Alun-alun Kidul Jogja [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Alun-alun Kidul Yogyakarta, juga dikenal sebagai "Alkid" oleh penduduk setempat, adalah salah satu tempat wisata terkenal di Yogyakarta. Terletak dekat dengan pusat kota, alun-alun ini menawarkan pemandangan yang indah dan nuansa kebudayaan yang khas. Dengan pepohonan yang rindang dan hiasan lampu yang indah, alun-alun ini menjadi tempat yang populer bagi wisatawan yang ingin merasakan kehidupan malam di Yogyakarta Berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata ini:

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Alun Alun Kidul Jogja terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Alun-Alun Selatan, Patehan, Kecamatan Keraton, Yogyakarta. Tempat wisata ini terletak di sebelah selatan Keraton Yogyakarta dan dekat dengan Pasar Gading.

Cara Akses dari Pusat Kota Jogja

Untuk mencapai Alun Alun Kidul Jogja, wisatawan dapat menggunakan berbagai jenis transportasi, seperti angkutan umum, ojek, atau taksi. Jika menggunakan angkutan umum, dan titik Anda berangkat adalah pusat kota di Malioboro, wisatawan dapat naik TransJogja dengan rute 1A, 2A, 3A, 10 dan turun di halte depan Benteng Vredeburg. Dari sana, Alun Alun Kidul Jogja dapat dijangkau dengan berjalan kaki, menggunakan becak, taksi online, atau ojek online. 


Alun Alun Kidul Jogja buka 24jam setiap hari
Tidak ada tiket masuk di Alun-alun Kidul Jogja. Anda tinggal datang saja untuk menikmati aktivitas di sana. Akan tetapi, Anda perlu membayar untuk mencoba sepeda wisata atau odong-odong atau sekedar membeli kudapan dan jajanan yang banyak dijual di sekitar Alun-alun Kidul.
Ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Alun Alun Kidul Jogja. Beberapa di antaranya adalah masangin (melewati beringin kembar yang ada di Alun-alun Kidul), bermain kembang api, bersepeda, naik odong-odong, bermain sepatu roda, atau menikmati jajanan kaki lima yang dijual di sekitar alun-alun.
Untuk menikmati liburan yang menyenangkan di Alun Alun Kidul Jogja, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jangan memasuki area yang dilarang atau berbahaya, seperti area yang dipasangi pagar atau tanda peringatan.
  • Patuhi aturan dan petunjuk yang ada di tempat wisata.
  • Jangan membawa barang berharga atau uang tunai dalam jumlah besar ke tempat wisata.
  • Selalu waspada terhadap orang yang mencurigakan di sekitar tempat wisata.
  • Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas bersepeda, Alun Alun Kidul Jogja menyediakan sepeda yang dapat disewa dengan harga terjangkau. Namun, sebaiknya memperhatikan keselamatan saat bersepeda dan menghindari area yang berbahaya.
Baca Juga:  Pantai Nglambor [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas
Untuk berkunjung ke Alun-Alun Kidul Jogja, sebaiknya wisatawan membawa perlengkapan yang nyaman seperti :
  • alas kaki yang sesuai untuk aktivitas di luar ruangan
  • topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari jika Anda mengunjungi Alun-alun Kidul di siang hari
  • kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah di Alun-alun Kidul
  • Uang tunai dengan nominal kecil dan besar dalam jumlah yang cukup untuk memudahkan transaksi seperti membayar makanan, sepeda wisata
Baca Juga:  9 Tempat Nongkrong Hits yang Wajib Kamu Datangi di Jogja

Pertanyaan Wisatawan Seputar Alun Alun Kidul

Apakah ada panduan wisata di Alkid Jogja?

Tidak ada panduan wisata resmi yang disediakan di Alkid Jogja, namun pengunjung dapat mengikuti tur yang disediakan oleh pemandu wisata yang ada di sekitar area tersebut.

Apakah ada batasan umur untuk masuk ke Alkid Jogja?

Tidak ada batasan umur untuk masuk ke Alkid Jogja. Namun, bagi pengunjung yang membawa anak-anak di bawah umur diharapkan untuk selalu mengawasi anak-anak mereka.

Apakah Alkid Jogja dapat diakses oleh orang dengan kebutuhan khusus?

Ya, Alkid Jogja dapat diakses oleh orang dengan kebutuhan khusus. Namun, beberapa area mungkin tidak dapat diakses karena akses yang terbatas.

Gallery Foto Alkid Yogyakarta

Kesimpulan

Kesimpulannya, Alun Alun Kidul Jogja adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta apalagi pada malam hari. Selain lokasinya yang strategis, harga tiket masuk yang terjangkau dan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan membuat Alun Alun Kidul Jogja menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat. Bagi wisatawan yang mencari paket wisata jogja yang murah dan berkualitas, cek penawaran dari tripjogja untuk mendapatkan penawaran terbaik.

5/5 - (6 votes)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram