Mengagumi Diorama Jogja Dibalik Lebatnya Hutan Pinus Puncak Becici Dlinggo

Puncak Becici Dlinggo, destinasi wisata yang masih terbilang baru ini mempunyai banyak sekali spot unik yang bisa Anda explore. Tempatnya yang sejuk dan mampu menawarkan pemandangan indah tidak boleh diewatkan begitu aja jika Anda sedang berkunjung ke Jogja.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan dan keistimewaan Jogja. Mulai dari menikmati romansa dan nostalgia di Malioboro, berpetualangan lava tour ala Rambo sambil menikmati kegagahan Gunung Merapi di Kaliurang, sampai dengan menikmati kecantikan sunset di Parangtritis yang terkenal dengan kemistisannya. Selain tempat-tempat tersebut masih ada satu tempat lagi yang bisa dikunjungi untuk menikmati diorama cantik Jogja, yaitu Puncak Becici yang terletak tidak terlalu jauh dari Kebun Buah dan Hutan Pinus Mangunan tepatnya di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Puncak Becici Dlingo
Puncak Becici Dlingo

Dari pertigaan menuju ke Kebun Buah Mangunan kita bisa mengambil jalan lurus melewati Hutan Pinus Mangunan sampai bertemu dengan pertigaan yang terdapat papan petunjuk menuju ke Puncak Becici. Dari pertigaan tersebut belok ke kiri sampai dengan papan petunjuk berikutnya. Spanduk besar bertuliskan “Selamat Datang di Puncak Pinus Becici” akan menyambut kita sebelum kita memasuki kawasan atau area parkir Puncak Becici.

Pemandangan Khas Hutan Pinus

Memasuki kawasan Puncak Becici kita akan suguhi dengan pemandangan pepohonan pinus yang berjajar rapi dan menjulang tinggi. Ditambah dengan udara yang cukup segar dan bersih di kawasan Puncak Becici ini akan membuat siapa saja nyaman dan betah berlama-lama ditempat ini. Namun berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, pohon-pohon pinus yang ada di kawasan Puncak Becici terlihat disadap atau diambil getahnya untuk dijadikan sebagai bahan terpentin. Hasil dari sadapan getah pohon pinus tersebut juga menghasilkan aroma yang sangat khas.

Dikelola Oleh Masyarakat Sekitar

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang sepenuhnya dikelola oleh masyarakat yang tinggal disekitar kawasan ini. Hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit berjalan kaki dari tempat parkir untuk bisa sampai ke Puncak Becici melewati jalan yang cukup rata dan tidak terlalu menanjak. Tanjakan hanya akan kita lalui sesaat sebelum sampai ke puncak. Jalanan menuju ke puncak saat ini tengah diperbaiki dengan menutup tanah dengan bebatuan agar lebih mudah dilalui oleh pengunjung. Selama perjalanan menuju ke puncak kita juga akan menjumpai beberapa kursi sederhana yang terbuat dari pohon pinus yang roboh yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat, ayunan, sampai dengan gazebo.

Persawahan Hijau Dengan Latar Belakang Merapi

Sampai di Puncak Becici kita bisa menyaksikan pemandangan terasering persawahan yang ada dibawah puncak dan perbukitan kecil yang tertutup oleh awan pada pagi hari. Jika cuaca sedang dalam keadaan cerah, Gunung Merapi juga akan menampakan kegagahannya. Sementara itu melihat kearah barat kita bisa menyaksikan Perbukitan Menoreh yang berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Cara terbaik untuk menikmati semua keindahan yang ada di Puncak Becici ini adalah dengan menaiki rumah pohon yang ada ditempat ini. Dari rumah pohon ini kita bisa mendapat jangkauan pemandangan yang lebih luas.

Namun perlu diperhatikan untuk masalah keselamatannya karena ditempat ini belum ada penjaga atau petugas yang bisa mengawasi seluruh pengunjung yang ada. Selain itu pihak pengelola juga belum menyediakan alat keselamatan bagi pengunjung yang ingin naik ke panggung atau rumah pohon tersebut. Namun bagi yang punya phobia atau punya ketakutan dengan ketinggian, ditempat ini juga tersedia kursi-kursi kayu yang bisa digunakan untuk menikmati indahnya pemandangan sambil merasakan segarnya angin yang sepoi-sepoi. Sementara pada sore hari kita bisa menantikan pemandangan matahari terbenam yang cantik karena bukit ini menghadap kearah barat.

Harga Tiket Puncak Becici Dlinggo

Bagi rekan – rekan yang ingin berkunjung ke Puncak Becici, rekan rekan akan dikenakan biaya masuk untuk parkir saja. Yaitu sejumlah Rp. 10.000 untuk parkir mobil dan Rp. 3.000 untuk parkir motor.

Fasilitas di Puncak Becici Dlinggo

Adapun beberapa fasilitas yang di sediakan adalah seperti berikut:

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Tempat Makan
  • Gazebo
  • Tempat Berkemah
  • Gardu Pandang / Rumah Pohon

Aktifitas di Puncak Becici Dlinggo

Adapun beberapa aktifitas yang dapat dilakukan di Puncak Becici Dlinggo adalah seperti menikmati Sunset, menikmati peandangan alam, tackking dan melihat kebuh buah.

Jarak Puncak Becici dari 0 Km Jogja

Jarak dari 0 KM Jogja: Jarak Puncak Becici dari O KM Jogja sekitar 28 km dan dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Rute Menuju Puncak Becici Dlinggo

Rute yang bisa dipilih untuk menuju ke Puncak Becici adalah melalui Jalan Imogiri Barat atau Imogiri Timur, sampai di pertigaan setelah Pasar Imogiri ambil rute yang kearah Makam-makam Raja Imogiri. Sebelum Makam Imogiri ada pertigaan lalu ambil kearah kanan sesuai dengan petunjuk yang ada. Setelah itu ikuti jalan yang menanjak terus sampai pertigaan menuju ke Kebun Buah Mangunan kita bisa mengambil jalan lurus melewati Hutan Pinus Mangunan sampai bertemu dengan pertigaan yang terdapat papan petunjuk menuju ke Puncak Becici. Dari pertigaan tersebut belok ke kiri sampai dengan papan petunjuk berikutnya

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Maps :

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu