Pantai Depok: Nikmatnya Menyantap Hidangan Laut Segar Hasil Tangkapan Sang Nelayan

Selain pesona alam, deretan pantai di selatan Yogyakarta juga menyimpan potensi kuliner yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Pantai Depok misalnya, pantai yang berlokasi sangat dengat dengan Pantai Parangtritis ini menyajikan pesona wisata kuliner yang memikat lidah kita kala berkunjung ke sana. Berbagai macam sajian seafood yang masih segar hasil keringat dari para nelayan di sekitar sana dapat menyembuhkan rasa lapar yang sering muncul saat sedang berwisata.

Terletak di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Bantul, Pantai Depok merupakan salah satu alternatif tujuan wisata yang dapat kita kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Kita hanya perlu menempuh jarak sekitar 47 Kilometer dari pusat kota menuju ke arah selatan melalui Jalan Parangtritis. Hadir dengan kondisi jalan yang cukup mulus, apabila lalu lintas sedang cukup lenggang kita dapat sampai di Pantai Depok dengan menempuh 45-60 menit perjalanan. Waktu yang cukup lama bagi kita untuk membayangkan lezatnya menyantap ikan segar selama berada dalam perjalanan.

Pantai Depok
Pantai Depok

Sesampainya di Pantai Depok, mata kita akan melihat banyak kapal nelayan bertengger di pinggir pantai. Kapal-kapal inilah yang menjadi sarana dan harapan hidup para nelayan dalam berburu ikan dan hewan laut lainnya yang dapat mengobati kita dari rasa lapar. Kapal-kapal ini menjadi saksi sepak terjang dan kerja keras para nelayan yang nantinya dapat kita nikmati dengan sambal, nasi, dan lalapan.

Olahan Seafood Pantai Depok yang Masih Segar

Pantai Depok menjadi salah satu rekomendasi lokasi wisata untuk melepas lelah selepas kunjungan ke Pantai Parangtritis dan ber-sandboarding ria di Gumuk Pasir Parangkusumo. Hal ini dikarenakan keahlian para pengusaha lokal dalam meramu sajian yang menggugah selera dan dapat mengobati rasa lapar kita. Pantai Depok yang juga memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan) ini dipenuhi oleh berbagai warung makan yang menyajikan olahan seafood yang masih segar dengan harga yang terjangkau.

Kita dapat memilih lokasi santap siang secara acak di tempat ini karena rata-rata pemilik warung telah diberkati dengan keterampilan memasak yang memanjakan lidah kita. Dari mulai kepiting, udang, kakap, cumi-cumi, cakalang, dan berbagai macam ikan lainnya dapat kita nikmati dalam bentuk yang sudah matang di Pantai Depok. Namun sedikit tips dari kami adalah untuk memilih lokasi yang cukup ramai sehingga kita mendapatkan siklus ikan laut yang masih segar karena saking banyaknya pelanggan. Lebih baik sedikit mengantri untuk mendapatkan kualitas bukan? Apabila kita masih merasa ragu dengan keterampilan pemilik warung dalam memasak ikan, kita juga dapat membeli ikan mentah secara langsung dari para nelayan maupun penjual ikan untuk kemudian dimasakkan di warung-warung yang tersedia.

Apabila kita terlalu lama dalam menunggu antrian makanan, kita pun dapat melihat sekitar untuk menghilangkan rasa bosan. Sebeum rasa lapar menurunkan mood anda, Pantai Depok juga menjajakan berbagai macam cemilan dan makanan ringan yang dapat kita beli sebagai penunda rasa lapar.

Jogja Air Show

Selain sajian makanan yang menggugah selera, Pantai Depok juga memiliki sebuah event yang dapat membuat kita berdecak kagum. FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) DIY memiliki kegiatan tahunan bertajuk ‘Jogja Air Show’ yang diisi dengan pertunjukan terjun payung, paralayang, gantole, paramotor, serta aeromodelling yang sangat menakjubkan. Tidak hanya dari dalam negeri, atlet-atlet aero sport dari negara-negara lain pun turut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini. Tentunya kita perlu menyiapkan kacamata hitam agar mata kita tidak terlalu lelah karena mentap langit secara langsung saat matahari sedang terik-teriknya.

Tidak hanya memuaskan jiwa dan mata, deretan pantai di Selatan Yogyakarta juga menyajikan kepuasan bagi lidah anda. Pantai Depok lah yang menjadi tuan rumahnya.(*)

Author : Pradipta Akoso | Editor : Ajeng Darmista

Waktu Operasional : Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

HTM : Retribusi Kendaraan dan Perorangan (Rp.5000/kepala)

Fasilitas:  Kamar Mandi, Rumah Makan, Pasar Ikan, Mushola

Aktifitas:

Event Khusus : Jogja Air Show

Alamat : Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kecamatan Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,

Website : Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak tempuh dari No Kilometer Yogyakarta ke Pantai Depok kurang lebih 28 km, Dengan Estimasi Waktu tempuh 45 - 60 menit. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Untuk sampai pada lokasi Pantai Depok, Anda bisa menggunakan jalur menuju Pantai Parangtritis dan sebelum sampai pada Pantai Parangtritis belok ke kanan menelusuri pantai. Atau dengan jalur lain yaitu sebelum Anda memasuki portal pembayaran akomodasiPantai Parangtritis, Anda belok ke kanan dan mengikuti jalan aspal langsung menuju pantai Depok.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit :

What to bring :  Tisu basah dan Hand Sanitizer

Do : Mengunjungi Pantai Parangtritis sebelum melepas lelah sambil mengisi tenaga di Pantai Depok.

Don't :

Soto Kadipiro: Mbahnya Soto Enak di Jogja, Yang Asli Yang Mana?

Serius, tipe soto seperti ini agak tidak lazim di Jogja, dan pemilik citarasa seperti ini cuma di Soto Kadipiro Jogja. Kaldunya ayam bercampur dengan gurihnya bumbu soto menjelma menjadi soto dengan kelezatan yang istimewa. 1 suap sendok pertama yang masuk ke mulut langsung cepat menyebar gurih & seger kuahnya di seluruh dinding mulut.

Tripjogja.co.id - Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Jogja adalah gudangnya soto enak. Berbagai macam jenis soto tersaji disini dengan banyak jenisnya. Mulai dari soto asli Jogja yang cenderung bening & segar hingga soto ala Jawa Timuran atau soto ala Banjarmasin. Dari berbagai macam soto tersebut semua ada di Jogja dan selalu ada yang menonjol dari segi rasanya.

Kebetulan saya adalah penikmat soto. Soto menjadi pilihan pertama saya untuk menu sarapan sehari-hari. Belakangan ini saya sedang hobi banget makan soto paling legendaris di Jogja, yaitu Soto Kadipiro.

Soto Kadipiro, mbahnya soto enak di Jogja

Berbeda dengan beberapa jenis soto enak di Jogja lainnya yang cenderung gurih sedikit manis gurih, Soto Kadipiro ini relatif lebih gurih tanpa rasa manis sedikitpun dengan sentuhan bumbu kemiri dan kunir. Berkuah bening (tidak pekat) semu kuning dan seger kuahnya bikin ketagihan. Serius deh, tipe soto seperti ini agak tidak lazim di Jogja, dan pemilik citarasa seperti ini cuma di Soto Kadipiro Jogja. Kaldunya ayam bercampur dengan gurihnya bumbu soto menjelma menjadi soto dengan kelezatan yang istimewa. 1 suap sendok pertama yang masuk ke mulut langsung cepat menyebar gurih & seger kuahnya di seluruh dinding mulut. Sendok selanjutnya, fix bikin pengen nambah dan nambah terus.

soto kadipiro asli
Legendanya soto di Jogja, Soto Kadipiro. Konon berdiri sejak 1921

Psst, menurut sumber yang terpercaya konon Soto Kadipiro yang pertama buka sejak tahun 1921. Bisa bayangkan sudah berapa generasi yang mengelola? Hebatnya, citarasa tradisional tetap terjaga sampai sekarang. Buktinya adalah proses pembuatan kuah Soto Kadipiro tetap dimasak menggunakan kuali tanah liat dan dibakar menggunakan kayu bakar. Ini membuat aroma kuah kaldunya terasa lebih "nampol" saat disantap.

Baca juga: Jangan Terlewatkan! 7 Spot Wisata di Jogja Selatan Yang Wajib Di Explor Keindahannya.

Soyto kadipiro jogja
Kuah soto dari kaldu ayam jawa yang diolah dengan kuali tanah liat dan dibakar dengan kayu. Aromanya bikin sedeeeep.

Soto Kadipiro yang asli, yang mana sih?

Kalo kamu adalah pelancong yang bukan asli orang Jogja, pasti akan bingung dengan banyaknya warung / rumah makan Soto Kadipiro, terutama yang di Jalan Wates, berjajar-jajar tuh! Apalagi yang di selatan jalan, ada lebih dari 4 rumah makan yang bertuliskan SOTO KADIPIRO dengan sign board gede-gede. Ada yang bertuliskan Soto Kadipiro II, Soto Kadipiro Plus, dll dll... Bikin bingung asli!

soto kadipiro
Jika Anda mencari Soto Kadipiro di Jl, Wates, akan tampak berjejer-jejer sign board Soto Kadipiro. Tapi, hanya 1 yang dianggap asli dari pertama kali buka.

Ternyata, Soto Kadipiro yang asli justru ada di utara jalan Wates. warungnya kecil dengan sign board yang kecil, bahkan cenderung gak keliatan. Tapi gampang dicari karena bersampingan dengan Resto Waroeng Steak & Shake yang udah cukup tersohor itu. Sejauh ini menurut kami di Tripjogja Soto Kadipiro asli-lah yang paling enak, yang proses pengolahannya masih tradisional dan selalu terjaga citarasanya. Kalo mau jajan ke Soto kadipiro, jangan sampe salah tempat yah.

Baca juga: Terbaik! 7 Destinasi ini Wajib Kamu Kunjungi Kalo ke Jogja Bagian Utara. 

soto kadipiro jogja
Inilah penampakan warung Soto Kadipiro yang diyakini sebagai warung pertama berdiri di Jogja. Dari luar tampak kecil dan sign board yang tidak begitu "ngejreng".
soto kadipiro yang asli di jogja
Soto Kadipiro tampak di dalam. Selalu penuh dengan para pecinta kuliner dalam & luar kota.

Ancer-ancer Soto Kadipiro yang Asli:

Detil lokasi soto kadipiro bisa dicek di google map ini

Sajian menu di Soto Kadipiro Jogja yang Asli

Jenis menu di Soto Kadipiro yang asli ini cuma ada 1 jenis saja, hanya menjual soto ayam yang disajikan campur atau nasi terpisah. Anda boleh pilih sesuai selera Anda. Favorit saya dan temen-temen di Tripjogja adalah soto campurnya. Percampuran aroma nasi hangat dengan kuah soto panas adalah sajian sempurna untuk menu sarapan kami.

soto kadipiro
Soto + ayam tanpa tulang + jeruk hangat = favorit banget.

Meskipun hanya menjual 1 jenis menu utama, disini juga menyajikan bermacam-macam menu pendamping untuk makan soto dengan lebih nikmat. Ada perkedel, tempe goreng, sate telur puyuh, ayam paha atas (bahasa jawanya: gending) dan ayam tanpa tulang. Favorit kami adalah menu soto plus ayam tanpa tulang yang dicampur dengan bawang goreng dan sedikit kecap manis. Oiya kecap manisnya menggunakan merk lokal dari Purworejo dengan rasa yang uenakkk.

Baca juga: Itinerary Terbaik Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam Versi Tripjogja. Kemana aja?

Untuk menu minumnya sih standar ya, ada teh dan jeruk yang bisa rekues hangat atau dingin. Cobalah pesan minuman jeruknya, manis & nikmat.

Tips jajan di Soto Kadipiro

Beberapa tips jajan di Soto Kadipiro Asli di Jogja versi Tripjogja:

  1. Pastikan tidak salah tempat, temukan Warung Soto Kadipiro yang asli di Jalan Wates, Jogja.
  2. Sebaiknya datang pagi, karena soto adalah menu paling enak untuk sarapan.
  3. Datang pada saat weekday, karena weekend relatif lebih ramai oleh para pelancong dari luar kota Jogja.
  4. Pesan soto sesuai selera, nasi dicampuar atau nasi dipisah.
  5. Tambahkan menu pendamping berupa ayam tanpa tulang bercampur bawang goreng & sedikit kecap manis. Bikin tambah lahap makannya.
  6. Kami tim Tripjogja paling demen pesen jeruk es/hangat disini, manis & segerrrr.
  7. Kalo mau bungkus dibawa pulang, Soto Kadipiro Asli tidak memberikan plastik, Anda wajib membawa sendiri wadah / rantang untuk pesan dibawa pulang.

Baca juga: Lagi... Itinerary Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam Kece Khusus Untuk Kamu, Millenials!

Demikian tips-tips untuk mendapatkan pengalaman makan Soto enak di Jogja versi Tripjogja. Jika Anda butuh advice lebih lanjut untuk ke Soto Kadipiro, silahkan hubungi Advisor kami untuk berdiskusi tentang paket wisata Jogja sesuai rekues Anda.

Kuliner Extreme Belalang Goreng Gunungkidul, Berani Coba?

Belalang atau walang adalah serangga yang biasa hidup di sawah dan pepohonan, siapa sangka di Yogyakarta tepatnya didaerah Gunung Kidul, belalang ini disulap menjadi makanan yang lezat. Gunungkidul adalah destinasi wisata di Yogyakarta yang sedang naik daun, surganya pantai dan wisata minat khusus seperti river tubing, rafting, rock climbing dan surfing . Yang tak kalah khusus adalah kulinernya, yaitu walang goreng atau belalang goreng ini.

via : //www.instagram.com/p/Bfkm9DYHG_O/
( via : //www.instagram.com/p/Bfkm9DYHG_O/ )
Walang atau belalang sebelum proses pemasakan menjadi makanan yang lezat
walang atau belalang sebelum proses pemasakan menjadi makanan yang lezat ( via : www.instagram.com/p/BaTyailD12W/ )

Belalang kaya akan Nutrisi ?

Yup walang atau belalang goreng sangat cocok untuk cemilan dan lauk, rasa gurih dan kerenyahan wajib banget kamu coba, sekali gigit "kriuk!!", sensasinya gak akan kamu temukan dari jenis cemilan biasa. Selain itu belalang juga punya kandungan protein hewani yang 20 hingga 40 % lebih tinggi dari protein yang ada pada udang windu, daging sapi dan ayam dimana didalamnya terdapat asam amino essensial yang sangat berguna untuk mempercepat sekaligus melindungi pertumbuhan sel sel tubuh dan baik bagi peningkatan stamina. Nah lo, buat kamu yang cewek, berguna nih buat kekinclongan kulit tubuh. Gak cuma itu sih, kulit belalang pun mengandung senyawa kitosan serupa dengan kulit yang ada pada udang sehingga memiliki rasa yang gurih, berprotein tinggi dan renyah ketika digoreng. Gak heran kalo pas nyoba makan belalang goreng itu rasanya miriiip banget sama udang goreng.

Baca juga: Goa Pindul: Temukan Banyak Hal Eksotis Dari Perjalanan Menyusuri Sungai dan Goa Disini!

Dimana Bisa Menemukan Penjual Belalang Goreng ?

walang goreng dadakan di Tahura Bunder
walang goreng dadakan di Tahura Bunder ( via : //www.instagram.com/p/BTa18QoFQMw/ )

Tenang ... tenang... untuk mendapatkan belalang goreng ini tidak lah sulit seperti dahulu, bila dulu kita harus menunggu musim belalang tiba untuk menyantab cemilan ini, kini setiap hari pun ada . Belalang goreng sudah tersedia di berbagai pusat oleh oleh terutama di Gunungkidul, selain itu di sepanjang jalan Jogja - wonosari juga banyak pedagang di pinggir jalan yang menjual cemilan ini, Salah satunya adalah di Tahura Bunder yang belalang nya di goreng dadakan!! Masih anget bisa langsung dimakan.. dijamin renyah banget

Variasi rasa belalang
Variasi rasa belalang ( via : //www.instagram.com/ )

Untuk harga belalang goreng dijual mulai dari Rp 30.000 / toples . Gak suka gurih? Santai gaes, ada pilihan rasa pedas atau manis. Jadi, fix banget! Belalang goreng ini adalah salah satu kuliner (lebih tepatnya cemilan sih..) yang wajib kamu-kamu coba kalo lagi trip ke Jogja, apalagi bareng Tripjogja, ahlinya paket wisata jogja.

Foot note: Bagi temen-temen yang mudah alergi, mungkin belalang goreng bisa menyebabkan alergi.

Soto Pak Slamet Gamping: Gurih & Seger! Tetap Dicari Walau di Pinggiran Kota Jogja.

Paling menyenangkan kalo nemu tempat makan enak & murah. Perasaan ini jugalah yang kami rasakan saat pertama kali nyoba Soto Pak Slamet yang terkenal di daerah Jogja bagian barat ini. Murah & enak!
Alamat: Jalan Bibis, Dusun Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Sleman. Telp: (0274) 7492830

Soto Pak Slamet - Mungkin warung soto ini tidak setenar nama besar Soto Kadipiro, tapi jika Anda cocok dengan citarasa khas Soto Kadipiro, kami yakin Anda juga pasti cocok dengan Soto Pak Slamet ini.

Ya, soto ini memiliki rasa khas yang identik dengan Soto Kadipiro. Tapi dalam beberapa hal, Soto Pak Slamet memiliki keunikan-keunikan lain yang tidak akan kita dapatkan di Kadipiro.

Apa itu?

Mari kita bahas satu-per satu 🙂

Soto Pak Slamet, Soto Enak & Segar yang Jogja Kadipiro Banget.

soto pak slamet gamping
Soto Pak Slamet mempunyai rasa yang mirip dengan Soto Kadipiro. Gurih & segar. Meski tidak setenar kadipiro, soto disini juga banyak dicari oleh masyarakat Jogja untuk wisata kuliner pagi hari.

Seperti yang kami tulis diatas, bahwa Soto Pak Slamet ini Kadipiro banget. Rasa yang indentik, enak, kuah segar & nikmat dengan suwiran ayam kampung yang pastinya bikin kuah kaldu di soto ini jadi lebih gurih.

Disajikan dengan porsi sarapan (baca: dibawah porsi normal pada umumnya, 1 porsi kurang, 2 kebanyakan, red). Meski tidak sesedikit porsi soto semarangan / soto kudus, untuk Anda yang hobi makan dengan porsi besar, rasa-rasanya wajib memesan minimal 2 porsi.

Di warung Soto Pak Slamet ini, Anda juga adakan disajikan lauk pauk pendamping makan soto. Ada sate ayam, tempe & tahu bacem, potongan ayam kampung, sate telur, dan banyak makanan ringan lainnya seperti kerupuk rambak dan rempeyek.

Sajian lauk pauk itu yang membuat kita jadi "auto comot" saat kita menikmati soto di warung ini. Bikin tambah napsu makan, pengennya ambil ini & itu.

Yang bikin rasanya lebih enak adalah: harganya yang murah. Jika dibandingkan dengan Soto Kadipiro yang lebih terkenal, soto disini jauh lebih murah harganya.

Per artikel ini diterbitkan, harga 1 porsi soto disini yaitu Rp. 12.000 / porsi. Harga ini lebih murah dibanding jika kita makan soto di beberapa warung soto yang sudah lebih terkenal di Jogja. Dan kita tetap akan mendapatkan citarasa soto yang enak & segar khas Jogja daerah Kadipiro.

soto pak slamet mejing
Nah ini dia... ayam potong, tahu bacem, dkk. Bikin makan tambah enak sekaligus bikin ga sadar comot sana sini, Tau-tau billnya jadi banyak :)) (via gudegnet)
soto pak slamet Jogja
Suasana ramai di dalam warung, hampir dipastikan setiap pagi selalu ramai, apalagi weekend & musim libur.

Wajib Coba: Carang Gesing, Hidangan Penutup Tradisional.

Ada 1 yang paling spesial dari makanan-makanan di Soto Pak Slamet ini, yaitu CARANG GESING nya. Serius, ini istimewa enaknya...

Bagi Anda yang belum tahu carang gesing, ini adalah semacam kue tradisional khas Jogja - Jateng. Banyak kita temukan di pasar-pasar tradisonal atau toko yang menjual berbagai macam snack lokal / jananan pasar. Hampir mirip dengan nagasari / nogosari, tapi isinya hanya potongan pisang segar tanpa adonan tepung berasnya. Rasanya enak, segar & legit di lidah.

carang gesing di soto pak slamet
Carang gesing paling TOP. Jika kesini, wajib banget coba. Paling enak dimakan sebagai hidangan penutup. (via cookpad)

Menurut kami carang gesing disini adalah yang paling enak yang pernah kami coba. Disini kami biasa makan carang gesing sebagai hidangan penutup. Apalagi jika masih panas/hangat setelah diambil dari tempat pengukus. Rasanya selalu ngangeni & bikin kita jadi ingin terus kembali kesana.

Lokasi Warung Soto Pak Slamet Gamping

Alamat Soto pak Slamet ada di Jalan Bibis, Dusun Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Sleman. Telp: (0274) 7492830.

Jika Anda belum pernah, atau baru mau kesana, sebaiknya gunakan penunjuk arah di google map atau sejenis (peta menuju Soto Pak Slamet klik disini). Paling mudah menuju kesana melalui jalan Wates, tapi Anda bisa juga melalui jalan Godean untuk sampai kesana.

Patokan paling mudah adalah Anda akan melewati minimarket Ind*maret dan pastikan menyeberangi rel kereta api (jika lewat jalan wates), setelah melewati rel kereta Anda akan melihat sign tulisan menuju ke warung Soto Pak Slamet. Ciri paling mudah mengenali warungnya adalah parkiran mobil yang ramai dan hampir selalu penuh di pagi hari, apalagi saat weekend atau musim libur tiba.

Warung soto pak slamet
Warung Soto Pak Slamet, tampak dari luar mudah ditebak dengan banyaknya kendaraan di area parkir depan.

Harga Makanan & Minuman di Soto Pak Slamet

Soal harga, tak perlu khawatir. Seperti yang kami sampaikan diatas, harga makanan dan minuman di warung ini terbilang cukup murah & bersahabat dengan kantong.

Harga soto dengan nasi dicampur Rp. 12.000 dan minum teh hangat hanya Rp. 3.000. Sangat terjangkau! Bahkan carang gesing kesukaan kami disini harganya pun terbilang sangat murah, hanya Rp. 3000.

harga soto pak slamet
Harga bersahabat & murah.

Tapi sebenernya bagi kami, berapapun harganya tak masalah, yang penting murah. #eh :p

Ralat: Yang penting asal tidak overprice harga bukanlah sebuah masalah, selama citarasa tetap selalu terjaga. Karena rasa adalah kontji...

Tips Wisata Kuliner ke Soto Pak Slamet

Ada beberapa tips dari Tripjogja untuk Anda yang ingin kulineran ke warung Soto Pak Slamet.

  1. Datanglah pagi sebelum jam 8.

    Sebenernya sah-sah aja jika Anda ingin datang siang atau malam, toh warung ini buka sejak pukul 07.00 hingga 19.00 atau sehabisnya. Tapi umumnya di Jogja soto adalah menu sarapan, jadi menikmati soto disini tak ada salahnya disesuaikan dengan kearifan lokal. Dan datang sebelum jam 8 pagi adalah pilihan terbaik, selain masih fresh, warung ini lebih nyaman karena biasanya masih belum terlalu ramai dibawah jam 8 pagi.

  2. Pesan soto campur plus sajian potongan ayam.

    Menu khas disini adalah soto ayam kampung. Umumnya disajikan dicampur dengan nasi dan Anda boleh memilih tambahan menu opsional lainnya yang disajikan diatas meja. Pilihan Tripjogja jatuh pada potongan ayam sebagai lauk tambahan unutk semangkuk soto Anda.

  3. Jangan lupa tomat yang ada di sambalnya.

    Defaultnya, soto disini tidak pake tomat didalamnya. Bagi beberapa pecinta kuliner itu adalah suatu keharusan. Jika Anda pecinta pedas, tomat bisa Anda ambil di sambalnya, karena tomat disambalnya tidak ikut di uleg, tapi dipotong tipis-tipis. Perpaduan soto, sambal & tomat adalah suatu kesegaran yang hakiki.

  4. Minuman favorit = Jeruk hangat / es.

    Rasa es teh / teh hangat dimana-mana sih sama aja ya. Coba Anda pesan es jeruk / jeruk hangatnya, itu akan menambah kesegaran lidah setelah menyantap soto yang nikmat. Jeruknya kental dan tidak pelit, itu yang menjadi poin plus bagi kami.

  5. Carang Gesing sebagai hidangan penutup.

    Nah ini juga sebagai salah satu gong-nya makan soto disini. Bagi kami adalah suatu kewajiban untuk manikmati carang gesing disini setelah nyoto. Kadang harus sabar karena carang gesingnya selalu cepat habis diserbu pelanggan lain.

Last...

Memang Soto Pak Slamet yang berlokasi di Gamping ini belum setenar soto enak di Jogja lainnya seperti Soto Kadipiro, Soto Pak Soleh, Soto Pak Marto dll. Tapi menjadi satu kewajiban baru bagi kami jika ingin menikmati soto yang nikmat, segar & gurih di Jogja.

Jika Anda baru pertama kali ke Jogja & ingin berwisata kuliner, silahkan masukkan Soto Pak Slamet kedalam itinerary paket wisata Jogja yang Anda pilih di web Tripjogja. Bisa langsung hubungi Travel Advisor kami via chat WA disini atau telepon ke hotline kami disini >> +6281392313789. Pastikan Anda tidak melewati wisata kuliner khas Jogja di warung ini.

Yang sudah pernah mencoba kuliner Soto Pak Slamet, jangan lupa sharing pengalamannya di kolom komentar ya...

Gudeg Yu Djum : Gudeg yang Begitu Terasa Jogja-nya!

Selain potensi pariwisata yang bertumpah-ruah dan kearifan lokal yang senantiasa menarik kaki kita untuk datang kembali, Jogja memiliki beberapa ciri khas yang memang lekat dalam benak kita ketika menghirup udara di kota ini. Apalagi kalau bukan salah satu makanan khasnya yaitu gudeg. Kota ini bukan sembarang dijuluki dengan Kota Gudeg, pemberian julukan yang satu ini adalah karena Gudeg adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Jogja.

via : gastronomy-aficionado[dot]com

Apa Sih Gudeg Itu?

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya tentang wujud dan rupa makanan yang satu ini. Gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Proses dalam memasak gudeg memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kualitas rasa yang memikat lidah. Penyajian gudeg pada umumnya disertai dengan areh (kuah santan kental) dengan dipadukan berbagai macam jenis lauk yang dibacam.

Satu elemen yang tidak boleh ditinggalkan adalah sambal goreng krecek yang menghadirkan citarasa pedas ketika memakan gudeg. Tentang citarasa, gudeg pada umumnya menghasilkan dominan rasa manis ketika berada di lidah kita sehingga perpaduan dengan sambal goreng krecek pun sangat berperan sebagai penambah kelezatan makanan.

Gudeg yang Jogja Banget

Berbicara tentang Gudeg, kota ini sebenarnya memiliki banyak warung makan yang menjajakan sajian khas yang satu ini. Namun, ketika kita menyebut tentang gudeg di Jogja, maka satu tempat yang pasti disebut sebagai rekomendasi pastilah Gudeg Yu Djum yang berdiri sejak tahun 1950 dan masih ramai pengunjung hingga saat ini karena citarasa yang melegenda dan memuaskan selera.

via : gudegyudjumpusat[dot]com

Gudeg Yu Djum memiliki banyak sekali cabang di Yogyakarta antara lain di Jl. Kaliurang, Jl. Wijilan, Jl. Laksda Adisucipto, Jl. Dagen, Jl. AM Sangaji, dan Jl.Wates, hampir dapat kita temui di berbagai penjuru kota. Namun, apabila kita mencari yang paling original, kita dapat berkunjung ke Warung Gudeg Yu Jum yang berada di Jl. Wijilan 167 yang merupakan lokasi pertama. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir dalam memilih untuk berkunjung ke cabang yang mana karena ketika kita berbincang tentang rasa, semuanya sama-sama memanjakan lidah dan selera kita.

(Baca juga: 8 Gudeg yang Wajib Dicoba Saat Berlibur ke Jogja!)

Ketika kita datang dan berkunjung ke tempat ini, pastilah kita membeli gudeg untuk dinikmati. Variasi yang dapat kita pilih adalah tentang lauk pauk yang sesuai selera dari mulai tahu, tempe, telur, hingga ayam siap menemani sepiring gudeg yang kita nantikan. Untuk satu porsi gudeg paling murah, kita akan mendapatkan lauk tahu tempe dengan membayar sejumlah Rp 7.000 ribu saja. Kita tinggal memilih mana yang sesuai dengan selera dan kantong kita.

Cocok Untuk Oleh-oleh

dari-anto[dot]blogspot[dot]com

Selain dimakan di tempat, Gudeg Yu Djum juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk orang terkasih. Kita tidak perlu khawatir makanan yang kita beli akan basi karena gudeg ini mampu bertahan selama 24 jam tanpa perlu dihangati. Untuk pembelian gudeg sebagai buah tangan, biasanya wisatawan membeli porsi gudeg dengan kemasan besek maupun kendhil. Besek adalah keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu sedangkan kendhil adalah sebuah wadah yang terbuat dari tembikar. Untuk gudeg besek dipatok harga mulai puluhan ribu rupiah dan kendhil mulai dari kisaran ratusan ribu rupiah tergantung porsi yang hendak kita bawa pulang.

Tidak perlu merasa ragu untuk mencicipi citarasa khas yang membuat kita merasa rindu. Gudeg Yu Djum memberikan solusi untuk perut-perut yang kelaparan juga jiwa-jiwa yang kebingungan untuk mencari buah tangan.(*)

Nah, bagi kamu - kamu yang ingin merasakan nikmatnya Gudeg Yu Djum kalian mesti ke Jogja guys. Dan bagi kalian yang butuh paket wisata jogja kalian bisa percayakan kepada kami TripJogja untuk menghandle liburan kamu selama di Jogja.

--

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

Jejamuran Jogja: Menu Serba Jamur Disini Cuma Ada 'Enak' dan 'Enak Banget'

Jejamuran, menu serba jamur. Selain nuansa kota dan potensi wisata yang seolah tidak pernah ada habisnya, Ada segudang pilihan makanan khas Jogja dan oleh-oleh khas Jogja  untuk memuaskan rasa lapar kita. Salah satunya adalah Rumah Makan Jejamuran yang berada di Kabupaten Sleman tepatnya di Jl. Magelang KM. 11, Niron, Pandowoharjo, Tridadi. Tempat ini mudah ditemukan karena terletak tidak jauh dari arah perempatan Beran, di Jalan utama Jogja Magelang.

Lokasinya yang ada di sebelah utara Jogja. Tepatnya di daerah Sleman, tepat sekali untuk dijadikan tempat makan siang selepas berwisata ke Little Ubud River Tubing, Lava Tour Merapi dan The Lost World Castle yang arahnya tidak jauh dari tempat tersebut.

Sesuai dengan penamaan tempat yaitu Jejamuran, restoran ini menyajikan segala macam olahan jamur. Berbagai citarasa menu yang ada begitu memanjakan lidah kita. Rata-rata menu memiliki rentang harga di kisaran belasan ribu rupiah saja. Cukup murah dan terjangkau untuk ukuran wisata kuliner yang populer di Jogjakarta. Jejamuran buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 untuk melayani tamu-tamu yang berkunjung ke Jogja dan sekitarnya. Nggak usah kuatir kehabisan tempat atau parkiran. Jejamuran bisa menampung ratusan tamu yang datang berbarengan.

Jejamuran, menu serba jamur yang lezat dan sehat
Percaya nggak kalau ada menu tongseng jamur yang rasanya seperti tongseng ayam. Ada pula sate jamur yang mirip rasanya dengan sate ayam juga lho... via : hadiyanta[dot]com

Warung makan jejamuran ini bekerja sama dengan kelompok petani jamur dari daerah Sleman dan sekitarnya untuk mensuplai bahan baku yang digunakan sebagai menu masakan. Walaupun harganya murah, citarasa yang dihadirkan oleh Jejamuran terkesan begitu mewah. Kenikmatan yang ditawarkan membuat kita  ingin menambah dan menyantap semua varian menu yang di tawarkan.

Ada Berbagai Macam Olahan Jamur Dengan Kenikmatan yang Sulit Digambarkan

Jejamuran, makanan khas jogja dari jamur
Selain menikmati menu jamur yang enak-enak, disini kita juga bisa melihat cara budidaya jamur yang menjadi bahan masakan Jejamuran. foto: usmanpharma.wordpress.com

Menu makanan utama seperti sate, tongseng, hingga goreng tepung, dan lainnya siap untuk disantap bersama. Tidak hanya makanan utama, kita juga dapat memesan berbagai macam camilan berbahan dasar jamur. Misalnya lumpia dan risoles sebagai hidangan pembuka. Jenis jamur yang digunakan antara lain jamur tiram, jamur portabella, jamur shitake, dan jamur merang. Rasanya yang mirip daging membuat kita kadang lupa bila semua menu terbuat dari jamur. 

Ada Beragam Manfaat Jamur Untuk Tubuh Kita

Menu jamur tiram goreng yang kenyal dan gurih siap disantap menemani makan siang Bro dan Sis. foto: bhellabhello.wordpress.com

Selain rasa nikmat  dari hasil olahan bumbu Jejamuran, sebenarnya jamur sendiri merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Jamur dipercaya memiliki berbagai macan nutrisi yang juga ditemui dalam daging. Jamur kaya dengan vitamin D yang menjadi sumber antioksidan. Dengan rutin mengkonsumsi jamur sebagai pengganti daging kita juga dapat mengatur komposisi badan ideal yang selama ini kita idam-idamkan. Untuk kita yang belum terbiasa mengkonsumsi jamur, mencoba menu jamur di Jejamuran adalah pengalaman menarik yang dijamin bikin kecanduan.

Menikmati suasana wisata jogja emang cocok bagi kamu - kamu yang butuh refreshing karena pekerjaan. Sembari wisata, sembari menikmati sajian kuliner yang enak - enak. Untuk kamu yang butuh paket tour jogja kamu bisa hubungi kami untuk memberikan pengalaman berwisata terbaik. Mau rental bus di Semarang, coba bac artikel tentang tempat rental bus di Semarang yang sudah kami bahas.

Author : Pradipta Akoso | Editor : Ajeng Darmista

Bakmi Mbah Gito: Warung Bakmi Jawa Enak yang Paling Instagram-able Seantero Jogja

Selain rasanya yang harus enak, salah satu pertimbangan orang saat akan memilih tempat makan adalah suasananya. Suasana yang nyaman juga bisa berpengaruh terhadap selera makan seseorang.  Di era media sosial seperti  saat ini warung, restoran, atau kafe bukan hanya sekedar tempat untuk menghilangkan rasa lapar saja. Tetapi lebih dari itu, tempat makan juga bisa menjadi salah satu tempat untuk ajang mengeksiskan diri.

via : www[dot]diarysivika[dot]com

Selain gudeg, makanan kuliner khas Jogja lain yang paling gampang ditemui adalah bakmi jawa. Makanan satu ini biasanya dijual dengan cara dijajakan disebuah warung sederhanan atau dengan menggunakan gerobak dipinggir-pinggir jalan. Tetapi berbeda dengan Warung Bakmi Jawa Mbah Gito yang ada di Rejowinangun ini. Warung bakmi jawa ini menempati sebuah bangunan yang didominasi dari kayu dan bambu yang biasa untuk membangun kandang sapi. Namun jangan salah, Warung Bakmi Jawa Mbah Gito atau yang sering disebut juga dengan nama Bakmi Jawa Kandang Sapi ini mempunyai tampilan yang sangat artistik. Boleh dikatakan kalau tempat ini merupakan warung bakmi jawa yang paling Instagram-able diseluruh Jogja.

via: travel[dot]kompas[dot]com

Dari luar Warung Bakmi Jawa Mbah Gito ini tampak biasa-biasa saja. Namun saat masuk kedalamnya kita akan dibuat terkesima dengan pemandangan yang ada didalamnya. Batang-batang kayu kering dan juga bambu ditata sedemikian rupa sehingga menghasikan pemandangan yang cukup cantik. Termasuk meja dan kursi yang ada ditempat  ini semuanya  juga terbuat dari kayu.  Kesan kandang sapinya terihat dari beberapa ornamen  seperti lonceng yang digunakan untuk kalung  sapi dan luku (alat bajak tradisional) yang menempel di dinding. Gedhek (anyaman bambu) juga digunakan sebagian  penutup sebagian dinding yang ada disini. Topeng-topeng kayu menempel disebagian tiang kayunya yang semakin menambah kesan artistiknya. Selain itu ada juga beberapa bekas alat pertanian dan juga radio kuno yang juga dijadikan sebagai hiasan.

Via: traveling[dot]maslatip[dot]com

Warung Bakmi Jawa Mbah Gito ini terdiri dari 2 tingkat. Lantai bawah dan lantai atas yang tidak terlalu besar dihubungkan dengan  sebuah tangga yang  juga terbuat kayu. Yang menarik adalah dilantai atas kita bisa melihat seperangkat alat permainan wayang lengkap mulai dari layar sampai  dengan wayang-wayangnya. Sama seperti di lantai bawah, hiasan topeng  kayu dan lampu-lampu antik bisa kita lihat di lantai atas. Hal unik lain yang ada ditempat ini adalah semua  karyawannya menggunakan pakaian tradisional Jawa.

Baca Juga : Berburu Perak dan Kisah Sejarah di Kota Tua-nya Jogja

via : www[dot]diarysivika[dot]com

Menu andalan di tempat  ini tentu saja adalah bakmi Jawanya. Baik bakmi jawa godhog atau goreng rasanya  sama-sama nikmat. Namun yang  paling favorit adalah mie rebus nyemek atau mie rebus dengan kuah yang sangat sedikit. Seperti  yang digunakan oleh penjual bakmi Jawa pada umumnya, jenis mie yang digunakan di Bakmi Jawa Mbah Gito ini adalah mie basah. Walaupun bumbu yang digunakan sangat sederhana hanya kemiri, bawang putih, merica, dan udang namun rasanya  tetap tidak kalah nikmat  dengan tambahan bahan lain seperti irisan tomat, kubis, telur bebek, dan bawang goreng. Menu lain yang dijual ditempat ini antara lain capcay, magelangan, nasi goreng, dan rica-rica.

via: travel[dot]kompas[dot]com

Warung Bakmi Jawa Mbah Gito terletak di Jalan Nyi Ageng Nis No.9 Peleman, Rejowinangun,  Kotagede.

Meski harus blusukan untuk menuju kesini, (Baca juga : Yuk Blusukan di Jogja Untuk Berburu Kuliner Maknyus) Bakmi Jawa Mbah Gito termasuk salah satu  kuliner wajib yang kami rekomendasikan bagi siapapun yang sedng mencari referensi paket wisata Jogja. Bakmi Jawa Mbah Gito buka setiap hari mulai pukul 11 siang sampai dengan pukul 11 malam. Khusus untuk hari Sabtu Warung Bakmi Jawa Mbah Gito buka mulai pukul 4 sore sampai dengan pukul 11 malam. Harga bakmi  Jawanya mulai  Rp 20.000/porsi. (*)

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

Berburu Narasi Kopi di Klinik Kopi Jogja

Sekiranya tidak berlebihan apabila kita mengatakan Yogyakarta adalah rumah bagi mereka yang memiliki candu pada kafein. Kota ini menawarkan berbagai tempat dengan berbagai rentang harga yang siap melatari proses kita dalam menikmati secangkir kopi. Setiap tempat pun menawarkan ciri nya tersendiri baik melalui rasa, cara pengolahan, maupun suasana yang muncul kala menikmati tiap cangkirnya.

via: travel[dot]kompas[dot]com

 Dari sekian banyak tempat yang menawarkan jerat dan daya pikatnya, kota ini masih menyimpan sebuah senjata rahasia untuk melewatkan waktu sembari menikmati secangkir kopi. Yup! Klinik Kopi lah namanya. Berkunjung ke tempat ini, kita tidak hanya akan terpuaskan oleh berbagai rupa kenikmatan dan ketenangan. Tempat ini juga menawarkan narasi-narasi tentang kopi yang begitu kita gemari.

Dahulu, Klinik Kopi berlokasi di Jl. Gejayan namun kini lokasinya terletak di Jl. Kaliurang Km 7,5 Gg. Madukoro tepatnya berbelok ke arah kanan setelah melewati gardu PLN. Klinik Kopi sendiri menyajikan suasana yang tenang dengan tempat duduk lesehan yang menyajikan kenyamanan dan kesederhanaan. Kopi yang ditawarkan dengan harga Rp.15.000 ini tentnunya akan menghadirkan sensasi baru bagi kalian untuk lebih mengenal kopi.

Mengenal Kopi Dengan Lebih Intim

www[dot]gogirlmagz[dot]com

Walaupun terbiasa dengan kopi sachet maupun olahan kopi dengan gula, kita tidak perlu takut akan di-bully ketika menjejakkan kaki ke tempat ini tanpa kenal terlebih dahulu pada sosok kopi yang masih murni. Berkunjung ke tempat ini, kita juga akan mendapatkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan kopi secara langsung dan penuh keramahan. Mas Pepeng akan dengan senang hati bercerita tentang berbagai macam hal yang tidak kita ketahui sebelumnya tentang kopi. Memperluas wawasan tentunya dapat kita lakukan dengan bertukar pikiran dengan orang-orang baru yang kita temui dalam sebuah perjalanan. Menyimak narasi tentang skena kopi nusantara di tempat ini bisa jadi salah satu caranya.

Baca juga : 10 Spot Terbaik Untuk Menikmati Sunset di Jogja

tamasyarasa[dot]wordpress[dot]com

Sebaik-Baiknya Kopi Adalah yang Disajikan Tanpa Kehadiran Gula

Rangkaian narasi tentang kopi tersebut kemudian akan mengantarkan kita pada sebuah pilihan tentang jenis kopi yang nantinya akan kita nikmati. Selain berbagai wawasan dan cerita tentang kopi, di tempat ini, kita akan diperkenalkan pada kesucian kopi tanpa kehadiran gula yang manis namun dipercaya sebagai aktor utama perusak rasa. Klinik Kopi tidak menyediakan gula untuk sekedar kita campurkan pada kopi yang kita minta. Hal ini dikarenakan niat Mas Pepeng untuk menyajikan kopi yang masih murni. Jenis kopi yang kita pilih di tempat ini hanya akan menyajikan pahit atau sedikit asam untuk menjaga rasa dari kopi itu sendiri. Berkunjung ke tempat ini, kita akan belajar untuk memaknai rasa kopi yang sejati bahwa pahit dan sedikit asam ternyata menyembunyikan manis yang perlahan-lahan akan kita nikmati. Tidak terasa beberapa topik obrolan pun telah terlewati dan kita yang tadinya mencari kehadiran gula pun akhirnya sadar bahwa cangkir yang kita pesan telah habis juga.

klinikkopi[dot]wordpress[dot]com

Salah Satu Lokasi Napak Tilas Rangga Dan Cinta Dalam Ada Apa Dengan Cinta 2

Berkunjung ke tempat ini, kita juga akan menghirup udara yang sama dengan yang dirasakan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Klinik Kopi inilah yang menjadi latar tempat sebelum Rangga dan Cinta berkunjung ke Punthuk Setumbu untuk memburu terbitnya sang mentari. Mungkin dahsyat dan nikmatnya kopi di Klinik Kopi inilah yang menjadikan Rangga dan Cinta kuat untuk tidak mengistirahatkan mata hingga pagi hari. Bagi kalian yang mau mengunjuki tempat yang menjadi saksi Rangga dan Cinta kalian bisa pesan kepada kami sebagai penyedia Paket Wisata Jogja.

Marilah kita memburu kopi dan narasi tentangnya di Klinik Kopi untuk mencoba merasakan kenikmatan kopi yang sejati.(*)

--

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

Kopi Merapi yang Tak Pernah Ingkar Janji

Banyak pilihan yang menarik bagi kita penikmat kopi untuk menjelajahi Jogja. Dari mulai kedai-kedai kopi yang menawarkan gengsi hingga kopi tubruk pinggiran jalan dapat kita temui di kota ini. Ketika berkunjung ke Jogja, kita dapat meluangkan waktu kita untuk berkunjung ke Warung Kopi Merapi. Asal mula penamaan Warung Kopi Merapi mungkin karena tempat ini terletak di kaki Gunung Merapi. Tempat ini siap untuk membumbui pahit dan nikmatnya kopi dengan suasana berbeda.

Arahkan Kemudi ke Utara Yogyakarta

via: gudeg[dot]net

Kita harus menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk dapat sampai ke tempat ini. Warung Kopi Merapi terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Rute yang harus kita tempuh adalah dengan menyusuri Jl.Kaliurang. Apabila kita sudah sampai di dekat Panti Nugroho ( sekitar Jl.Kaliurang Km 17) kita dapat berbelok ke arah kanan di pertigaan.

Tepat setelah mata kita menemukan pom bensin di kanan jalan, kita dapat berbelok ke arah kiri di pertigaan hingga menemukan penanda ‘Desa Wisata Petung’ yang turut menandai kita untuk kemudian berbelok ke arah kanan. Portal penjagaan dan jalanan yang berbatu dan berpasir merupakan pertanda bahwa kita sudah hampir sampai, karena tidak jauh dari sana di sebelah kanan jalan kita akan temukan Warung Kopi Merapi yang menyuguhkan suasana manis dalam mengecap pahitnya kopi. Tentu bangunan ini akan dengan mudah kita temukan karena Warung Kopi Merapi merupakan satu-satunya bangunan di tanah yang terhampar luas tersebut.

Seduhan Kopi Asli Merapi di Lerengnya

via: news[dot]neocorporations[dot]com

Sesampainya di Warung Kopi Merapi kita dapat memesan sajian berupa olahan Kopi Merapi sebagai menu utama yang disajikan hangat serta jajalan camilan yang menjadi perpaduan kenikmatan yang menentramkan. Soal harga, kopi yang ditawarkan membuat kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya hanya Rp 5.000 untuk kopi robusta dan Rp 7.000 untuk kopi Arabica tergantung mana yang sesuai dengan selera kita. Soal citarasa kopi, tentu kita tidak perlu meragukan kualitas dari tanaman yang ditanam di tanah vulkanik yang subur dengan dipadukan pupuk organik. Pahitnya kopi tentunya siap menemani perbincangan dan senda gurau bersama sahabat, pasangan, maupun keluarga.

Baca juga : Petualangan Seru Ala Rambo di Kaki Gunung Merapi

Apabila kita takut untuk merasa rindu dengan rasa nikmat yang muncul di lidah ketika mengecap sajian hangat kala berkunjung ke tempat ini, kita juga dapat membeli kopi yang masih berwujud biji maupun bubuk dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Kopi Robusta dalam keadaan biji kering dibanderol Rp 60.000 sedangkan dalam kondisi bubuk Rp 100.000 - Rp 160.000 per kilogramnya. Untuk Kopi Arabica, warung ini menawarkan harga sebesar Rp 100.000 dalam keadaan biji kering serta Rp 200.000 untuk produk bubuk kemasan. Sejumlah harga yang cukup terjangkau tentunya apabila ditinjau dari citarasa yang khas dan kenikmatan kopi yang ditawarkan dalam tiap teguknya.

Mengobati Rindu Kepada Sunyi

via: ngopidijogja[dot]blogspot[dot]com

Selain menyuguhkan kenikmatan dan ketentraman dalam secangkir kopi, Warung Kopi Merapi juga menawarkan ketentraman suasana dan keindahan panorama. Menjalani hidup di hiruk pikuk perkotaan kadang membuat pikiran tidak karuan. Ada waktu dimana kita memerlukan tempat yang menawarkan ketenangan untuk sejenak merenungi kehidupan. Menjejakkan kaki ke tempat ini akan mengobati rindu kita kepada sunyi, yang kian hari mulai jarang kita temui. Hadir dengan lokasi yang jauh dari perkotaan dan keramaian, bangunan kedai yang sederhana tentunya akan menentramkan hati kita dalam suasana kesederhanaan.

Menikmati destinasi wisata jogja dan wisata kuliner jogja memang harus memilih penyedia paket wisata jogja yang tepat, jangan sampai salah pilih. Karena ketika salah pilih maka akan menyesal di kemudian hari. Untuk penyedia paket wisata jogja yang sudah malang melintang dalam menghandle perjalanan wisata di Jogja hanya TripJogja.co.id.(*)

--

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

10 Soto Paling Maknyus di Jogja

Soto adalah salah satu kuliner khas yang ada di Indonesia. Makanan yang satu ini hampir bisa ditemukan diseluruh wilayah Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Satu daerah dengan daerah lainnya biasanya mempunyai resep soto yang berbeda-beda. Seperti soto Betawi yang menggunakan kuah santan atau tauto (soto khas Pekalongan) yang kuahnya dicampur dengan tauco sehingga mempunyai rasa yang lebih manis.  Selain tentu saja gudeg, di Jogja kita juga bisa berburu kuliner soto yang  tidak kalah lezat.

Berikut ini adalah 10 soto paling maknyus di Jogja.

1. Soto Bathok Mbah Katro

soto bathok mbah katro: www[dot]madangwae[dot]com

Soto Bathok Mbah Katro ini terletak disebelah utara Candi Sambisari di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.Daya tarik utama dari soto ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan bathok kelapa dan warungnya yang dibangun ditengah persawahan. Namun pada musim kering sawah-sawah tersebut akan berganti dengan kebun tembakau yang membuat suasananya menjadi berbeda.

Harga : Rp 6.000

2. Soto Kadipiro

soto kadipiro: www[dot]nesusanti[dot]com

Soto Kadipiro merupakan salah satu soto yang paling legendaris di Jogja. Warung soto yang berlokasi di dekat perempatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1921. Citarasa yang tidak berubah sejak dulu membuat soto ditempat ini menjadi salah satu favorit warga Jogja. Jika lebih ingin merasakan nuansa tempo dulunya kita bisa memesan Limun Sarsaparila yang sekarang sudah cukup langka.

Harga : Rp 15.000 – Rp 25.000

3. Soto Pak Marto Tamansari

soto pak marto tamansari: makanjogja[dot]com

Soto Pak Marto Tamansari ini sudah ada sejak tahun 1960. Dikenal dengan nama Soto Pak Marto karena diambil dari nama pemiliknya yaitu Bapak Martodimejo. Soto Pak Marto ini terletak sekitar 200 meter  sebelah barat Plengkung Tamansari. Salah satu ciri khas dari Soto Pak Marto ini adalah adanya babat sapi yang dimasak dengan bumbu manis yang mirip dengan bacem.

Harga : Rp 8.000 -  Rp 12.000

Baca juga : Mengintip Kesegaran Permandian Para Istri Raja di Tamansari

4. Soto Moneter

soto moneter: instagram24[dot]com

Soto yang terletak tidak jauh dari perempatan lampu merah Kotagede ini mempunyai nama yang cukup unik yaitu Soto Moneter. Alasan penamaan tersebut karena warung soto ini mulai dibuka pada saat Indonesia mengalami krisis moneter pada sekitar tahun 1998. Menu andalan dari Soto Moneter ini adalah soto sapi yang disajikan bersama dengan tempe goring, daun kemangi, dan lenthok.

Harga : Rp 8.000 -  Rp 9.000

Baca Juga : Berburu Perak dan Kisah Sejarah di Kota Tua-nya Jogja

5. Soto Djiancuk

soto djiancuk: santapjogja[dot]com

Untuk yang ingin menyantap soto tetapi di warung yang cukup artistik, Soto Djiancuk adalah tempat yang  tepat untuk didatangi. Soto Djiancuk terletak di Jalan PGRI 2 No. 59 Ngetisharjo, Kasihan, Bantul. Soto Djiancuk menyediakan soto khas dari Blitar. Ruangan didalam warung ini dihiasi dengan berbagai benda seni. Salah satunya adalah foto dari Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Harga : Rp 11.000 -  Rp 14.000

6. Soto Kemasan

soto kemasan: twitter[dot]com

Soto yang terletak di Jalan Ring Road Selatan, Singosaren, Yogyakarta ini sudah ada sejak tahun 1963. Warungnya cukup sederhana dan terletak didekat persawahan. Soto Kemasan menyajikan soto dengan taburan daun kemangi yang membuatnya menjadi wangi. Selain itu taburan tahu bacem yang menjadi pengganti daging sapi ini juga merupakan cirri khas dari Soto Kemasan.

Harga : Rp 4.000

7. Soto Sampah

soto sampah: jogja[dot]tribunnews[dot]com

Jangan dibayangkan jika soto ini terbuat dari sampah sungguhan. Disebut dengan Soto Sampah karena soto yang satu ini menggunakan lemak atau gajih sapi dicampur dengan bihun, kol,dan tauge yang disusun secara acak-acakan diatas piring. Warung Soto Sampah ini terletak di Jalan Kranggan tidak terlalu jauh dari Tugu Jogja.

Harga : Mulai Rp 4.000

soto sulung stasiun tugu: jogja[dot]semberani[dot]com

8. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung merupakan soto khas dari Pulau Madura yang berisi campuran daging dan jeroan yang ditambahkan dengan irisan telur dan siraman kuah yang cukup pekat dengan bumbu yang cukup terasa. Soto Sulung ini berada di ruko-ruko sebelah selatan parkiran Stasiun Tugu Yogykarta. Soto Sulung Stasiun Tugu ini sudah ada sejak tahun 1968 dan sudah mempunyai beberapa cabang di Jogja.

Harga : Rp 7.000 - Rp 11.000

Baca Jujga : Tugu Yogyakarta, Simbol Filosofis Semangat Perjuangan dan Alasan Untuk Terus Kembali ke Jogja

9. Soto Betawi H. Pitung

soto betawi h. pitung: tembi[dot]net

Soto Betawi H. Pitung terletak di Jalan Juminahan No. 12 Yogyakarta. Warung ini menjual soto khas Betawi yang disajikan dalam sebuah tungku aluminium dengan pemanas dibawahnya. Ciri khas dari soto Betawi adalah kuahnya yang menggunakan santan dan emping melinjo sebagai pelengkapnya. Rasa soto ini tidak kalah enak dengan soto-soto khas dari daerah lain.

Harga : Rp 7.000 - Rp 12.000

10. Soto Pak Soleh Al Barokah

soto pak soleh al barokah: eatjogja[dot]com

Soto Pak Soleh Al Barokah ini sudah ada sejak tahun 1952. Awalnya soto ini dijual dengan cara berkeliling kampung menggunakan pikulan. Soto Pak Soleh Al Barokah ini mempunyai rasa yang khas Jogja yaitu perpaduan antara manis dan gurih seperti rasa makanan di Jogja kebanyakan. Soto Pak Soleh Al Barokah ini terletak di Jalan Wiratama No. 84 Yogyakarta.

Harga : Muai Rp 10.000

Waaah ternyata  buanyakkkk banget yasoto maknyus di Jogja, jadi bikin perut laper dan pengen kulineran. Banyak sekali tempat wisata jogja juga yang dapat kamu kunjungi selama berwisata di Jogja. Dan bagi kamu yang ingin berwisata di Jogja dengan nyaman, kamu bisa hubungi penyedia paket wisata jogja yang sudah professional dalam menghandle perjalanan wisata perorangan maupun group. Silahkan hubungi TripJogja.co.id sekarang juga.

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista