Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Pernah ke Brown Canyon Semarang? Jika mendatangi Tebing Breksi, mungkin Kamu akan memikirkan hal yang sama dengan kami. Ya, dua tempat wisata ini super mirip!

Meski begitu, perbedaan yang paling kentara dapat Kamu rasakan setelah mencapai puncak tebing ini. Salah satu tujuan wisata Jogja ini menampilkan panorama yang memukau, mulai dari Gunung Merapi, Kota Yogyakarta, hingga Candi Prambanan.

Sejarah Tebing Breksi sendiri cukup unik, lho! Awalnya, tempat ini merupakan area penambangan batu breksi. Baru kemudian di Bulan Mei Tahun 2015, Sang Sultan yakni Hamengku Buwono X menjadikannya sebagai lokasi cagar budaya. Menarik banget kan kisahnya? So, cari tahu lebih lanjut pada ulasan di bawah ini, ya!

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Tebing Breksi
Image by @madyacamelia

Menyoal fasilitas, Tebing Breksi sebenarnya masih cukup minim pelayanan. Sayang, ya, padahal, tempat ini cukup potensial. For your information, tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang meliputi:

  • Lokasi Off road
  • Tlatar pertunjukan
  • Area parkir
  • Toilet
Baca Juga:  Bukit Panguk Kediwung Dengan Lautan Awan Yang Menyelimuti

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Tebing Breksi memang menjadi lokasi wisata yang sangat digemari terutama bagi orang-orang yang hobi hunting spot kece untuk urusan fotografi. Pemandangan tebing kapur yang menjulang membuat Kamu tidak akan berhenti berdecak kagum, deh. Nah, untuk menyambangi tempat ini, Kamu bisa datang mulai pukul 05.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Jam Buka Tebing Breksi
Image by @tharissajfn

Karena lokasinya yang super oke, Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang seru. Jangan lewatkan melakukan kegiatan di Tebing Breksi ini, ya!

  • Menunggu Sunrise dan Menanti Sunset

Menunggu adalah hal yang membosankan. Eits, tunggu dulu, kalau menunggu yang satu ini seru banget. Ya, menanti matahari yang membumbung dan tergelincir ini bisa menaikkan mood-mu seketika. Pastikan untuk mengabadikannya dalam jepretan foto!

  • Naik ke Tangga Alami

Yang lebih menakjubkan lagi adalah adanya pahatan. Kamu bisa naik melalui tangga alami ini.

  • Menyaksikan Landskap Jogja dari Atas

Apalagi yang lebih menarik dan romantis ketimbang menyaksikan suatu kota dari ketinggian? Nah, dari atas wahana di Tebing Breksi ini, matamu akan dimanjakan dengan panorama nan memukau. Candi Prambanan yang misterius dan pesawat yang landing ataupun take-off.

  • Foto Pre-Wedding

Dalam waktu dekat akan melaksanakan pernikahan? So, Tebing Breksi akan menjadi lokasi yang keren untuk melakukan foto pre-wedding. Ukiran gambar wayang akan menjadi latar yang klasik untuk foto bersama pasangan.

  • Tlatar Seneng

Tempat ini khusus dipergunakan sebagai panggung, yang mana memiliki bentuk bulat dan mengitari pohon besar. Sementara di sekelilingnya terdapat tempat duduk. Area berukuran 15 meter ini biasa dipakai untuk melakukan pentas seni.

Baca Juga:  Gembira Loka Zoo: Menyaksikan Ketangkasan dan Kelincahan Para Satwa Langka

Lokasi dan Rute Tebing Breksi

Tebing yang cantik ini terletak di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Lokasinya cukup strategis, kok. Untuk menuju kesana, Kamu cukup mengikuti rute yang akan kami cantumkan berikut ini.

Lokasi Tebing Breksi
Image by : @annisadewi_delinda

Akses untuk ke Tebing Breksi bisa ditempuh dengan mengikuti arah ke Candi Prambanan. Jika Kamu sudah sampai di pertigaan Pasar Prambanan, maka segeralah untuk membelokkan kendaraan ke kanan. Setelah itu, ambil lah arah ke Piyungan. Dari pasar ke lokasi, Kamu hanya akan menempuh jarak sekitar 3 km.

Dari Piyungan, silakan ikuti arah ke Candi Ijo hingga menemukan pertigaan sebelum SDN Sambirejo. Setelah itu, belok kiri. Lalu, melanjutkan perjalanan 1 km hingga ke lokasi wisata Jogja ini.

Baca Juga:  Tengok Rumah Budaya Tembi dan Serba Serbinya

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi
Image by @sulton.kediri

Untuk masuk ke tempat wisata kece ini kira-kira butuh biaya berapa, ya? Tenang saja, dompet Kamu tetap akan tersenyum, kok! Soalnya biayanya murah banget, ini dia rinciannya!

KeteranganHarga
Tiket Masuk Wisatawan Dalam NegeriRp. 5.000,-
Tiket Masuk Wisatawan DomestikRp. 10.000,-
Parkir Sepeda MotorRp. 3.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
Parkir BusRp. 10.000,-

Wah, ternyata untuk berwisata yang kece tidak perlu biaya yang besar, kan? Pastinya Kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan dan hemat biaya kalau menggunakan paket wisata Jogja di TripJogja.co.id. Kami adalah organizer terbaik, team building, outing and gathering event di Kota Gudeg ini.

Tebing Breksi memang bisa jadi tempat alternatif yang keren dan murah di Jogja. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Candi Ratu Boko atau Spot Riyadi agar wisatamu makin komplit. Bagikan dengan teman di medsosmu jika artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Close Menu