Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Salah satu nama yang muncul ketika membahas tentang kuliner Jogja yang legendaris adalah Sop Ayam Pak Min. Nah, sebenarnya, kuliner ini merupakan asli Klaten, tetapi, di Jogja, kaliber tempat makan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Kamu bisa menemukannya di seluruh penjuru Jogja saking banyak cabangnya.

Tempat kuliner Jogja yang satu ini menawarkan cita rasa sop dengan bahan daging ayam yang empuk. Jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang tentu saja mempunyai tekstur berbeda dengan ayam broiler atau negeri. Dipadu dengan bumbu rahasia Sop Ayam Pak Min Klaten sehingga menghasilkan panganan lezat menggiurkan.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Sop Ayam Pak Min
Image by @edhovankhrost

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pemilik warung menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Nah, beberapa diantaranya adalah:

  • Area parkir
  • Tempat duduk dan meja sederhana
  • Daftar menu besar
  • Toilet
  • Wastafel
  • Mushola
  • Pelayanan yang super cepat

Jam Buka dan Menu yang Tersedia

Sop Ayam Pak Min Klaten ini bisa Kamu datangi saat pagi hingga sore hari, tepatnya pukul 08.00 sampai pukul 17.00. Ada 10 gerai yang bisa Kamu datangi di seluruh Jogja. Pilihlah warung Sop Ayam Pak Min Klaten terdekat dengan akomodasi (jika sedang berlibur) atau dari domisili.

Baca Juga:  Gunung Api Purba Nglanggeran: Sensasi Senja dan Bentang Kehijauan di Puncak
Jam Buka Sop Ayam Pak Min
Image by @jogjafoodexplore

Untuk menunya sendiri, ada beberapa yang ditawarkan. Lengkapnya, bisa Kamu cek di bawah ini:

  • Nasi Sop Ayam Biasa

Kalau Kamu tidak terlalu suka dengan ragam varian daging, bisa memilih menu ini. Yang mana pada setiap mangkuk terdiri atas kuah yang bening serta segar, dan juga daging ayam nan empuk.

  • Nasi Sop Ayam Campur

Penggemar santapan yang dicampur dengan limpahan daging harus memesan menu yang satu ini. Kamu bisa memilih mau ditambahkan dengan ati ampela, cakar, atau kulit. Nah, nama-nama menunya adalah Nasi Sop Pisah Kulit, Nasi Sop Pisah Daging, Nasi Sop Pisah Ampela Ati, dan Nasi Sop Pisah Uritan.

  • Nasi Sop Ayam dengan Campuran Ekstrim

Kalau Kamu senang dengan bagian tubuh ayam yang cukup ekstrim seperti brutu, kepala, atau sayap, silakan pilih yang satu ini. Tersedia menu Nasi Sop Pisah Sayap, Nasi Sop Pisah Brutu, dan Nasi Sop Pisah Kepala.

  • Nasi Sop dengan Daging Berlimpah

Kalau tidak puas dengan tiag kategori menu di atas, silakan pilih yang ini. Campuran dading paha atas, paha bawah, dan dada akan menggoyang lidahmu seketika. Menu ini bernama Nasi Sop Pisah Tepong, Paha, dan Dada Pechok.

Baca Juga:  Gembira Loka Zoo: Menyaksikan Ketangkasan dan Kelincahan Para Satwa Langka

Lokasi dan Rute Sop Ayam Pak Min

Untuk lokasinya sendiri, Sop Ayam Pak Min ada di 10 gerai yang berbeda. Nah, Kamu bisa memilih salah satunya yang paling dekat. Namun, Sop Ayam Pak Min Asli atau yang paling lawas adalah yang ada di Jalan Mataram. Tepatnya di Suryatmajan, Kecamatan Danurejan.

Lokasi Sop Ayam Pak Min
Image by @amazingindonesiafood

Untuk menuju ke sana, Kamu bisa mulai perjalanan dari Malioboro. Dari jalan, Kamu bisa menemukan bahwa sop hanyalah terpisah oleh Jalan Suryatmajan. Tinggal jalan kaki saja, sampai, deh!

Sedangkan kalau Kamu naik mobil pribadi, silakan belok kiri di perempatan “Nol KM”, lalu belok lagi ke kiri tepat saat Kamu menemui lampu merah yang pertama. Ikuti saja jalannya sampai menemukan gerai dengan baliho berwarna hijau pupus bertuliskan “Sop Ayam Pak Min”.

Baca Juga:  Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa Yang Tak Boleh Terlewatkan Sama Sekali

Harga Menu

Harga Menu Sop Ayam Pak Min
Image by @kulineran.mjk

Harga Sop Ayam Pak Min Klaten bisa Kamu cek di bawah ini. Murah-murah, kok!

KeteranganHarga Menu
Sop Ayam BiasaRp. 8.000,-
Nasi Sop Pisah Uritan / Daging / Kulit / Leher / Ceker / Sayap / Ati AmpelaRp. 13.000,-
Nasi Sop Pisah Sayap / KepalaRp. 15.000,-
Nasi Sop Pisang Tepong dan KepalaRp. 17.000,-
Nasi Sop Pisah Brutu PechokRp. 19.000,-
Nasi Sop Pisah Dada PechokRp. 21.000,-
Minumanmulai dari Rp. 3.000,- sampai Rp. 4.000,-
GorenganRp. 1.000,- sampai Rp. 3.000,-

Karena sudah tersedia hingga 10 cabang, sudah pasti dikarenakan cita rasanya yang lezat dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Nikmati wisata kuliner di Sop Ayam Pak Min dan sekitarnya seperti Mie Ayam Tumini dan Gudeg Pawon bersama tripjogja.com. Agen travel Jogja terbaik dan terpercaya. cek website-nya untuk info lebih lanjut, ya!

Jangan simpan sendiri informasi menarik ini. Sampaikan juga pada temanmu di medsos agar mereka juga tahu ada tempat makan seenak Sop Ayam Pak Min. Yuk, budayakan share hal positif!

Leave a Reply

Close Menu