Wisata Pantai

Nikmati Romantisme Senja di Jogja dari Tepi Pantai Indrayanti

Tak banyak yang tahu, pantai ini sebenarnya memiliki nama "Pantai Pulang Syawal"

Jogja tidak hanya menawarkan wisata budaya dan sejarah saja. Wisata alam di Jogja pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pegunungan sampai dengan pantai yang indah bisa kita temukan di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini. Jika sudah mulai bosan dengan keadaan kota yang ramai, Pantai Indrayanti bisa menjadi salah satu alternative tempat yang bisa dikunjungi untuk sekedar menenangkan diri.

Bernama Asli Pantai Pulang Syawal

Jika disebutkan nama Pantai Pulang Syawal, pasti tidak banyak orang yang tau tentang pantai tersebut. Padahal Pantai Pulang Syawal adalah nama resmi dari Pantai Indrayanti. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul ini memang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya adalah nama sebuah café atau restoran yang persis ada dipinggir pantai ini. Dan sampai saat ini nama Indrayanti lebih sering digunakan untuk menyebut pantai ini.

Pantai Indrayanti · Castle Paket Tour Jogja · Paket Wisata Jogja
Pemandangan Pantai Pulang Syawa yang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti dari atas bukit. Via: www.flickr.com. by Mohammad Suryanto

Romantisme yang Ditawarkan Pantai Indrayanti

Pasir putih yang kontras dengan birunya air laut adalah salah satu romantisme yang ditawarkan oleh Pantai Indrayanti. Suara deburan ombak yang menggerus gugusan pasir ditepi pantai juga semakin menambah suasana menjadi lebih romantis. Tidak ada salahnya untuk menceburkan diri dan mencoba untuk bermain ombak. Ombak di Pantai Indrayanti termasuk tidak terlalu besar dan cukup aman untuk dijadikan sebagai tempat bermain. Namun perlu dipatuhi juga rambu-rambu larangan atau batasan tempat mana saja yang boleh dijadikan sebagai tempat untuk bermain dan berenang. Karena salah satu penyebab sering terjadinya musibah di pantai adalah ketidak patuhan pengunjung terhadap peraturan yang ada. Seperti kata pepatah, lebih mencegah daripada mengobati kan?

Ada cara lain lagi untuk menikmati romantisme Pantai Indrayanti, yaitu dengan cara memanjat ke bukit karang ada disebelah barat pantai ini. Tidak terlalu sulit untuk sampai bisa ke puncak bukit karang tersebut. Selain tidak terlalu tinggi, sudah ada jalan yang bisa digunakan sampe keatas puncak. Dari puncak ini kita bisa memandang pasir putih dan birunya laut yang menghampar luas. Tidak hanya Pantai Indrayanti saja yang bisa dilihat dari tempat ini, tetapi juga pantai-pantai lain yang ada disekitarnya seperti Pantai Watu Lawang.

Namun untuk yang tidak terlalu suka bermain ombak dan pasir. Berjemur bisa menjadi aktivitas yang bisa dilakukan sembari meminum es kelapa muda dan menikmati suara deburan ombak.

Pantai Indrayanti · Castle Paket Tour Jogja · Paket Wisata Jogja
Dapatkan kesan mendalam dengan bersantai di Gazebo sambil memesan minuman dingin dan menikmati deburan ombak. Via: boeztanoel21[dot]blogspot[dot]com

Sunset dan Dinner Romantis

Tidak lengkap rasanya jika datang ke Pantai Indrayanti namun tidak mencicipi kuliner seafoodnya di Restoran Indrayanti. Resto ini menawarkan konsep resto pantai terbuka dengan gazebo-gazebo cantik seperti yang biasa ditemui di Bali. Dari resto ini kita bisa melihat langsung pemandangan kearah laut lepas. Sambil menikmati makanan dan minuman yang ada kita juga akan ditemani suara deburan ombak yang sangat menenangkan. Tapi waktu yang paling tepat untuk menikmati suasana romantis Pantai Indrayanti adalah pada sore hari menjelang malam pada saat matahari hendak tenggelam. Masih kurang romantis apa kalau bisa makan ditepi pantai ditemani suara deburan ombak yang bersahut-sahutan dan ditambah cantiknya langit senja?

Pantai Indrayanti · Castle Paket Tour Jogja · Paket Wisata Jogja
Menikmati sunset nan romantis dari tepian Pantai Indrayanti. Via: Flickr[dot]com by Rheza Joshua
Perjalanan jauh ke Pantai Indrayanti akan terbayar semua dengan pemandangan indah dan romantisme yang bisa kita dapatkan. Ada satu peraturan unik yang ada di Pantai Indrayanti, setiap pengunjung yang tertangkap basah membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda.

Yakin masih enggak mau ke Pantai Indrayanti?

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu Operasional : 24 jam setiap hari.

HTM : Rp 10.000/orang, usia dibawah 5 tahun gratis.

Fasilitas: Tempat parkir, Penginapan, Restoran, Toilet, Sewa pelampung, Sewa tikar, Sewa payung.

Aktifitas:

  • Menikmati keindahan pantai.
  • Bermain ombak.
  • Berenang (terbatas).
  • Wisata kuliner.
  • Menikmati sunset.
  • Berjemur.
  • Volley pantai

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat : Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Telepon : –

Website : Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak Pantai Indrayanti dari 0 KM Yogyakarta sekitar 67 km dan dapat ditempuh kurang lebih selama 2 jam. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Cara paling gampang menuju kesana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil. Rute yang bisa diambil dari kota adalah 0 KM – Jalan Wonosari – Piyungan -Bukit Bintang -Patuk -Hutan Bunder -Wonosari – ke kanan/selatan ambil kawasan Karangrejek – belok kiri/timur menuju Hargosari – Bintaos –Tepus sampe dengan rambu berikutnya. Jika menggunakan kendaraan umum, naik bus jurusan Jogja-Wonosari dari Terminal Giwangan. Setelah itu dilanjutkan dengan bus kecil jurusan Wonosari-Tepus. Sampai di Tepus perjalanan harus dilanjutkan dengan ojek karena sudah tidak ada lagi angkutan umum yang sampai ke pantai.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best Time to Visit : Pagi hari (belum terlalu panas), sore (sudah tidak terlalu panas sekalian nunggu sunset)

What to bring : baju pantai, kacamata, sunblock, baju ganti, peralatan mandi, kamera.

Do : Bermain ombak, berjemur, menikmati keindahan pantai dari atas bukit karang, mencicipi seafood di restorannya, melihat sunset

Don’t : Membuang sampah sembarang, datang pada saat libur panjang, berenang ditempat yang sudah dilarang

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

 

Write A Comment