Ad
Ad
Ad
Desa Wisata

Bosan Nginap di Hotel Terus? Cobain deh Menginap di Suasana Pedesaan Sambil Belajar Budaya di Omah Tembi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada yang pernah merasa bosan dengan suasana di hotel yang begitu-begitu saja saat traveling? Pasti banyak banget yang pernah mengalami hal ini. Banyak yang berpikiran bahwa hotel hanyalah tempat singgah atau tempat untuk tidur atau menghabiskan malam saat liburan. Padahal suasana hotel atau penginapan yang kita pilih saat liburan juga bisa berpengaruh terhadap mood atau suasana hati kita. Suasana hotel yang menyenangkan akan membuat liburan juga jadi lebih menyenangkan. Kalau bosan dengan suasana hotel di Jogja, coba menjauh sedikit dari kota dan menginap di Omah Tembi. Karena selain menawarkan penginapan dengan suasana pedesaan yang sangat kental, di tempat ini kita juga bisa belajar budaya Jawa.

Omah Tembi , Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Via carapedia[dot]com

Suasana Pedesaan yang Cukup Kental

Salah satu daya tarik utama dari Omah Tembi adalah letaknya yang berada ditengah kampung dengan nuansa pedesaan yang masih kental. Suasana sepi dan tenang juga bisa didapatkan jika menginap di Omah Tembi karena letaknya yang berada ditepian sawah dan jauh dari jalan raya. Omah Tembi terletak di Desa Wisata Tembi yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Bangunan yang ada di Omah Tembi berbentuk Limasan khas rumah Jawa dan terbuat dari kayu jati yang membuat suasana jadi lebih tenang. Hampir seluruh furniture yang digunakan di penginapan ini menggunakan kayu. Namun walaupun begitu, Omah Tembi  dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan menambah kenyamanan pengunjung seperti AC, LED TV, hot & cold water, dan akses internet. Yang unik adalah setiap penghuni Omah Tembi akan diberikan welcome drink berupa wedang uwuh yang merupakan minuman khas dari Imogiri yang terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, kayu manis, daun cengkeh, pala, dan daun sereh.

Omah Tembi , Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
via: pegipegi[dot]com

Melihat Aktivitas Petani dari Omah Tembi

Tidak perlu jauh-jauh pergi dari hotel untuk bisa melihat aktivitas petani di sawah, cukup keluar dari kamar kita bisa menyaksikan langsung aktivitas petani yang sedang berada di sawah. Petani-petani tersebut biasanya sudah memulai aktivitas mereka sejak pagi. Waktu paling sibuk bagi para petani adalah pada saat musim tanam ataupun musim panen. Namun diantara musim tersebut biasanya  mereka datang ke sawah untuk menyiangi atau mencabut rumput liar yang tumbuh disela-sela tanaman padi. Kegiatan seperti ini merupakan sebuah pemandangan langka yang sudah tidak bisa kita lihat lagi di perkotaan. Tidak hanya sekedar melihat saja, kita pun bisa turun langsung dan ikut dalam aktivitas para petani. Jangan takut hanya karena tanah sawah yang becek.

Omah Tembi , Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
via: pegipegi[dot]com

Belajar  Membatik dan Membuat Kerajinan

Selain melihat aktivitas petani secara langsung, masih ada beberapa kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di Omah Tembi seperti belajar membati dan membuat kerajinan. Seperti diketahui bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya dari Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Jadi tidak ada salahnya sebagai warga negara Indonesia  kita belajar budaya sendiri supaya tidak diambil oleh bangsa lain. Selain membatik kita juga bisa belajar membuat gerabah dan wayang.

Masih mikir ulang untuk menginap di Omah Tembi yang tenang dan asri ini? Sepertinya tidak perlu banyak berpikir lagi jika ingin menikmati suasana penginapan yang tenang dengan suasana pedesaan yang masih sangat kental ini. (*)

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Harga Kamar:

  • Rp 240.000 (standart)
  • Rp 295.000 (standar super)
  • Rp 395.000 (ruang keluarga)

Fasilitas: AC, LED TV, WiFi, Kamar mandi dalam, Restoran

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat: Jalan Parangtritis KM 8,5 Timbulharjo, Sewon, Bantul. Telepon (0274) 6463148

Website: omahtembi.com & Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 KM Jogja: Jarak Omah Tembi dari 0 KM Jogja adalah sekitar 8 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih selama 30 menit. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju kesana: Untuk menuju kesana bisa mengambil rute Jalan Parangtritis sampai melewati ISI dan pertigaan di Jalan Parangtritis KM 8,5. Dari pertigaan tersebut ambil arah kekanan sampai dengan rambu petunjuk yang ada.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

 

Tulis Komentar