Goa Kiskendo: Mengamati Kondisi Dunia di Dalam Tanah

Di barat Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Gunungkidul terdapat sebuah goa yang berpotensi memuaskan hasrat berlibur kita. Goa yang terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota ini dapat kita kunjungi dengan berkendara selama sekitar 1,5 jam dengan menempuh rute Jl. Godean hingga akhirnya melewati Nanggulan. Selama berada di dalam perjalanan, sesekali kita akan dihadapkan oleh pemandangan perbukitan menoreh serta hamparan sawah yang memang sudah mulai sulit ditemukan di wilayah pekotaan Yogyakarta. Untuk anda yang kebagian jatah untuk mengemudikan kendaraan, jangan terlalu terpana pada pemandangan karena medan yang akan dihadapi cukup berkelok-kelok serta kondisi kemiringan yang menanjak sehingga harus selalu berhati-hati.

Goa Kiskendo
Goa Kiskendo

Beberapa penunjuk jalan akan memandu kita untuk sampai ke lokasi goa sepanjang 600 meter  yang hendak kita kunjungi. Untuk sampai di pintu masuk Objek Wisata Goa Kiskendo sendiri kita harus menuruni puluhan anak tangga. Teduhnya suasana serta sejuknya udara yang kita hirup pun menghadirkan ketenangan batin yang sedikit mengobati rasa penasaran kita terhadap rupa Goa Kriskendo yang sebenarnya. Tembok di sebelah pintu masuk sendiri bercerita melalui sajian relief cerita legenda kuno yang menarik untuk dicermati sebelum melanjutkan perjalanan masuk.

Mengamati Kondisi Dunia di Dalam Tanah Goa Kiskendo

Berbagai rupa stalaktit dan stalagmit berusia ribuan tahun dapat dengan mudah kita saksikan di tempat ini. Kita akan melewati jalan setapak yang secara otomatis menuntun langkah rombongan kita untuk menyusuri goa ini sehingga sebenarnya tenpa kehadiran pemandu sekalipun kemungkinan tersesat sangatlah kecil. Tentunya kita pun harus merasakan tetesan-tetesan air dari stalaktit yang berada di atas kita sedikit membasahi tubuh. Sensasi yang umum kita rasakan ketika kita melakukan jelajah goa. Kita juga akan menemukan stalaktit yang berbentuk cukup unik karena menyerupai lidah yang erat dihubungkan dengan mitos yang dipercaya masyarakat tentang asal muasal Goa yang dulunya menjadi tempat tinggal raksasa. Di beberapa titik, kita harus menunduk untuk dapat lewat dengan selamat tanpa harus terbentur oleh stalaktit di bagian kepala.

Lekat dengan Mitos dan Mistis

Selain susur goa, masyarakat juga datang ke tempat ini untuk melakukan pertapaan guna memperlancar keinginan-keinginan dalam hidup. Tedapat setidaknya 3 lokasi pertapaan yang dibagi berdasarkan keinginan yang diharapkan menjadi nyata. Pertapaan Kusuma, mengacu pada sebuah tempat khusus untuk meminta kelancaran dalam karir dan pekerjaan. Pertapaan Ledher sebagai tempat bermeditasi untuk mengukuhkan keinginan seseorang dalam menjadi seniman ledher. Sedangkan Santri Tani, merupakan sebuah tempat meditasi untuk memohon hasil panen melimpah pada yang kuasa. Terlepas perihal pertapaan itu sendiri, Goa Kriskendo menjadi saksi tentang bagaimana bangsa kita pun kaya dengan ragam warisan budaya yang seharusnya dapat dilestarikan dengan baik.

Goa Kriskendo merupakan salah satu objek wisata yang dapat menggugah rasa penasaran kita terhadap kondisi di dalam bumi lengkap dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau mata. Beririsan erat dengan perihal tentang sejarah dan budaya, Goa Kriskendo yang mengandung banyak cerita tentang mitos dan mistis akan menjadi sebuah destinasi yang luar biasa yang fantastis!(*)

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

INFORMASI WISATA

Waktu operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB

HTM: Rp 3.000/orang

Fasilitas: Tempat parkir

Aktivitas: Susur goa, meditasi.

LOKASI

Alamat: Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta

Telepon (0274) 6429662

Map :

Jarak dari 0 KM: Jarak Ga Kiskendo dari 0 KM Jogja sekitar 38 km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : Jika menggunakan kendaraan umum maka Anda akan berhenti di desa Niten dekat Kecamatan Girimulyo, dari tempat ini jarak yang harus ditempuh masih sekitar 8 km. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat akan berhenti di dekat area Goa Kiskendo,. Yang perlu diingat adalah jalan yang menanjak dan sempit maka kondisi kendaraan harus dalam kondisi yang prima dan sopir yang mengetahui medan jalan.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

REKOMENDASI TRIPJOGJA

Best time to visit: Pagi Hari

What to bring:

  • Senter tambahan untuk mengantisipasi kondisi gelap karena minim penerangan di dalam goa.
  • Pakaian ganti untuk berjaga-jaga apabila pakaian kita kotor karena kegiatan susur goa.
  • Handuk kecil untuk mengeringkan keringat

Do: Menyusuri goa dengan aman

Don’t: Melakukan vandalism di area Goa, Meninggalkan sampah di dalam Goa Kiskendo.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu