Teras Malioboro: Wajah Baru Malioboro 2022, Fasilitas, Rute, Lokasi

5/5 - (1 vote)

Teras Malioboro: Wajah Baru Malioboro 2022, Fasilitas, Rute, Lokasi

teras malioboro
Wajah baru Malioboro Jogja 2022. Sumber: Tripnesia.id

Kapan terakhir kali kamu ke Malioboro? Sudah tahu perubahan terkininya dengan adanya Teras Malioboro ?

Musim pandemi yang sudah berjalan lebih dari dua tahun tak membuat Malioboro untuk terus berbenah. Sebagai salah satu tujuan wisata utama di Jogja, Malioboro membawa sesuatu yang fresh bagi wisatawan di tahun 2022 ini yaitu Teras Malioboro. 

Sekilas tentang Malioboro

teras maliboro 1
Malioboro pasca relokasi pedagang PKL. Sumber: tripnesia.id

Malioboro yang berada di Jalan Malioboro menjadi ikon wisata Jogja legendaris. Rasanya tak lengkap ke Jogja jika tidak berkunjung ke tempat ini. Kamu bisa menemui berbagai macam toko dari mulai kerajinan tangan, oleh oleh, kerajinan kulit, produk pakaian, aksesorik, perak, disepanjang perjalanan. 

Kamu dapat menemukan berbagai fasilitas di Malioboro dari mulai pusat informasi wisata, tempat ibadah, tempat parkir, pos polisi, dan tempat makan dengan harga variatif. Tersedia pula hotel dan penginapan yang bisa kamu pilih untuk ditinggali selama liburan.

Baca Juga:  Ayam Goreng Jogja: Berbagai Sajian Ayam Goreng Siap Puaskan Laparmu

Selain itu Malioboro juga terkenal dengan pedagang kaki lima, warung lesehan di malam hari, serta kumpulan seniman-seniman menghibur para pejalan kaki. Penampilan musik, pantomin, melukis, happening art, dan lain-lain bisa kamu temui di sepanjang jalan Malioboro. 

Untuk masuk ke kawasan Malioboro kamu tidak perlu membayar tiket, kecuali bagi yang mengendarai kendaraan pribadi perlu membayar biaya parkir saja. 

Teras Malioboro

Teras Malioboro 1 di bekas gedung Bioskop Indra
Teras Malioboro, wajah baru Ikon Belanja di Jogja. Sumber Tripnesia.id

Teras Malioboro menjadi wajah baru dari Malioboro di tahun 2022 ini. Berlokasi di Gedung Bekas Bioskop Indra tepat sebrang Pasar Bringharjo untuk Teras 1 dan Teras 2 berada di Bekas Gedung Kantor Dinas Pariwisata DIY sebelah utara Kantor DPRD. 

Jika kamu sebelumnya pernah ke Malioboro, tentu sudah tau dengan trotoar yang dipenuhi oleh pedagang kaki lima yang berjualan bermacam oleh-oleh dan produk UMKM. Mulai tahun ini seluruh PKL tersebut sudah direlokasi ke Teras Malioboro. 

Kamu bisa menemukan bermacam produk UMKM dari mulai souvenir, fashion, batik, asesoris dari kulit, kerang, batu, dan masih banyak lagi produk-produk khas dari Jogja di Teras Malioboro. Menempati tempat baru, tentu saja membuat Malioboro menjadi lebih fresh dengan hadirnya Teras Malioboro, spot baru yang perlu kamu datangi di kunjungan selanjutnya di Jogja!

Baca Juga:  Mau ke Jogja Untuk Kedua Kali? Ini Dia 7 Rekomendasi Wisata Jogja Yang Harus Dikunjungi

Fasilitas terbaru di sepanjang Jalan Malioboro dan sekitarnya

fasilitas di Teras Malioboro
Selain Jalan Malioboro yang jadi ramah pejalan kaki. Teras Malioboro jadi fasilitas baru yang menyenangkan bagi pemburu kerajinan dan makanan, karena para pedagang kaki lima di Malioboro di relokasi semua kesini. Sumber: tripnesia.id

Berpindahnya seluruh PKL di Teras Malioboro membuat area trotoar untuk pejalan kaki benar-benar luas. Kamu kini bisa menemukan area pejalan kaki yang sangat nyaman dengan banyak spot tempat duduk dan tentu saja spot foto yang lebih beragam. 

Fasilitas bagi pejalan difabel juga kini tersedia di sepanjang jalan Malioboro. Selain itu spot duduk untuk menikmati pemandangan atau sekedar mengobrol juga lebih banyak. Membuat kamu semakin betah untuk berlama-lama berada di salah satu pusat keramaian di Jogja ini.

Rute dan lokasi Malioboro dari Bandara YIA dan Stasiun

bandara YIA kulonprogo
Bandara YIA Kulonprogo yang megah dan ikonik. Sumber tripnesia.id

Banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk menuju Teras Malioboro. Pertama tentu Kamu perlu sampai dulu di kota Jogja. Rute ke Malioboro pun cukup mudah apabila menggunakan kendaraan umum yaitu dari tugu Jogja kemudian berjalan lurus ke arah Stasiun Tugu, maka kamu sudah menemukan jalan Malioboro dengan tiang khasnya. 

Baca Juga:  Kampung Gerabah Kasongan: Berburu Perabotan Pecah Belah

Jika kamu bertolak dari kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Bali menggunakan pesawat, kamu perlu menempuh sekitar satu jam perjalanan hingga sampai Bandara YIA. Selanjutnya kamu bisa memilih opsi naik kendaraan umum seperti taksi online, atau kereta yang akan sampai di stasiun Tugu. Lokasi Malioboro berada di Jl. Malioboro, Gedong Tengen. 

  • Harga Taksi dari bandara YIA mulai dari Rp. 240.000*
  • Harga tiket kereta mulai dari Rp. 20.000*

*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Jika ke Jogja menggunakan kereta api, kamu perlu turun di Stasiun Tugu kemudian keluar dari pintu utama yang terletak di Timur. Setelah itu cukup berjalan kaki menyebrangi rel kereta api, maka kamu sudah sampai di kawasan Malioboro. 

Bagi kamu yang berada di Stasiun Lempuyangan, untuk mencapai Malioboro kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan becak, andong, atau ojek.

Tertarik untuk segera mengunjungi Teras Malioboro yang terbaru ini?

Segera cek kalender kosongkan hari libur dan segera agendakan meluncur ke Jalan Malioboro yuk!

ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram