Ini Dia Gudeg Pawon Yang Selalu Dikerubuti Pembeli (Menu, Rute, Harga)

Pawon dalam Bahasa Jawa memiliki arti dapur. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner Jogja yang satu ini bertempat di dapur. Nah, loh, unik banget kan? Di ruangan yang berukuran sekira 10 x 6 meter ini, Kamu bisa mencicipi Gudeg Pawon yang legendaris banget. Di ruangan ini pula, gudeg diracik, dibayar, dan dinikmati.

Yang menarik, Gudeg Pawon ini berlatar di tempat yang bercahayakan neon yang pijarnya redup serta api tungku merah menyala. Ruangannya juga tampak remang karena jelaga dari tungku yang berjejak di setiap dinding, bubungan, hingga tiangnya. Namun, tak tahu mengapa justru inilah daya tariknya. Sejak 1958, gudeg Bu Prapto Widarso inilah yang menemani masyarakat Jogja merasakan kuliner yang sesuai dengan lidahnya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Gudeg Pawon
Image by @jogjafood

Fasilitas mewah belum tentu menarik perhatian dari banyak orang untuk mengunjungi suatu destinasi kuliner. Namun, minimnya fasilitas, justru membuat sekian banyak orang berjejal mengantri bahkan sebelum kedainya buka. Adapun fasilitas yang tersedia di Gudeg Pawon ini  meliputi:

  • Tempat duduk lesehan
  • Area Parkir

Jam Buka dan Menu yang Tersedia

Sebenarnya, jam buka tempat wisata ini mulai pukul 21.30. Namun, Kamu harus rela antri sejak pukul 21.00 agar bisa masuk ke pawon-nya. Yang perlu Kamu perhatikan adalah supaya tidak datang ketika akhir pekan. Pasalnya, antrian akan semakin panjang. Pun, Anda akan sulit untuk memarkirkan kendaraan.

Jam Buka Gudeg Pawon
Image by @denisyonathan

Nah, begitu bisa masuk, langsung saja memilih menunya. Ragam menu yang disediakan diantaranya:

  • Gudeg Basah

Ayam kampung yang empuk dipadukan dengan kuah areh gurih tentunya menjadi pelengkap nasi yang paripurna. Menu ini adalah yang paling utama di Gudeg Pawon. Yang mana cita rasanya tidak legit, gurih, pedas dan hangat. Rasa manis dari gori tidak sampai mengganggu lidahmu, kok. Pokoknya perpaduan rasa yang istimewa banget.

Resep Gudeg Pawon ini dijamin tidak bisa Kamu dapatkan di mana pun. Sebab, cara pengolahan dan teknik serta media memasaknya tentu saja berbeda. Aroma tungku yang mengepul pastinya menambah nikmat rasa masakannya.

  • Nasi Gudeg Krecek dengan Berbagai Lauk

Tidak hanya bisa menikmati lauk berupa ayam saja. Kamu pun bisa menjajal kemampuan syaraf lidahmu untuk mencicipi sajian lezat lainnya. Mulai dari telur, dan masih banyak lagi.

  • Minuman

Pada mulut gang untuk masuk ke dalam kedai, Kamu akan menyaksikan adanya dapur yang khusus sebagai pembuatan minuman. Adapun minuman yang tersedia diantaranya teh dan sebagainya. Minuman ini akan mengakhiri kenikmatan Gudeg Pawon Jogja yang enak.

Lokasi dan Rute Menuju Gudeg Pawon Jogja

Gudeg Jogja yang satu ini bisa Kamu temukan di lokasi Jalan Janturan. Tepatnya pada blok nomor 36 hingga 38. Masuk saja ke Veteran, lalu telusuri lokasinya. Patokannya cukup mudah, sebab, cukup dekat dengan UTY.

Lokasi Gudeg Pawon
Image by @juliachan_real

Rute yang dapat Kamu lewati adalah mulai dari Jalan Malioboro, lantas, lurus saja ke selatan. Saat sudah mencapai perempatan Titik Nol KM, silakan belok kiri, lalu lurus saja hingga Jalan Kusumanegara. Sebelum sampai ke Supermarket Pamela (kira-kira 10 meter), Kamu belok kanan saja atau menuju selatan ke Jalan janturan.

Nah, Kamu periksa saja bagian kanan jalan, dari Fakultas Bahasa dan Sastra UTY, sekitar 50 meter, Kamu sudah bisa melihat plang bertuliskan Gudeg Pawon yang penuh antrean.

Harga Menu

Harga Menu Gudeg Pawon
Image by @gendut_kulineran

Meskipun tergolong kuliner yang super laris, tetapi harga Gudeg Pawon 2019 tetap terjangkau. Daftarnya bisa Kamu lihat di bawah ini:

KeteranganHarga
Gudeg Lauk TelurRp. 11.000,- / porsi
Gudeg Lauk AyamRp. 24.000,- / porsi
MinumanRp. 2.000,- s/d Rp. 5.000,-

Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi gudeg yang legendaris ini? Pastinya, Kamu harus rela antri lama, ya. Soalnya, tempatnya cukup sempit ditambah lagi lokasinya cukup mblusuk, jadi sulit untuk parkir. Dapurnya juga tidak besar, tetap berhati-hati, ya! Pastikan juga Kamu datang ke Jogja tidak sendiri melainkan bersama tripjogja.co.id. Sebab, kami akan membawamu ke tempat-tempat yang seru dan belum pernah terbayang sebelumnya.

Jangan ragu untuk share artikel tentang Gudeg Pawon ini ke media sosial. Biarkan teman-temanmu tahu mengenai khazanah wisata Nusantara yang kaya ini. Happy holiday!

Leave a Reply

Close Menu