Ad
Ad
Ad

Saat Bro dan Sis memutuskan untuk berkunjung ke Yogyakarta,  kurang lengkap kalau tidak mengunjungi Candi Borobudur. Bangunan warisan sejarah dunia dengan 73 stupa ini terletak di sebelah utara  Yogyakarta dengan jarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota.

Walaupun erat dikaitkan dengan Yogyakarta, letak Candi Borobudur sendiri sebenarnya berada di Jawa Tengah. Lebih tepatnya di kawasan Kabupaten Magelang. Perjalanan ke Borobudur dari Yogyakarta tergolong mudah dan murah bagi para wisatawan.  Bro dan Sis bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi atau naik bis yang ada di terminal Jombor menuju Borobudur. Tarif bisnya hanya sekitar 10.000 rupiah. Tiket masuk kawasan wisata Candi Borobudur saat ini sekitar 30.000 rupiah.

Monumen Budha terbesar di dunia ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 hingga abad ke-9 di masa kejayaan Wangsa Syailendra. Setiap tingkatan di candi berbentuk punden berundak.  Terdiri dari 10 tingkat dan konon melambangkan tahapan-tahapan yang dilalui dalam kehidupan seorang manusia.

mahakarya arsitektur masa lampau candi borobudur
( allindonesiatourism.com )

Umat Budha mempercayai Candi Borobudur sebagai simbol alam semesta yang terbagi menjadi tiga tingkatan spiritual yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Dinding candi di tingkatan Kamadhatu dan Rupadhatu memiliki relief-relief yang konon menggambarkan kehidupan masyarakat jawa kuno. Sedangkan dinding Arupadhatu sendiri tidak berelief dan melambangkan kehidupan alam atas yang terbebas dari segala bentuk dan rupa.

Borobudur Adalah Sebuah Mahakarya 

Bangunan candi ini merupakan mahakarya arsitektural yang tidak hanya bernilai sejarah dan budaya semata. Namun juga mengandung keindahan yang elok dipandang mata. Konstruksi bangunan yang megah dan relief-reliefnya seakan mengajak pengunjungnya untuk mencermati setiap sudut yang dimilikinya.

Borobudur siap memanjakan Bro dan Sis yang gemar mengabadikan wujud dan momen melalui mata lensa.  Candi Borobudur merupakan salah satu bukti kecerdasan umat manusia di masa lampau. Setiap jengkal relief yang tergambarkan di dinding Kamadhatu dan Rupadhatu terpahat dengan tingkat kerapian yang tinggi.  Seolah-olah dikerjakan dengan teknologi mutakhir masa kini. Berbagai cerita tentang kehidupan manusia terukir detail tentang kisah hidup para leluhur.

mengagumi mahakarya artitektur masa lampau di candi borobudur
( id.wikipedia.org )

Evant Tahunan: Hari Raya Tri Suci Waisak dan Pelepasan Lampion Yang Memukau

Pada momen tertentu seperti Hari Raya Tri Suci Waisak dan detik-detik pergantian tahun,  Bro dan Sis dapat menyaksikan ritual pelepasan lampion yang sangat indah. Ribuan lampion diterbangkan secara serentak dan menghiasi langit dengan sinarnya.  Siapa coba yang tidak terpana menyaksikan ribuan lampion yang memancarkan sinarnya di kegelapan malam? Momentum spesial seperti ini tentunya sangat berharga dan bisa Bro dan Sis masukkan sebagai agenda romantis menikmati malam bersama.

mahakarya arsitektur lampau candi borobudur
( acyanggita.wordpress.com )

Bro dan Sis tidak perlu menunggu momen pelepasan lampion untuk menikmati romansa Borobudur. Di beberapa lokasi tertentu, sunrise maupun sunset di Candi Borobudur tampak sangat cantik dan memanjakan mata. Kombinasi antara warna biru dan jingga yang menjadi view yang memukau saat senja atau pagi menjelang.

Jadi kapan Bro dan Sis mau berkunjung ke Yogyakarta? Sempatkan dan atur waktu untuk mengunjungi salah satu peninggalan mahakarya arsitektur dunia ini ya…

__

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista  , Eva Zahra

Waktu Operasional : Setiap Hari, pukul 06.00–17.00 WIB

HTM DEWASA: Rp 40.000,00 (Domestik/WNA Pemegang KITAS) & $25(WNA)

HTM ANAK : Rp 20.000,00 (Domestik/WNA Pemegang KITAS) & $15(WNA)

Fasilitas: Penginapan, rumah makan, toko cenderamata, warung telekomunikasi. Juga terdapat beberapa tenaga guide yang dapat memandu dan menjelaskan mengenai informasi yang terkait dengan sejarah, budaya dan arti arsitektur dari Candi Borobudur.

Aktifitas:

  • Pradaksina (Aktivitas berjalan mengitari candi searah jarum jam. Dimulai dari tingkatan pertama ke arah kiri, kemudian setelah selesai baru naik ke tingkat selanjutnya. Hal ini dilakukan hingga tingkat terakhir dan tiba di puncak. Dengan melakukan pradaksina secara penuh dari tingkat 1 hingga puncak, maka Bro dan Sis sudah trekking di atas candi sejauh 2 kilometer.)
  • Mengunjungi Museum Karmawibangga, Museum Samudraraksa, Naik Kereta Kelinci atau Andong Wisata.

Alamat : Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Telepon : (0274) 496402

Website : Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Candi Borobudur secara administratif terletak di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, sekitar 45 km arah utara dari kota Jogja, dengan waktu tempuh perjalanan 1 sama 1,5 jam. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Untuk menuju ke Borobudur dari kota Yogyakarta Bro dan Sis dapat naik Trans Jogja jalur 2A menuju ke terminal Jombor tiketnya hanya Rp 3.500 per orang. Turun dari halte Jombor Bro dan Sis dapat naik bis jurusan Jombor – Borobudur dan harganya sekitar Rp 10.000 per orang.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit : 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur adalah di pagi hari saat Borobudur baru buka atau sore hari. Selain matahari tidak terlalu menyengat, pada jam-jam tersebut kondisi Borobudur tidak terlalu ramai sehingga wisatawan bisa mengambil gambar dengan puas.

What to bring : 

  • Jika berkunjung ke Borobodur pada siang hari, sebaiknya siapkan penutup kepala, karena cahaya matahari begitu menyengat.
  • Kamera
  • Air Minum

Do :

  • Berburu Borobudur Sunset dan Borobudur Sunrise
  • Menggunakan alas kaki yang nyaman
  • Menikmati relief dan mendengarkan pemandu menceritakan kisah-kisah tentang Candi Borobudur.
  • Berfoto dengan background pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Don’t : 

  • Memakai Celana Pendek dan Rok Mini
  • Merokok di Area Candi
  • Melakukan Corat-Coret
  • Duduk dan Memanjat Stupa

Tulis Komentar