Ketep Pass Dengan Panorama Lima Gunung Besar

Sebagai lokasi yang kaya akan gunung berapi, wajar jika pemerintah lantas mengembangkan wisata kegunungapian seperti Ketep Pass. Dekat dengan Gunung Merapi, wisata alam ini mempunyai ketinggian 1200 mdpl yang luasnya 8000 meter persegi. Di tempat ini, kamu bisa merasakan sensasi berpetualang dengan berbagai wahana seperti bioskop mini, museum, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata Jawa Tengah ini diresmikan pada 17 Oktober 2002 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Diapit diantara dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuatnya semakin eksotis. Pengunjung juga bisa menginap di Hotel di daerah Ketep jika ingin lebih lama menikmati indahnya Ketep Pass.

Fasilitas yang ada di Ketep Pass Magelang

Fasilitas Ketep Pass
Image by @septysaputri

Selain terkenal dengan panorama gunung-gunung besar, di lokasi ini juga ada beberapa fasilitas yang sangat memadai. Hal ini sebagai wujud keseriusan pengelola untuk menunjang kebutuhan wisatawan seperti:

  • Mushola
  • Ketep Pass Restaurant
  • Ketep Volcano Theatre
  • Ketep Volcano Centre
  • Gardu pandang
  • Pelataran
  • Area parkir yang luas
  • Panca Arga

Jam buka dan aktivitas yang dapat dilakukan

Ketep Pass sendiri buka dari hari Senin hingga Minggu, bahkan pada hari libur pun tetap buka. Jam operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Jam Buka Ketep Pass
Image by @hestimitta

Selama ada di destinasi wisata ini, kamu bisa melakukan aktivitas seru. Aktivitas tersebut meliputi:

  • Menyaksikan Keindahan Panorama Dari Atas Gardu Pandang

Di lokasi ini terdapat dua gardu pandang yang berfungsi untuk melihat pemandangan pegunungan dari atas bukit atau puncak. Kamu juga bisa melihat lahan pertanian yang terhampar di antara dua kaki gunung tersebut, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

  • Menonton Film Dokumenter

Di Ketep Pass, terdapat sebuah bioskop yang dikhususkan untuk pemutaran film tentang dahsyatnya erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang tercatat juga sebagai salah satu letusan yang paling besar di periode ini.

  • Belajar di Museum Vulkanologi

Sebuah Museum Vulkanologi juga ada di lokasi wisata. Museum ini berisi tentang informasi Gunung Merapi. Kamu bisa menyaksikan dari komputer interaktif yang memuat informasi tentang dokumen kegunungapian.

Selain itu, ada juga miniatur Gunung Merapi, contoh batu-batu hasil letusan, poster peringatan dini lahar Gunung Merapi, poster Puncak Garuda, serta foto-foto letusan Gunung Merapi. Di tempat ini, pengunjung bisa belajar berbagai hal tentang gunung yang ada di Indonesia.

  • Melihat Pemandangan Dari Puncak Arga

Puncak Arga merupakan tempat tertinggi di Ketep Pass. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat 5 gunung besar, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Slamet. Bahkan bisa melihat bukit kecil, seperti Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, Gunung Andong, serta Gunung Tidar.

  • Bersantap Hidangan Di Ketep Pass Restaurant

Jika Kamu sudah merasa lelah dan capek berkeliling Ketep Pass, hal yang paling pas adalah menyantap hidangan yang lezat. Di Ketep Pass ini kamu bisa menyantap berbagai makanan dan minuman khas Magelangan.

  • Melihat Pemandangan Dengan Teropong

Terdapat dua buah teropong di Gardu Pandang dan Puncak Arga. Dengan teropong tersebut, pengunjung bisa dengan jelas melihat Gunung Merapi dan Gunung merbabu. Bahkan bisa melihat pemandangan lainnya di sekitar objek wisata.

Lokasi dan Rute Menuju Ketep Pass Magelang

Ketep Pass berada di Jalan Blabak-Ketep Km. 16. Untuk desanya sendiri masuk di Desa Ketep. Nah, Sawangan adalah kecamatannya. Pastinya kamu sudah tahu jika wisata ini ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi Ketep Pass
Image by @nurdyanto21

Untuk rute menuju Ketep Pass, Kamu yang dari Jogja bisa lewat Jalan Magelang lalu Muntilan. Kemudian, di perjalanan, Kamu akan menemukan pertigaan Blabak, ambil ke arah kanan daerah Sawangan lalu bisa langsung menuju ke Ketep Pass.

Harga Tiket Masuk ke Ketep Pass

Harga Tiket Masuk Ketep Pass
Image by @sakawtravelling

Untuk memasuki wilayah Ketep Pass harga tiket yang harus dibayarkan sangat ramah di kantong. Pengunjung juga harus membeli tiket lagi jika akan menggunakan beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi ini :

KeteranganHarga
Tiket Masuk (Senin – Sabtu)Rp. 10.500,- / orang
Tiket Masuk (Minggu / Hari Libur)Rp. 12.500,- / orang
Sewa TeropongRp. 5.000,- / koin
Ketep Volcano TeaterRp. 9.000,- / orang
Parkir Sepeda MotorRp. 2.000,- / motor
Parkir MobilRp. 5.000,- / mobil
Parkir Mini BusRp. 10.000,- / mobil
Parkir Bus BesarRp. 15.000,- / mobil
Tiket Wisatawan Mancanegara (termasuk fasilitas objek dan fee softdrink)Rp. 50.000,- (Hari Minggu)

Rp. 60.000,- (Hari Libur Nasional)

Selain wahana atau fasilitas di atas, Kamu juga bisa mampir ke Kebun Strawberry Ketep Pass. Di sekitar lokasi tersebut juga ada Air Terjun Kedung Kayang. Jika Kamu berminat mengunjungi destinasi wisata itu semua dan tidak ingin kerepotan, silakan ikuti paket wisata yang ditawarkan oleh tripjogja.co.id.

Bagikan ke semua kenalanmu agar mereka tahu betapa indah dan menariknya Ketep Pass Magelang ini. Yuk, bersama-sama mengunjungi tempat yang seru ini.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu