Ad
Ad
Ad
Travel Tips

10 Soto Paling Maknyus di Jogja

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Soto adalah salah satu kuliner khas yang ada di Indonesia. Makanan yang satu ini hampir bisa ditemukan diseluruh wilayah Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Satu daerah dengan daerah lainnya biasanya mempunyai resep soto yang berbeda-beda. Seperti soto Betawi yang menggunakan kuah santan atau tauto (soto khas Pekalongan) yang kuahnya dicampur dengan tauco sehingga mempunyai rasa yang lebih manis.  Selain tentu saja gudeg, di Jogja kita juga bisa berburu kuliner soto yang  tidak kalah lezat.

Berikut ini adalah 10 soto paling maknyus di Jogja.

1. Soto Bathok Mbah Katro

soto bathok mbah katro: www[dot]madangwae[dot]com
Soto Bathok Mbah Katro ini terletak disebelah utara Candi Sambisari di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.Daya tarik utama dari soto ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan bathok kelapa dan warungnya yang dibangun ditengah persawahan. Namun pada musim kering sawah-sawah tersebut akan berganti dengan kebun tembakau yang membuat suasananya menjadi berbeda.

Harga : Rp 6.000

2. Soto Kadipiro

soto kadipiro: www[dot]nesusanti[dot]com
Soto Kadipiro merupakan salah satu soto yang paling legendaris di Jogja. Warung soto yang berlokasi di dekat perempatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1921. Citarasa yang tidak berubah sejak dulu membuat soto ditempat ini menjadi salah satu favorit warga Jogja. Jika lebih ingin merasakan nuansa tempo dulunya kita bisa memesan Limun Sarsaparila yang sekarang sudah cukup langka.

Harga : Rp 15.000 – Rp 25.000

3. Soto Pak Marto Tamansari

soto pak marto tamansari: makanjogja[dot]com
Soto Pak Marto Tamansari ini sudah ada sejak tahun 1960. Dikenal dengan nama Soto Pak Marto karena diambil dari nama pemiliknya yaitu Bapak Martodimejo. Soto Pak Marto ini terletak sekitar 200 meter  sebelah barat Plengkung Tamansari. Salah satu ciri khas dari Soto Pak Marto ini adalah adanya babat sapi yang dimasak dengan bumbu manis yang mirip dengan bacem.

Harga : Rp 8.000 –  Rp 12.000

Baca juga : Mengintip Kesegaran Permandian Para Istri Raja di Tamansari

4. Soto Moneter

soto moneter: instagram24[dot]com
Soto yang terletak tidak jauh dari perempatan lampu merah Kotagede ini mempunyai nama yang cukup unik yaitu Soto Moneter. Alasan penamaan tersebut karena warung soto ini mulai dibuka pada saat Indonesia mengalami krisis moneter pada sekitar tahun 1998. Menu andalan dari Soto Moneter ini adalah soto sapi yang disajikan bersama dengan tempe goring, daun kemangi, dan lenthok.

Harga : Rp 8.000 –  Rp 9.000

Baca Juga : Berburu Perak dan Kisah Sejarah di Kota Tua-nya Jogja

5. Soto Djiancuk

soto djiancuk: santapjogja[dot]com
Untuk yang ingin menyantap soto tetapi di warung yang cukup artistik, Soto Djiancuk adalah tempat yang  tepat untuk didatangi. Soto Djiancuk terletak di Jalan PGRI 2 No. 59 Ngetisharjo, Kasihan, Bantul. Soto Djiancuk menyediakan soto khas dari Blitar. Ruangan didalam warung ini dihiasi dengan berbagai benda seni. Salah satunya adalah foto dari Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Harga : Rp 11.000 –  Rp 14.000

6. Soto Kemasan

soto kemasan: twitter[dot]com
Soto yang terletak di Jalan Ring Road Selatan, Singosaren, Yogyakarta ini sudah ada sejak tahun 1963. Warungnya cukup sederhana dan terletak didekat persawahan. Soto Kemasan menyajikan soto dengan taburan daun kemangi yang membuatnya menjadi wangi. Selain itu taburan tahu bacem yang menjadi pengganti daging sapi ini juga merupakan cirri khas dari Soto Kemasan.

Harga : Rp 4.000

7. Soto Sampah

soto sampah: jogja[dot]tribunnews[dot]com
Jangan dibayangkan jika soto ini terbuat dari sampah sungguhan. Disebut dengan Soto Sampah karena soto yang satu ini menggunakan lemak atau gajih sapi dicampur dengan bihun, kol,dan tauge yang disusun secara acak-acakan diatas piring. Warung Soto Sampah ini terletak di Jalan Kranggan tidak terlalu jauh dari Tugu Jogja.

Harga : Mulai Rp 4.000

8. Soto Sulung Stasiun Tugu

soto sulung stasiun tugu: jogja[dot]semberani[dot]com
Soto Sulung merupakan soto khas dari Pulau Madura yang berisi campuran daging dan jeroan yang ditambahkan dengan irisan telur dan siraman kuah yang cukup pekat dengan bumbu yang cukup terasa. Soto Sulung ini berada di ruko-ruko sebelah selatan parkiran Stasiun Tugu Yogykarta. Soto Sulung Stasiun Tugu ini sudah ada sejak tahun 1968 dan sudah mempunyai beberapa cabang di Jogja.

Harga : Rp 7.000 – Rp 11.000

Baca Jujga : Tugu Yogyakarta, Simbol Filosofis Semangat Perjuangan dan Alasan Untuk Terus Kembali ke Jogja

9. Soto Betawi H. Pitung

soto betawi h. pitung: tembi[dot]net
Soto Betawi H. Pitung terletak di Jalan Juminahan No. 12 Yogyakarta. Warung ini menjual soto khas Betawi yang disajikan dalam sebuah tungku aluminium dengan pemanas dibawahnya. Ciri khas dari soto Betawi adalah kuahnya yang menggunakan santan dan emping melinjo sebagai pelengkapnya. Rasa soto ini tidak kalah enak dengan soto-soto khas dari daerah lain.

Harga : Rp 7.000 – Rp 12.000

10. Soto Pak Soleh Al Barokah

soto pak soleh al barokah: eatjogja[dot]com
Soto Pak Soleh Al Barokah ini sudah ada sejak tahun 1952. Awalnya soto ini dijual dengan cara berkeliling kampung menggunakan pikulan. Soto Pak Soleh Al Barokah ini mempunyai rasa yang khas Jogja yaitu perpaduan antara manis dan gurih seperti rasa makanan di Jogja kebanyakan. Soto Pak Soleh Al Barokah ini terletak di Jalan Wiratama No. 84 Yogyakarta.

Harga : Muai Rp 10.000

 

Waaah ternyata  buanyakkkk banget yasoto maknyus di Jogja, jadi bikin perut laper dan pengen kulineran.

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

Tulis Komentar