Menanti Fajar Diatas Awan Mangunan

Merasakan sensasi berada di atas awan biasanya hanya dapat kita rasakan saat berada di puncak gunung. Namun di Kebun Buah Mangunan, tanpa harus mendaki  ke puncak gunung sekalipun kita bisa merasakan sensasi negri di atas awan. Jika sedang bertandang ke Jogja, tidak ada salahnya jika kita datang ke Kebun Buah Mangunan pada pagi hari menjelang fajar. Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul yang bisa ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan dari Kota Jogja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun ada yang perlu diingat sebelum pergi ke Kebun Buah Mangunan kita terlebih dahulu harus mempersiapkan kendaraan kita karena jalanan yang akan dilalui dominasi oleh jalanan kecil yang menanjak. Selama perjalanan, terutama setelah melewati pertigaan Imogiri kita akan disuguhi oleh pemandangan pepohonan dan perbukitan yang sangat cantik. Pastikan kamera dalam posisi standby karna sangat rugi jika melewatkan momentum ini.

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Perjuangan Menuju Gardu Pandang

Sebenarnya sudah tersedia parkir baik untuk sepeda motor dan mobil didekat gardu pandang, namun jalan menuju kesana cukup kecil dan menikung dengan aspal yang tidak terlalu bagus. Jika merasa ragu kendaraan kita terutama mobil tidak mampu untuk menanjak, kita bisa memarkir kendaraan kita didekat kolam besar sebelum jalan naik menuju ke gardu pandang. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan pintas yang sudah dicor sampai menuju ke gardu pandang. Hati-hati dalam melangkah, jika berkunjung subuh-subuh yang relatif masih gelap karna ada bebarapa anak tangga yang licin oleh tanah basah.

Selama perjalanan menuju ke gardu pandang kita akan disuguhi suara-suara binatang hutan seperti tonggeret yang terasa begitu menenangkan. Okestra alam ini tidak akan anda temui di kota-kota besar, tidak ada salahnya jika duduk sejenak dan menikmati alunan alam yang begitu menentramkan. Jika dirasa sudah cukup tenang, segera lanjutkan perjalanan anda menuju gardu pandang. Tenang saja, and tidak perlu khawatir akan keeahan, karena jalan yang dilalui cukup landai dan tidak begitu sulit bahkan untuk anak-anak sekalipun. Waktu yang diperlukan untuk berjalan kaki sampai di gardu pandang kurang lebih hanya sekitar 15 menit. Namun jika merasa kondisi kendaraannya cukup baik, kita bisa membawa kendaraan kita sampai tempat parkir yang berada diatas dan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa meter saja.

Matahari Terbit Diatas Awan

Kebun Buah Mangunan berada di Pegunungan Sewu yang menyajikan pemandangan alam yang hijau. Dibawahnya juga mengalir Sungai Oya yang seolah-olah membelah perbukitan tersebut. Warna air Sungai Oya ini selalu berubah-ubah tergantung musim. Pada musim penghujan airnya akan berwarna kuning keruh, sementara pada musim kemarau air sungai tersebut akan berubah menjadi hijau tosca yang nampak seperti ular hijau raksasa yang sedang melintas. Lalu jika kita melihat leih cermat maka akan tampak dari kejauhan sebuah  Jembatan Gantung Selopamioro yang juga tak kalah hits untuk menjadi spot foto favorit di kalangan anak-anak Instagram Jogja.

Untuk bisa menyaksikan cantiknya matahari terbit beserta gumpalan awan yang menutupi perbukitan, kita harus sudah sampai di Kebun Buah Mangunan pada saat Subuh. Jika datang lebih siang awan-awan tersebut tentu saja sudah mulai menghilangkan dan kita akan terlewatkan pemandangan sunrise yang cantik tentunya. Namun tidak perlu khawatir, datang ke Kebun Buah Mangunan ini kita tetap bisa menyaksikan pemandangan yang masih tetap cantik. Selain itu udaranya yang segar juga bisa membuat siapa saja betah untuk berlama-lama ditempat ini.

Sesuai dengan namanya, ditempat ini kita juga bisa melihat berbagai jenis tanaman buah mulai dari mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, belimbing sampai durian. Namun buah-buah tersebut hanya bisa kita jumpai pada musim-musim tertentu saja. Mungkin anda perlu mencari informasi musim panen pada buah tertentu agar bisa berkunjung ke Kebun Buah Mangunan untuk melihat sunrise dan memanen buah favorite anda.

Apabila anda ingin menikmati suasana di Kebun Buah Mangunan hingga larut malam, tenang saja disini juga tersedia penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam. Kebun Buah Mangunan ini adalah salah satu tempat favorit mahasiswa-mahasiswa Jogja untuk mengadakan malam keakraban dan juga berkumpul komunitas. Semakin ingin mendatangi objek wisata yang cantik dan segar ini bukan?

Tidak hanya Keraton yang sarat akan budaya dan sejarah atau Pantai Indrayanti yang romantis, Jogja juga punya wisata alam yang cantik seperti Kebun Buah Mangunan ini.

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu Operasional : Setiap hari, pukul 05.00 – 17.00

HTM : Rp 5.000/orang

Fasilitas:  Tempat parkir, Toilet, Mushola, Penginapan, Tempat makan, Tempat bermain anak, Aula, Gazebo, Tempat berkemah, Tempat Pemancingan, Kebun binatang mini

Aktifitas: Menikmati sunrise, menikmati pemandangan alam, Trekking, melihat kebun buah

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat : Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Telepon:  (0274) 6460182 & 6460236

Website : Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak Kebuh Buah Mangunan dari O KM Jogja sekitar 23 km dan dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas dan jenis kendaraan yang dipakai. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Rute yang bisa dipilih untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan adalah melalui Jalan Imogiri Barat atau Imogiri Timur, sampai di pertigaan setelah Pasar Imogiri ambil rute yang kearah Makam-makam Raja Imogiri. Sebelum Makam Imogiri ada pertigaan lalu ambil kearah kanan sesuai dengan petunjuk yang ada. Setelah itu ikuti jalan yang menanjak terus sampai dengan petunjuk berikutnya.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best Time to Visit : Subuh, sebelum jam 05.00 pagi.

What to bring :  Jaket & senter (kalau datang pagi hari), Kamera.

Do : Menikmati pemandangan alam, berfoto dengan background awan yang menutupi perbukitan

Don’t : Melewati atau memanjat pagar pembatas yang ada di gardu pandang, membuang sampah sembarangan.

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu