10 Tempat Wisata Jogja yang Bikin Dompet Tetap Tersenyum, Favoritmu Mana?

Mendengar tentang Jogja, pastinya yang terbayang adalah kota yang identik dengan budaya yang kental. Pun, terlintas di benak derap langkah ratusan ribu pelajar yang merantau demi menamatkan tujuan. Pada sisi lainnya, ada tempat-tempat cantik nan menarik yang kerap menjadi destinasi traveling pilihan. Ya, wisata Jogja  memang selalu menarik untuk dibahas.

Nah, Kota Jogja ini selalu melakukan pembenahan demi memanjakan wisatawan. Tak heran jika kota ini berani mengukuhkan diri menjadi surganya pecinta budaya di Jawa. Hal ini juga lah yang menjadikan tempat wisata Jogja selalu masuk pada daftar lokasi yang dirindukan. Untuk itu, mulai sekarang Kamu bisa merencanakan liburan ke tempat-tempat wisata ini!

Keraton Jogja, Mengulik Jejak Kejayaan Tanah Jawa

Keraton Jogja
Image by : @ell_purnama

Wisata Jogja yang satu ini sangat populer dan kerap masuk pada list pertama itinerary liburan. Tempat ini menyajikan ragam saksi bisu kerajaan di masa lampau. Kamu juga bisa melihat berbagai peninggalan seperti kereta, kitab kuno, perangkat musik lawas, lukisan, dan sebagainya.

Anyway, Keraton Jogja masih menjadi kediaman bagi sultan sampai saat ini, lho! Jadi, meski sudah menjadi tempat wisata, ada beberapa spot yang tidak boleh dikunjungi. Selain itu, Kamu juga bisa menyaksikan tradisi kesultanan Kraton Jogja. Bangunan uniknya juga layak diabadikan dalam jepretan.

Tertarik untuk ke Keraton Jogja? Catat HTM dan jam operasionalnya baik-baik, ya! Untuk bisa masuk ke wisata Jogja yang satu ini, Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.000,-. Untuk turis asing sendiri, tarifnya lebih tinggi yakni Rp 12.500,-. Jam bukanya adalah 08.00 – 14.00. Kraton letaknya ada di sebelah selatan Alun-Alun Utara Jogja.

Lokasi: Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kraton, Jogja

The World Landmark Merapi Park Jogja, Wisata Jogja Rasa Eropa

The World Landmark Merapi Park
Image by : @thiaayha

Kamu tidak perlu ke Eropa kalau sekadar mau berfoto dengan background kincir angin, Menara Pisa, atau Big Ben. Cukup datang saja ke Jogja. The World Landmark Merapi Park ini terhitung wisata Jogja terbaru yang layak untuk dikunjungi. Di tempat ini, tersedia replika bangunan-bangunan yang populer di seluruh dunia.

Mulai dari Pagoda hingga Menara Eiffel, ternyata bisa Kamu jangkau semudah ini, lho! Sekadar mengingatkan, kalau menyambangi tempat ini, sebaiknya gunakan topi atau payung dikarenakan cuacanya yang panas. Plus, siapkan kamera terbaikmu untuk hunting spot instagenic. So, Kamu siap untuk pamer foto kece di medsos, deh!

Destinasi wisata Jogja yang satu ini juga tidak menguras kantong, kok! Cukup dengan Rp 15.000,- saja, Kamu sudah bisa menikmati berbagai wahananya. Sedangkan jam bukanya dimulai pukul 09.00 sampai 17.00. Dari Pusat Kota Jogja, Kamu cukup menempuh perjalanan selama satu jam saja.

Lokasi: Jalan Kaliurang, Pakembinangun, Pakem, Sleman.

Tebing Breksi, Brown Canyon-nya Jogja

Tebing Breksi
Image by : @yulia_ratisyah

Siapa sangka lokasi yang awalnya hanya dijadikan area penambangan batu breksi, kini bisa se-hits ini! Kalau Kamu pemburu wisata Jogja anti-mainstream, wajib banget menyambangi Tebing Breksi. Traveler pecinta petualangan, benar-benar tidak boleh melewatkan yang satu ini.

Jika Kamu pernah datang ke Brown Canyon Semarang, sebenarnya, wisata ini mirip banget, lho! Nah, Kamu bisa melihat panorama Jogja serta Klaten dari tebing ini. Aktivitas yang memacu adrenalin di tempat ini meliputi sewa ATV, sewa jeep, dan masih banyak lagi.

Wisata Jogja yang satu ini paling cocok untuk pecinta gratisan. Ya, soalnya, Kamu tidak akan dikenakan biaya untuk masuk. Setiap harinya, Tebing Breksi dibuka mulai pukul 06.00 hingga 21.00. Berbagai fasilitas tersedia mulai dari food court, toilet, hingga masjid sehingga lokasi wisata Jogja ini lebih nyaman untuk disambangi.

Lokasi: Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY

Stonehenge Merapi Park, Kembaran Wisata yang Ada di Inggris

Stonehenge Merapi Park
Image by : @99puspadewi

Sekilas, wisata Jogja yang satu ini memang mirip dengan yang terletak di Inggris. Banyak orang yang berasumsi demikian karena tempat ini hits banget di Instagram dan medsos lain. Batuan buatan dari cor semen ini ditata sedemikian menarik sehingga menimbulkan rasa ingin mengambil kamera saat melihatnya.

Meskipun hanya terbuat dari cor semen, tempat ini tetap terlihat apik. Kalau Kamu berfoto dengan angle yang pas, maka batuan ini akan tampak keren di dalam hasil jepretan. Spot terbaiknya adalah di depan tulisan Stonehenge. Berpose candid akan membuat fotomu makin epic!

Untuk masuk ke Stonehenge, Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- saja. Ditambah biaya parkir roda 2 senilai Rp 2.000,-. Murah banget, kan? Pastikan Kamu tidak datang sebelum pukul 07.00 atau setelah pukul 17.00. Soalnya, wisata sudah tutup.

Lokasi: Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DIY

Candi Ratu Boko, Candi yang Sering Jadi Lokasi Syuting

Candi Ratu Boko
Image by : @wie_indrawan

Kalau Candi Prambanan dirasa terlalu mainstream, Kamu bisa menjajal datang ke Candi Ratu Boko. Wisata Jogja yang satu ini sebenarnya masih mempunyai lokasi yang berdekatan dengan Prambanan. Kamu bisa memanfaatkan paket wisata Jogja jika ingin menjelajahi tempat ini.

Sebagai situs yang menyimpan nilai sejarah serta budaya, Candi Ratu Boko kerap digunakan untuk lokasi syuting ataupun pemotretan. Nah, jika Kamu punya kamera yang ciamik, tunggulah hingga matahari tergelincir. Berpose lah di antara dua gapura, latar sunset akan membuat fotomu kece habis!

Siapkan budget sebesar Rp 40.000,- sebagai tiket masuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak hanya dikenakan biaya Rp 20.000,- saja. Nah, kalau mau hemat, beli sekalian tiket terusan Prambanan dan Candi Boko. Tempat wisata ini dibuka mulai 06.00-17.00.

Lokasi: Bokoharjo, Sleman, DIY

Bukit Panguk Kediwung, Hits di Instagram

Bukit Panguk Kediwung
Image by : @zamimotret

Berburu sunrise menjadi agenda wajib bagi traveler. Eits, jangan salah, Jogja juga mempunyai sejumlah wisata alam yang memanjakan mata. Salah satunya di Bukit Panguk. Wisata Jogja ini dibangun oleh masyarakat dengan bantuan dari dinas terkait di Jogja. Upaya mereka ternyata tidak sia-sia, Bukit Panguk pun jadi spot hits di Jogja.

Spot foto ini ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga bisa mendukung kenyamanan dari pengunjung. Mulai dari toilet hingga warung makan, semuanya tersedia di tempat ini. Berfoto dengan background perbukitan nan hijau pastikan semakin membuatmu hits di media sosial.

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menuju ke tempat ini, cukup siapkan budget sebesar Rp 2.500,- untuk tiket masuk dan Rp 2.000,- untuk biaya parkir. Dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 23.00, tempat ini tidak pernah sepi. Akses jalannya agak sulit, jadi wajib bagi Kamu untuk berhati-hati selama perjalanan.

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY

Puncak Becici, Pernah Disambangi Barack Obama

Puncak Becici
Image by : @rizal.bulugh

Barack Obama pernah ke Puncak Becici? Oh My God, pastinya karena tempat wisata Jogja ini super keren, kan? Betul banget, selain asri dan adem, Kamu akan menemukan kedamaian di hutan pinus ini.

Alam yang memesona ditambah dengan pengelolaan yang baik, maka menjadi destinasi yang kece habis! Hutan pinus yang rindang dilengkapi dengan spot instagramable seperti rumah jamur dan undakan akan menyempurnakan hasil jepretanmu.

Tidak perlu risau akan harga tiketnya. Sebab, untuk masuk ke Puncak Becici, Kamu tidak dikenakan biaya. Hanya saja, Kamu harus membayar parkir motor Rp 2.000,- atau parkir mobil Rp 5.000,- saja. Kamu bisa datang ke wisata Jogja ini mulai pukul 05.30 sampai 19.00. Kalau kebetulan datang saat musim hujan, hati-hati, ya! Soalnya, jalannya licin.

Lokasi: Gunungcilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, DIY

Waduk Sermo, Irigasi yang Berubah Jadi Wisata Keren

Waduk Sermo
Image by : @opiaidris

Wisata air Jogja ini sudah cukup lama diresmikannya, lho! Tepatnya di tahun 1996. Waduk ini membendung Kali Ngrancah. Awalnya, fungsi dari waduk adalah sebagai irigasi. Namun, kini, lebih populer sebagai tempat wisata.

Waduk yang eksotis ditambah dengan spot foto buatan di sekitar lokasi membuatnya makin masyhur. Beberapa diantaranya adalah spot akar liar dan spot panggung. Kamu juga bisa naik perahu mengitari waduk atau sekadar hunting foto di area sekitar.

Kabar gembiranya, tiket masuk ke Waduk Sermo gratis, lho! Kamu cukup bayar parkir Rp 2.000,- saja. Padahal, fasilitasnya lengkap, mulai dari mushola, penginapan, area parkir, dan juga restoran. Jam operasionalnya adalah 08.00 sampai 17.00. Kamu bisa memilih akses dari Stasiun Wates yang terkenal paling mudah.

Lokasi: Sermo Lor, Hargowilis, Kulon Progo, DIY

Pantai Glagah, Lokasi Ideal untuk Hunting Foto

Pantai Glagah
Image by : @nardgeisha

Kalau Kamu seorang fotografer, wajib menyambangi Pantai Glagah untuk berburu spot terbaik. Akses jalan yang baik dan cenderung rata membuat wisata Jogja ini mudah dijangkau. Pemandangan indah berupa dermaga paling cocok dijadikan lokasi yang romantis. Lokasi dari dermaga ini ada di sekitar tempat retribusi.

Kamu juga bisa menikmati panorama laut dan muara dari Sungai Serang. Menurut beberapa sumber, dermaga akan dibuat sebagai pelabuhan. Nah, selain dermaga, tempat terbaik untuk dikunjungi adalah laguna. Sedangkan aktivitas seru yang bisa Kamu lakukan meliputi naik kano, sampan, dan perahu motor.

Cukup siapkan biaya sebesar Rp 5.000,- untuk bisa masuk ke tempat ini plus parkir motor sebesar Rp 2.000,- dan mobil Rp 5.000,-. Pantai Glagah dibuka setiap hari, lho!

Lokasi: Glagah, Temon, Kulon Progo, DIY

Air Terjun Kedung Pedut yang Kental Nuansa Pedesaannya

Air Terjun Kedung Pedut
Image by : @coco_z.o.e

Spot paling utama yang ada di Kedung pedut tentu saja wisata airnya. Kamu bisa mandi dan berenang di tengah kolam alami berair jernih nan biru dengan kucuran air dari atas tebing. Bebatuan alam dan tumbuhan liar di sekitar air terjun membuat wisata Jogja ini super eksotis.

Tidak hanya wisata alam saja, Kedung Pedut juga dilengkapi dengan adanya wahana yang memacu adrenalin yakni sepeda gantung. Ngeri-ngeri sedap, kan? Kalau lapar sehabis berenang, Kamu bisa berburu kuliner di sekitar tempat wisata. Salah satu kudapan yang paling dicari adalah durian kalibawang yang legit dan manis.

Masuk ke tempat ini, Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup keluarkan uang sebesar Rp 5.000,- saja ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Tiap hari, tempat ini selalu dibuka untuk umum.

Lokasi: Jatimulyo, Kulon Progo, DIY

Traveling ke tempat wisata yang menyenangkan tidak harus mahal, kan? Buktinya, dari 10 tempat wisata Jogja di atas, Kamu tidak menemukan satupun tiket masuk yang membuat dompet cemberut. Jika diberi kesempatan untuk meng-eksplore Jogja, kira-kira, tempat mana yang menjadi favoritmu?

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

This Post Has 4 Comments

Leave a Reply

Close Menu