merapi Lava Tour. Anda juga dapat melakukan pemesanan paket wisata Jogja dengan itinerary kekinian dan kuliner yang Jogja banget bersama Tripjogja.

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

This Post Has 2 Comments

  1. Mantap jiwaaaa 😁

Leave a Reply

Close Menu