OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Paling menyenangkan kalo nemu tempat makan enak & murah. Perasaan ini jugalah yang kami rasakan saat pertama kali nyoba Soto Pak Slamet yang terkenal di daerah Jogja bagian barat ini. Murah & enak!
Alamat: Jalan Bibis, Dusun Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Sleman. Telp: (0274) 7492830

Soto Pak Slamet – Mungkin warung soto ini tidak setenar nama besar Soto Kadipiro, tapi jika Anda cocok dengan citarasa khas Soto Kadipiro, kami yakin Anda juga pasti cocok dengan Soto Pak Slamet ini.

Ya, soto ini memiliki rasa khas yang identik dengan Soto Kadipiro. Tapi dalam beberapa hal, Soto Pak Slamet memiliki keunikan-keunikan lain yang tidak akan kita dapatkan di Kadipiro.

Apa itu?

Mari kita bahas satu-per satu 🙂

Soto Pak Slamet, Soto Enak & Segar yang Jogja Kadipiro Banget.

soto pak slamet gamping
Soto Pak Slamet mempunyai rasa yang mirip dengan Soto Kadipiro. Gurih & segar. Meski tidak setenar kadipiro, soto disini juga banyak dicari oleh masyarakat Jogja untuk wisata kuliner pagi hari.

Seperti yang kami tulis diatas, bahwa Soto Pak Slamet ini Kadipiro banget. Rasa yang indentik, enak, kuah segar & nikmat dengan suwiran ayam kampung yang pastinya bikin kuah kaldu di soto ini jadi lebih gurih.

Disajikan dengan porsi sarapan (baca: dibawah porsi normal pada umumnya, 1 porsi kurang, 2 kebanyakan, red). Meski tidak sesedikit porsi soto semarangan / soto kudus, untuk Anda yang hobi makan dengan porsi besar, rasa-rasanya wajib memesan minimal 2 porsi.

Di warung Soto Pak Slamet ini, Anda juga adakan disajikan lauk pauk pendamping makan soto. Ada sate ayam, tempe & tahu bacem, potongan ayam kampung, sate telur, dan banyak makanan ringan lainnya seperti kerupuk rambak dan rempeyek.

Sajian lauk pauk itu yang membuat kita jadi “auto comot” saat kita menikmati soto di warung ini. Bikin tambah napsu makan, pengennya ambil ini & itu.

Yang bikin rasanya lebih enak adalah: harganya yang murah. Jika dibandingkan dengan Soto Kadipiro yang lebih terkenal, soto disini jauh lebih murah harganya.

Per artikel ini diterbitkan, harga 1 porsi soto disini yaitu Rp. 12.000 / porsi. Harga ini lebih murah dibanding jika kita makan soto di beberapa warung soto yang sudah lebih terkenal di Jogja. Dan kita tetap akan mendapatkan citarasa soto yang enak & segar khas Jogja daerah Kadipiro.

soto pak slamet mejing
Nah ini dia… ayam potong, tahu bacem, dkk. Bikin makan tambah enak sekaligus bikin ga sadar comot sana sini, Tau-tau billnya jadi banyak :)) (via gudegnet)

 

Baca Juga:  10 Soto Paling Maknyus di Jogja
soto pak slamet Jogja
Suasana ramai di dalam warung, hampir dipastikan setiap pagi selalu ramai, apalagi weekend & musim libur.

Wajib Coba: Carang Gesing, Hidangan Penutup Tradisional.

Ada 1 yang paling spesial dari makanan-makanan di Soto Pak Slamet ini, yaitu CARANG GESING nya. Serius, ini istimewa enaknya…

Bagi Anda yang belum tahu carang gesing, ini adalah semacam kue tradisional khas Jogja – Jateng. Banyak kita temukan di pasar-pasar tradisonal atau toko yang menjual berbagai macam snack lokal / jananan pasar. Hampir mirip dengan nagasari / nogosari, tapi isinya hanya potongan pisang segar tanpa adonan tepung berasnya. Rasanya enak, segar & legit di lidah.

carang gesing di soto pak slamet
Carang gesing paling TOP. Jika kesini, wajib banget coba. Paling enak dimakan sebagai hidangan penutup. (via cookpad)

Menurut kami carang gesing disini adalah yang paling enak yang pernah kami coba. Disini kami biasa makan carang gesing sebagai hidangan penutup. Apalagi jika masih panas/hangat setelah diambil dari tempat pengukus. Rasanya selalu ngangeni & bikin kita jadi ingin terus kembali kesana.

Lokasi Warung Soto Pak Slamet Gamping

Alamat Soto pak Slamet ada di Jalan Bibis, Dusun Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Sleman. Telp: (0274) 7492830.

Jika Anda belum pernah, atau baru mau kesana, sebaiknya gunakan penunjuk arah di google map atau sejenis (peta menuju Soto Pak Slamet klik disini). Paling mudah menuju kesana melalui jalan Wates, tapi Anda bisa juga melalui jalan Godean untuk sampai kesana.

Patokan paling mudah adalah Anda akan melewati minimarket Ind*maret dan pastikan menyeberangi rel kereta api (jika lewat jalan wates), setelah melewati rel kereta Anda akan melihat sign tulisan menuju ke warung Soto Pak Slamet. Ciri paling mudah mengenali warungnya adalah parkiran mobil yang ramai dan hampir selalu penuh di pagi hari, apalagi saat weekend atau musim libur tiba.

Warung soto pak slamet
Warung Soto Pak Slamet, tampak dari luar mudah ditebak dengan banyaknya kendaraan di area parkir depan.

Harga Makanan & Minuman di Soto Pak Slamet

Soal harga, tak perlu khawatir. Seperti yang kami sampaikan diatas, harga makanan dan minuman di warung ini terbilang cukup murah & bersahabat dengan kantong.

Harga soto dengan nasi dicampur Rp. 12.000 dan minum teh hangat hanya Rp. 3.000. Sangat terjangkau! Bahkan carang gesing kesukaan kami disini harganya pun terbilang sangat murah, hanya Rp. 3000.

harga soto pak slamet
Harga bersahabat & murah.

Tapi sebenernya bagi kami, berapapun harganya tak masalah, yang penting murah. #eh :p

Ralat: Yang penting asal tidak overprice harga bukanlah sebuah masalah, selama citarasa tetap selalu terjaga. Karena rasa adalah kontji…

Tips Wisata Kuliner ke Soto Pak Slamet

Ada beberapa tips dari Tripjogja untuk Anda yang ingin kulineran ke warung Soto Pak Slamet.

  1. Datanglah pagi sebelum jam 8.

    Sebenernya sah-sah aja jika Anda ingin datang siang atau malam, toh warung ini buka sejak pukul 07.00 hingga 19.00 atau sehabisnya. Tapi umumnya di Jogja soto adalah menu sarapan, jadi menikmati soto disini tak ada salahnya disesuaikan dengan kearifan lokal. Dan datang sebelum jam 8 pagi adalah pilihan terbaik, selain masih fresh, warung ini lebih nyaman karena biasanya masih belum terlalu ramai dibawah jam 8 pagi.

  2. Pesan soto campur plus sajian potongan ayam.

    Menu khas disini adalah soto ayam kampung. Umumnya disajikan dicampur dengan nasi dan Anda boleh memilih tambahan menu opsional lainnya yang disajikan diatas meja. Pilihan Tripjogja jatuh pada potongan ayam sebagai lauk tambahan unutk semangkuk soto Anda.

  3. Jangan lupa tomat yang ada di sambalnya.

    Defaultnya, soto disini tidak pake tomat didalamnya. Bagi beberapa pecinta kuliner itu adalah suatu keharusan. Jika Anda pecinta pedas, tomat bisa Anda ambil di sambalnya, karena tomat disambalnya tidak ikut di uleg, tapi dipotong tipis-tipis. Perpaduan soto, sambal & tomat adalah suatu kesegaran yang hakiki.

  4. Minuman favorit = Jeruk hangat / es.

    Rasa es teh / teh hangat dimana-mana sih sama aja ya. Coba Anda pesan es jeruk / jeruk hangatnya, itu akan menambah kesegaran lidah setelah menyantap soto yang nikmat. Jeruknya kental dan tidak pelit, itu yang menjadi poin plus bagi kami.

  5. Carang Gesing sebagai hidangan penutup.

    Nah ini juga sebagai salah satu gong-nya makan soto disini. Bagi kami adalah suatu kewajiban untuk manikmati carang gesing disini setelah nyoto. Kadang harus sabar karena carang gesingnya selalu cepat habis diserbu pelanggan lain.

 

Last…

Memang Soto Pak Slamet yang berlokasi di Gamping ini belum setenar soto enak di Jogja lainnya seperti Soto Kadipiro, Soto Pak Soleh, Soto Pak Marto dll. Tapi menjadi satu kewajiban baru bagi kami jika ingin menikmati soto yang nikmat, segar & gurih di Jogja.

Jika Anda baru pertama kali ke Jogja & ingin berwisata kuliner, silahkan masukkan Soto Pak Slamet kedalam itinerary paket wisata Jogja yang Anda pilih di web Tripjogja. Bisa langsung hubungi Travel Advisor kami via chat WA disini atau telepon ke hotline kami disini >> +6281392313789. Pastikan Anda tidak melewati wisata kuliner khas Jogja di warung ini.

Yang sudah pernah mencoba kuliner Soto Pak Slamet, jangan lupa sharing pengalamannya di kolom komentar ya…

This Post Has 16 Comments

  1. Huaa perlu dicoba nih ! thx om infonya

    1. sama-sama kak, kapan2 dicoba ya

  2. waaah detail banget informasinya, bisa nih jadi salah satu list kuliner di Jogja. makasih min! 🙂

    1. siiip, sunmor boleh nih mampir nyoto dimari

    1. Hehehe, makasih kak. Semoga rekomendasi kuliner dari Tripjogja cucok terus yah. Sukses terus UNIK merch.

  3. Ngangenin banget ini sotonya….gurih dan seger…langganan almarhum bapak mertua saya….jozzz pokoke

    1. Yesss, pancen soto seger & enak iku mas.

  4. Mau nyobaaainnnn 😭😭

    1. wajiiiiib

  5. Sip kayanya nich ya, OmNic. Tunjukin tempatnya kalo sy ke Jogja ya, Om 😉

    1. Beressss juragannn. Emang sedep nih soto.

  6. Rempelo Ati diiris dikasih brambanh goreng yang banyak dan dikasih kecap…..uwowww biangeti

    1. Hahaha. Seleranya samaan nih

  7. lhoo deket ini dri kanoman, sarapan kesitu yuk om….

    1. Ayo kita agendakan om. Kapan selomu?

Leave a Reply

Close Menu