Soto Kadipiro: Mbahnya soto enak di Jogja, yang asli yang mana?

Serius deh, tipe soto seperti ini agak tidak lazim di Jogja, dan pemilik citarasa seperti ini cuma di Soto Kadipiro Jogja. Kaldunya ayam bercampur dengan gurihnya bumbu soto menjelma menjadi soto dengan kelezatan yang istimewa. 1 suap sendok pertama yang masuk ke mulut langsung cepat menyebar gurih & seger kuahnya di seluruh dinding mulut.

Tripjogja.co.id – Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Jogja adalah gudangnya soto enak. Berbagai macam jenis soto tersaji disini dengan banyak jenisnya. Mulai dari soto asli Jogja yang cenderung bening & segar hingga soto ala Jawa Timuran atau soto ala Banjarmasin. Dari berbagai macam soto tersebut semua ada di Jogja dan selalu ada yang menonjol dari segi rasanya.

Kebetulan saya adalah penikmat soto. Soto menjadi pilihan pertama saya untuk menu sarapan sehari-hari. Belakangan ini saya sedang hobi banget makan soto paling legendaris di Jogja, yaitu Soto Kadipiro.

Soto Kadipiro, mbahnya soto enak di Jogja

Berbeda dengan beberapa jenis soto enak di Jogja lainnya yang cenderung gurih sedikit manis gurih, Soto Kadipiro ini relatif lebih gurih tanpa rasa manis sedikitpun dengan sentuhan bumbu kemiri dan kunir. Berkuah bening (tidak pekat) semu kuning dan seger kuahnya bikin ketagihan. Serius deh, tipe soto seperti ini agak tidak lazim di Jogja, dan pemilik citarasa seperti ini cuma di Soto Kadipiro Jogja. Kaldunya ayam bercampur dengan gurihnya bumbu soto menjelma menjadi soto dengan kelezatan yang istimewa. 1 suap sendok pertama yang masuk ke mulut langsung cepat menyebar gurih & seger kuahnya di seluruh dinding mulut. Sendok selanjutnya, fix bikin pengen nambah dan nambah terus.

soto kadipiro asli
Legendanya soto di Jogja, Soto Kadipiro. Konon berdiri sejak 1921

 

Psst, menurut sumber yang terpercaya konon Soto Kadipiro yang pertama buka sejak tahun 1921. Bisa bayangkan sudah berapa generasi yang mengelola? Hebatnya, citarasa tradisional tetap terjaga sampai sekarang. Buktinya adalah proses pembuatan kuah Soto Kadipiro tetap dimasak menggunakan kuali tanah liat dan dibakar menggunakan kayu bakar. Ini membuat aroma kuah kaldunya terasa lebih “nampol” saat disantap.

Baca juga: Jangan Terlewatkan! 7 Spot Wisata di Jogja Selatan Yang Wajib Di Explor Keindahannya.

 

Soyto kadipiro jogja
Kuah soto dari kaldu ayam jawa yang diolah dengan kuali tanah liat dan dibakar dengan kayu. Aromanya bikin sedeeeep.

 

Soto Kadipiro yang asli, yang mana sih?

Asli deh, kalo kamu adalah pelancong yang bukan asli orang Jogja, pasti akan bingung dengan banyaknya warung / rumah makan Soto Kadipiro, terutama yang di Jalan Wates, berjajar-jajar tuh! Apalagi yang di selatan jalan, ada lebih dari 4 rumah makan yang bertuliskan SOTO KADIPIRO dengan sign board gede-gede. Ada yang bertuliskan Soto Kadipiro II, Soto Kadipiro Plus, dll dll… Bikin bingung asli!

soto kadipiro
Jika Anda mencari Soto Kadipiro di Jl, Wates, akan tampak berjejer-jejer sign board Soto Kadipiro. Tapi, hanya 1 yang dianggap asli dari pertama kali buka.

 

Ternyata, Soto Kadipiro yang asli justru ada di utara jalan Wates. warungnya kecil dengan sign board yang kecil, bahkan cenderung gak keliatan. Tapi gampang dicari karena bersampingan dengan Resto Waroeng Steak & Shake yang udah cukup tersohor itu. Sejauh ini menurut kami di Tripjogja Soto Kadipiro asli-lah yang paling enak, yang proses pengolahannya masih tradisional dan selalu terjaga citarasanya. Kalo mau jajan ke Soto kadipiro, jangan sampe salah tempat yah.

Baca juga: Terbaik! 7 Destinasi ini Wajib Kamu Kunjungi Kalo ke Jogja Bagian Utara. 

soto kadipiro jogja
Inilah penampakan warung Soto Kadipiro yang diyakini sebagai warung pertama berdiri di Jogja. Dari luar tampak kecil dan sign board yang tidak begitu “ngejreng”.

 

soto kadipiro yang asli di jogja
Soto Kadipiro tampak di dalam. Selalu penuh dengan para pecinta kuliner dalam & luar kota.

 

Ancer-ancer Soto Kadipiro yang Asli:

  • Terletak di Utara Jalan di Jl. Wates no. 33, Yogyakarta.
  • Persis sebelahan dengan Waroeng Steak & Shake (baratnya persis)
  • Ciri-cirinya, warung kecil, sign board juga gak gede. Cat identik dengan coklat & hijau.

Detil lokasi soto kadipiro bisa dicek di google map ini

Sajian menu di Soto Kadipiro Jogja yang Asli

Jenis menu di Soto Kadipiro yang asli ini cuma ada 1 jenis saja, hanya menjual soto ayam yang disajikan campur atau nasi terpisah. Anda boleh pilih sesuai selera Anda. Favorit saya dan temen-temen di Tripjogja adalah soto campurnya. Percampuran aroma nasi hangat dengan kuah soto panas adalah sajian sempurna untuk menu sarapan kami.

soto kadipiro
Soto + ayam tanpa tulang + jeruk hangat = favorit banget.

 

Meskipun hanya menjual 1 jenis menu utama, disini juga menyajikan bermacam-macam menu pendamping untuk makan soto dengan lebih nikmat. Ada perkedel, tempe goreng, sate telur puyuh, ayam paha atas (bahasa jawanya: gending) dan ayam tanpa tulang. Favorit kami adalah menu soto plus ayam tanpa tulang yang dicampur dengan bawang goreng dan sedikit kecap manis. Oiya kecap manisnya menggunakan merk lokal dari Purworejo dengan rasa yang uenakkk.

Baca juga: Itinerary Terbaik Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam Versi Tripjogja. Kemana aja?

Untuk menu minumnya sih standar ya, ada teh dan jeruk yang bisa rekues hangat atau dingin. Cobalah pesan minuman jeruknya, manis & nikmat.

Tips jajan di Soto Kadipiro

Beberapa tips jajan di Soto Kadipiro Asli di Jogja versi Tripjogja:

  1. Pastikan tidak salah tempat, temukan Warung Soto Kadipiro yang asli di Jalan Wates, Jogja.
  2. Sebaiknya datang pagi, karena soto adalah menu paling enak untuk sarapan.
  3. Datang pada saat weekday, karena weekend relatif lebih ramai oleh para pelancong dari luar kota Jogja.
  4. Pesan soto sesuai selera, nasi dicampuar atau nasi dipisah.
  5. Tambahkan menu pendamping berupa ayam tanpa tulang bercampur bawang goreng & sedikit kecap manis. Bikin tambah lahap makannya.
  6. Kami tim Tripjogja paling demen pesen jeruk es/hangat disini, manis & segerrrr.
  7. Kalo mau bungkus dibawa pulang, Soto Kadipiro Asli tidak memberikan plastik, Anda wajib membawa sendiri wadah / rantang untuk pesan dibawa pulang.

Baca juga: Lagi… Itinerary Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam Kece Khusus Untuk Kamu, Millenials!

Demikian tips-tips untuk mendapatkan pengalaman makan Soto enak di Jogja versi Tripjogja. Jika Anda butuh advice lebih lanjut untuk ke Soto Kadipiro, silahkan hubungi Advisor kami untuk berdiskusi tentang paket wisata Jogja sesuai rekues Anda.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Soto Kadipiro
Author Rating
51star1star1star1star1star

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

This Post Has 5 Comments

  1. mantap mas, sajiannya buat nelen ludah ? ninggali jejak dulu untuk kemudian hari melipir ke soto Kadipiro (yang asli) ini ?

    1. Siaap mbak, ditunggu di Jogja ya. Kalau butuh Paket Wisata Jogja, bisa kontak Tim kami yak. Hehehe

    2. Kuliner satu ini wajib dicicip kalo ke Jogja sih. Salah satu favorit kami juga.
      Lebih enak dikombinasi dg ayam tanpa tulang + bawang goreng + sedikit kecap.

      Cesss pleng…

  2. aku setuju bangeeet.. soto kadipiro yg asli ini bikin ku ingin kembali pokoknya.. sesuai banget sama selera ku yg gk trlalu suka manis. Love it! ?

  3. ini soto yang melegenda banget di jogja dengan rasanya yang bikin ketagihan. kalau ke jogja wajib banget nyobain ni soto.

Leave a Reply

Close Menu