Candi Ijo [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Candi Ijo atau ijo temple, salah satu situs sejarah yang terletak di Yogyakarta, menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik. Dengan latar belakang pemandangan yang memukau dan keindahan arsitektur yang khas, situs ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh siapa saja yang ingin mengeksplorasi sejarah dan kebudayaan Jawa. Berikut ini adalah ulasan tentang Candi Ijo yang dapat digunakan sebagai referensi.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Candi Ijo terletak di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini terletak di bukit dengan ketinggian sekitar 410 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sekitar candi.

Cara Akses dari Pusat Kota Jogja

Dari Kota Yogyakarta, perjalanan ke Candi Ijo bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus trans jogja atau taksi. Dari pusat kota, waktu tempuh sekitar40 – 45 menit tergantung kondisi lalu lintas. Lokasi Candi Ijo cukup mudah dijangkau karena berada di jalur menuju ke Candi Prambanan. Anda dapat melalui jalan raya jogja – solo lalu belok kanan masuk ke jalan raya Piyungan – Prambanan, lalu masuk ke Jalan Candi Ijo. Anda juga dapat mengambil jalur melalui jalan Wonosari lalu belok kiri masuk ke Jalan raya Piyungan – Prambanan, lalu masuk ke jalan Candi Ijo.  
Baca Juga:  Pantai Ngrumput [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas



Candi Ijo buka setiap hari Selasa – Jumat dari pukul 09.00 - 18.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu – Minggu buka dari pukul 07.00 – 18.00 WIB. Sebaiknya kunjungi Candi Ijo di pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya matahari.
Harga tiket masuk ke Candi Ijo adalah sebesar Rp. 5.000;. Tiket masuk candi ijo tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.
Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Candi Ijo adalah menikmati pemandangan dari atas bukit. Selain itu, pengunjung juga dapat mengambil foto-foto dan gambar candi ijo. Candi Ijo juga sering digunakan untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan atau acara budaya. Sebagai rekomendasi tambahan, pengunjung juga dapat mengunjungi Candi Prambanan yang berada tidak jauh dari Candi Ijo. Candi Prambanan merupakan situs sejarah yang terkenal di Indonesia dan sering menjadi destinasi wisata yang populer di Yogyakarta.
Beberapa tips untuk mengunjungi Candi Ijo adalah sebagai berikut:
  • memakai alas kaki yang nyaman
  • membawa kacamata hitam dan topi untuk melindungi dari sinar matahari
  • serta membawa air minum
  • pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar candi.
  • Selain itu, untuk menghindari kerumunan pengunjung, sebaiknya mengunjungi Candi Ijo pada hari kerja atau di luar musim liburan sekolah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, gunakan tempat sampah yang tersedia untuk menjaga kebersihan dan keindahan Candi Ijo.
Baca Juga:  Gumuk Pasir Parangkusumo [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Perlengkapan yang Perlu Dibawa ke Candi Ijo

Perlengkapan yang perlu dibawa ke Candi Ijo adalah :
  • alas kaki yang nyaman
  • kacamata hitam dan topi
  • air minum
  • kamera atau smartphone untuk mengambil foto-foto indah di sekitar candi.
  • Jangan lupa membawa plastik atau kantong kecil untuk sampah 

Pertanyaan Wisatawan Seputar Candi Ijo

Bagaimana sejarah Candi Ijo?

Candi Ijo dibangun pada masa pemerintahan Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9. Candi ini digunakan sebagai tempat peribadatan agama Hindu pada masa itu. Nama "Ijo" berasal dari bahasa Jawa yang berarti "hijau", karena candi ini dikelilingi oleh perkebunan yang hijau dan subur.

Apa saja destinasi wisata terdekat dari Candi Ijo?

Beberapa destinasi wisata terdekat dari Candi Ijo yang bisa dikunjungi adalah candi prambanan, tebing breksi dan ratu boko

Gallery Foto Candi Ijo

Kesimpulan

Kesimpulannya, Candi Ijo adalah tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit serta menambah pengetahuan tentang sejarah candi Hindu di Indonesia. Dalam mengunjungi Candi Ijo, pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar candi serta mengikuti tips dan aturan yang berlaku.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya, Salam dari Tripjogja, penyedia paket wisata jogja dan paket tour jogja.

Rate this post
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram