Ad
Ad
Ad

The Lost World Castle Jogja, adalah tempat wisata terbaru di Jogjakarta yang sedang viral di jagad sosial media. Obyek ini Bro, Sis, muncul menjadi obyek wisata viral di dunia maya pada awal tahun 2017. Sejak ada yang meng-upload foto-fotonya di Instagram.

Bentuk bangunannya seperti kastil dari negeri dongeng. Berdiri megah di lereng Gunung Merapi. Letak obyek wisata tersembunyi The Lost World Castle membuat teringat pada kisah sebuah istana dongeng berwarna kelabu dengan menara tinggi menjulang.

the lost world castle jogja dunia yang hilang
Gerbang Menuju The Lost World Castle

Wisata tersembunyi The Lost World Castle iniada di Desa Kepuharjo, kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bentuk uniknya membuat sebagian orang menjulukinya Great Wall / tembok besar China. Kalau Bro dan Sis datang mengunjunginya, sekilas akan melihat kemiripan dengan ikon negeri China itu.

Bro dan Sis perlu menyiapkan kondisi untuk banyak jalan-jalan. Karean The Lost World Castle terletak di areal seluas lebih dari satu hektar.  Bangunannya besar dan megah dilengkapi dengan jalan setapak yang mengitarinya. Suasananya bagaikan istana di Benua Eropa.

Obyek wisata yang masih dalam tahap finishing. Pemandangan di sekitarnya mengarah ke Gunung Merapi. Yak betul, kawasan ini berada di area yang dulu terkena dampak erupsi merapi tahun 2010. Pemberian nama The Lost World Castle pun mengandung pesan tentang “dunia yang hilang” akibat kedahsyatan erupsi Gunung Merapi.

Bencana yang meluluhlantakkan area yang sangat luas. Tujuan lain dari  pembangunan The Lost World Castle adalah sebagai tempat wisata edukasi yang berkaitan dengan sejarah dan aktifitas Gunung Merapi.

Rute Menuju Lokasi The Lost World Castle Jogja

Lokasi The Lost World Castle tidak jauh dari Desa Kaliadem yang mejadi tujuan wisata Lava Tour Merapi. Bro dan Sis bisa sekali jalan dengan wisata Lava Tour Merapi untuk mengunjungi lokasi wisata terbaru ini.

Meskipun belum selesai total dan masih dalam taraf pembangunan, lokasinya sudah bisa dijangkau dengan motor ataupun mobil. Jalan raya menuju ke lokasi masih belum begitu memuaskan. Sebaiknya persiapkan kondisi kendaraan yang benar-benar prima.

Bro dan Sis bisa mendapatkan pemandangan terbaik di waktu pagi dan sore. Pagi menyaksikan keindahan pemandangan Gunung Merapi, sore bisa menikmati kesyahduan sunset di kastil ini. Untuk menuju kesana, gunakan aplikasi Google Maps saja ya. Atau kalau ingin sensasi yang berbeda, Bro dan Sis bisa bertanya langsung pada penduduk di sekitarnya. Sekalian bisa merasakan keramahan dan kehangatan sambutan penduduk Jogja.

the lost world castle jogja
Kastil dunia yang hilang

Dari arah Kota Yogyakarta Bro dan Sis bisa mengambil arah menuju arah Kaliurang, lalu ikuti petunjuk menuju Desa Kaliadem. Dari sana berlanjut menuju arah Dusun Petung. Nanti selepas melewati Kopi Merapi, tidak seberapa jauh tampak bangunan besar bagaikan benteng dari jaman Eropa lama. Itulah The Lost World Castle, obyek wisata ngehits di Jogja yang sedang menjadi pusat perhatian di jejaring sosial.

Obyek wisata buatan di Jogja ini sempat ditutup sementara pada bulan Februari 2017. Saat itu ada kendala perijinan pembangunan obyek wisata baru di kawasan ini. Namun pembangunan The Lost World Castle terus berlanjut. Begitupula aliran wisatawan ke tujuan wisata ini tetap berlimpah terutama saat akhir pekan.

Spot Andalan Di The Lost World Castle Jogja

Jogjakarta memang tidak pernah kehabisan obyek wisata baru yang terus bermunculan. Menurut rencana The Lost World Castle Jogja diarahkan untuk menjadi obyek wisata edukasi. Pas banget karena lokasinya berada di area bekas dampak erupsi merapi sesuai untuk edukasi bencana alam. Walaupun belum sempurna, tapi sudah tersedia sebagian fasilitas yang bisa dinikmati oleh Bro dan Sis saat berkunjung kesini.

the lost world castle
Keindahan Panorama The Lost World Castle

Bro dan Sis hobby foto selfie dan wefie? The Lost World Castle Jogja surganya. Begitu banyak spot instagramable yang layak untuk diupload dan membuat orang  yang melihatnya menjadi  iri dan ingin ikutan kemari.

Oiya, tidak jauh dari sana ada juga obyek wisata baru yang mirip situs Stonehenge di Inggris. Itu lho… situs batu dari jaman prasejarah nenek moyang penduduk Benua Eropa. Coba deh berkunjung kemari, dijamin berasa di belahan dunia yang berbeda.

Stonehenge ala Jogjakarta

Di dalam kastil terdapat dua tenda yang dibuat seperti replika tenda suku Indian. Bro dan Sis bisa bergaya bagaikan orang Indian dan sherif, karena di dekatnya ada wahana Wild Wild West yang menggambarkan kehidupan dunia sherif di jaman dahulu. Lengkap dengan replika kuda yang digunakan para sherif di masa itu. Di depan benteng The Lost World Castle ini ada relika meriam yang menghadap ke arah kastil.  Seakan-akan meriam itu siap menembakkan bom ke arah benteng.

Tips Untuk Menikmati The Lost World Castle Jogja

  1. Latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang megah terlihat jelas dari lokasi The Lost World Castle saat cuaca cerah. Bro dan Sis datanglah saat pagi atau sore saat sinar matahari tidak begitu terik karena lokasinya yang terbuka.
  2. Siapkan alat dokumentasi yang lengkap, tongsis dan penuhi baterai gadgetnya, ya… Sayang bila spot-spot pemandangan indah ini terlewat dari bidikan kamera, gadget, go pro maupun drone.
  3. Meskipun belum dibuka secara resmi, sudah tersedia sarana pendukung seperti mushola, toilet, dan tempat parkir yang memadai. Lokasi parkir relatif luas dan cukup untuk menampung pengunjung dalam jumlah yang banyak.
  4. Karena masih dalam taraf soft opening, tiket resmi yang dibandrol Rp.60.000 masih memakai harga diskon antara Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 tergantung hari kunjungan
  5. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup saat menjelajahi The Lost World Castle ini karena belum tersedia sentra kuliner yang memadai.

The Lost World Castle bisa menjadi salah satu rangkaian wisata bersama Lava Tour Merapi dan Museum Ullen Sentalu. Untuk perjalanan wisata yang lengkap dan nyaman, ada team advisor Tripjogja. Tripjogja menyediakan Paket Wisata Jogja yang lengkap dan beragam yang akan membuat wisatawan mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.

 

Tulis Komentar