Hutan Pinus Jogja, Spot Foto Hits Kekinian untuk Millennials

Hutan Pinus Jogja kini menjadi destinasi hits yang kerap didatangi para wisatawan, baik untuk sekedar berlibur atau pun berfoto-foto. Salah satu hutan pinus yang hits, ada Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta.

Lokasi Wisata Jogja satu ini menjadi tempat yang romantis, dengan pohonnya yang menjulang tinggi dan masih alami. Dahulu sebelum dijadikan destinasi wisata, hutan ini merupakan tempat yang tandus. Kawasan ini dulunya banyak yang eksploitasi kayu-kayu yang cukup besar, hingga dilakukannya reboisasi karena tandus tersebut.

Hutan Pinus Jogja
Image by : @agusfahrl_k

Hingga ditanami pohon pinus dan pohon lainnya yang tak hanya berguna sebagai hutan lindung saja. Hutan ini merupakan salah satu hutan yang dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Di lokasi ini, Kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati aroma alam yang masih sejuk dan segar , bisa juga mendengarkan burung yang saling bersahutan.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Hutan Pinus Jogja
Image by @radegundis_roro

Fasilitas penunjang di Hutan Pinus Mangunan juga cukup memadai. Ada beberapa fasilitas yang bisa Kamu gunakan, meliputi:

  • Area Parkir
  • Tempat sampah
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Jam Buka Hutan Pinus Jogja
Image by @istiq_kosongempat

Tempat ini dapat dikunjungi setiap hari dengan jam buka Hutan Pinus Jogja pukul 07.00 sampai pukul 17.30. Aktivitas yang dapat Kamu lakukan di lokasi ini diantaranya:

  • Hunting Spot Foto yang Kece

Spot foto terbaik di Hutan Pinus Mangunan diantaranya bermain ayunan warna-warni yang bergelantungan di antara pepohonan. Selain itu, ada juga kursi kayu disediakan untuk bersantai menikmati sejuknya hutan pinus ini.

Pohon pinus yang tumbuh teratur, bisa dijadikan sebagai tempat berteduh. Sekaligus menjadi spot candid yang super ok. Ada juga rumah pohon, spot unik ini bagus untuk dijadikan tempat berfoto. Dari atas sini, kamu bisa menikmati pemandangan yang di bawahnya.

  • Berteduh di Gazebo

Gazebo bisa digunakan untuk berteduh saat hujan turun. Pun, bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk bercengkrama dengan pasangan atau keluarga. Nikmati juga kudapan ringan sembari merasakan nuansa alam yang kental.

  • Menyaksikan Pertunjukan Seni

Hutan ini cukup unik karena memiliki panggung pertunjukan yang dikelilingi oleh bangku yang melingkar. Kalau Kamu beruntung, akan mendapati pertunjukan seni yang digelar di tempat ini. Seperti musik, teater, dan sebagainya.

  • Melihat Situs-Situs Bersejarah

Petilasan Sunan Kalijaga dan Syeh Jenar, Watu tumpang, dan masih banyak lagi situs kuno yang ada di Hutan Pinus Mangunan. Watu tumpang sendiri merupakan batu yang tertopang oleh batu di bawahnya.

  • Camping

Tidak lengkap rasanya kalau ke Hutan Pinus Jogja tanpa bermalam. Buat Kamu yang suka petualangan, wajib untuk melakukan camping. Kamu bisa membawa peralatan berkemah seperti dome dari rumah. Namun, jika tidak, Kamu bisa menyewanya di tempat wisata ini.

Lokasi dan Rute Perjalanan Hutan Pinus Jogja

Lokasi Hutan Pinus Jogja
Image by @dindaprtw_gunawan

Hutan Pinus Jogja Mangunan terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk rute Hutan Pinus Jogja bisa ditempuh dengan memulai perjalanan dari arah pusat jogja. Setelah itu, ambil saja arah ke Jalan Imogiri Timur, kemudian lurus sampai ke pertigaan Imogiri.

Setelah itu, ada pertigaan belok kanan ke arah Desa Mangunan. Dari pertigaan belok kiri ke arah hutan pinus. Sudah sampai, deh, gampang bukan? Jarak tempuh tempat ini dari arah pusat jogja 24 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Tiket Masuk Hutan Pinus Jogja

Harga Tiket Hutan Pinus Jogja
Image by @ygntnk

Harga tiket masuk Hutan Pinus Jogja yang dibanderol sangatlah murah. Kamu bisa cek di bawah ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 2.500,- / orang
Parkir Sepeda MotorRp. 3.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
Parkir BusRp. 10.000,-
CampingRp. 10.000,-
Sewa Peralatan CampingRp. 50.000,-
Foto Pre-WeddingRp. 50.000,-

Untuk Kamu yang hobi berfoto, Hutan Pinus Jogja Mangunan sangat direkomendasikan. Dengan hasil foto yang instagramble banget, akan menjadikan kebanggan sendiri buat Kamu. Bagi Kamu yang yang tidak ingin hanya berlibur di sini, Kamu bisa mengambil paket wisata  jogja di tripjogja.co.id.

Dekat lokasi ini, ada juga Kebun Buah Mangunan dan Pemakaman Imogiri. Kamu bisa sekaligus mendatangi tempat tersebut. Ayo beritahu teman-teman kalian untuk ramai-ramai mendatangi tempat ini dengan cara share artikel ke medsos. Jangan sampai sendirian ya datang ke tempat ini. Selain bikin gigit jari, juga tidak ada yang bisa motoin Kamu, deh.

Leave a Reply

Close Menu