Kaliurang Jogja: Wisata Puncak Cisarua ala Jogja

Untuk kita yang menyukai hawa yang dingin dan jauh dari panas terik matahari, Taman Wisata Kaliurang Jogja akan hadir dan menjadi sebuah pilihan yang menyenangkan. Terletak di kaki gunung merapi sekitar 23 kilometer dari pusat kota, perjalanan ke Kaliurang tergolong cepat dan mudah. Cepat karena tidak terlalu jauh dan mudah karena kita hanya perlu menelusuri Jl.Kaliurang ke arah utara tanpa perlu banyak berbelok dan bertanya arah.

Taman Rekreasi Kaliurang menyajikan hawa sejuk yang serupa dengan yang biasa kita temui di Puncak, Bogor. Hanya perlu membayar biaya retribusi yang sangat murah, kita dapat menjelajahi tempat ini dengan sesuka hati. Terdapat banyak warung makan, penginapan, dan vila yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan kita beserta rombongan. Vila di Kaliurang juga sering dimanfaatkan oleh instansi, kampus, sekolah, dan komunitas di sekitar Yogyakarta untuk berkumpul dalam acara retreat, lokakarya maupun sekedar malam keakraban. Penginapan dan vila yang tersedia pun hadir dengan harga yang variatif dan tergolong murah untuk takaran sebuah tempat wisata. Sesampainya di tempat ini, mungkin pilihan yang paling tepat adalah jajan sate kelinci di warung-warung yang dapat kita temukan di pinggiran jalan.

Kaliurang Jogja
Kaliurang Jogja

Menyaksikan Jathilan di Tlogo Putri Agar Budaya Tetap Lestari

Tlogo Putri yang berada di dalam kawasan ini adalah sebuah embung yang juga menyewakan wahana kano dan bebek air yang cocok bagi kita yang datang dengan membawa buah hati. Tak hanya itu, kita juga dapat menaiki kereta wisata untuk diajak berputar-putar mengitari kawasan Taman Rekreasi Kaliurang. Berbagai wahana permainan lain yang tak kalah menariknya juga dapat kita temukan dengan mudah di tempat ini. Apabila kita beruntung, kita dapat menemukan monyet liar duduk dengan santainya seolah tidak peduli dengan kedatangan kita. Jangan tersinggung dulu, mereka hanya terbiasa dengan manusia dan bukan menganggap kita sebagai rekan sejenisnya. Berbagai kegiatan kesenian jawa juga kerap ditampilkan di sebuah panggung mulai dari Campursari, Kubro Siswo, Dangdut, dan Orkes Melayu yang ditampilkan secara bergantian sesuai dengan jadwal. Tidak kalah menariknya, apabila kita datang di waktu yang tepat kita dapat menyaksikan pagelaran Jathilan yang begitu asing namun menakjubkan.

Mengintip Goa Jepang Kaliurang Jogja

Masih di lokasi yang sama, kita dapat juga berkunjung ke Goa Jepang yang konon pada masanya berfungsi sebagai tempat berlindung tentara Jepang dari gempuran tentara sekutu. Goa yang masih dipertahankan orisinalitasnya dan tanpa penerangan sama sekali ini dapat kita kunjungi tanpa rasa takut karena ada pemandu yang siap menuntun langkah kita dalam kegelapan. Selain sebagai pemandu informasi, para pemandu juga akan menyediakan beberpa alat yang berguna sebagai penerangan ketika berada di dalam goa. Goa peninggalan Jepang ini terlihat sangat eksotis. Letaknya yang berada di pegunungan membuat udara di tempat ini terasa sangat sejuk. Apalagi, pengunjung dapat melihat kawanan monyet di habitat alaminya. Pengunjung akan mendapatkan dua manfaat sekaligus jika berkunjung ke kompleks wisata ini.

Sekedar Duduk dan Menikmati Sajian Hangat Sembari Bercengkrama

Bosan berkeliling dan ingin menghabiskan waktu sembari bercengkrama, terdapat banyak warung yang dapat menampung kita. Dari mulai warung makan pinggir jalan hingga pedagang kaki lima siap meracik berbagai sajian makanan dan minuman yang mengobati dahaga serta rasa lapar kita. Selain itu terdapat juga sebuah tempat nongkrong yang cukup populer di kalangan pemuda yaitu Kedai Poci Astomulya yang siap sedia menyajikan sajian hangat berselera untuk mengobati dinginnya udara malam. Tentunya wedhang ronde, susu murni, maupun teh poci merupakan perbekalan yang cukup menawarkan kenikmatan untuk bercengkrama bersama kawan, pasangan, maupun sanak saudara.

Jangan lupa membeli jadah tempe khas kaliurang untuk di santap sambil minum kopi di dalam villa atau untuk sekedar oleh-oleh kepada kerabat di rumah.  Jadah tempe adalah salah satu makanan tradisional khas Sleman yang rasanya belum lengkap jika datang ke Kaliurang tidak mencicipi makanan ini. Jadah tempe tidak akan anda temui di sembarang tempat di kota Yogyakarta karena makanan ini khas Kaliurang dan sangat terkenal hanya ada di sekitar tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini. Jangan sampai lupa mencipipi ya. (*)

Author : Pradipta Akoso | Editor : Ajeng Darmista

INFORMASI WISATA

Waktu Operasional : 

HTM : 

  • Retribusi Rp.2000,-/kepala
  • Motor Rp.1000,-
  • Mobil Rp. 2000,-

Fasilitas : Penginapan, warung makan

Aktivitas : Pertunjukan kesenian tradisional

LOKASI

Alamat : Jl. Kaliurang, Hargo Binangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak dari 0 Km 23 kilometer (45 menit)

Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Menuju Ke Sana Menyusuri Jl. Kaliurang hingga sampai ke pos retribusi

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

REKOMENDASI TRIPJOGJA

Best Time to Visit : Sore hari dan malam hari

What to bring : Pakaian hangat

Do : Menikmati sajian hangat di antara dinginnya malam.

Don’t : Mengganggu monyet karena walaupun cukup jinak mereka dapat menjadi cukup ganas ketika diganggu.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu