Embung Batara Sriten, Danau di Puncak Tertinggi Gunungkidul

Rate this post

Weekend telah tiba, karena punya waktu libur yang cukup longgar yaitu sabtu dan minggu aku berinisiatif mengunjunggi salah satu tempat wisata di Jogja. Pertama aku membuka media sosial instagram untuk mencari refrensi tempat wisata yang cucok dan keren, seperti dugaanku Jogja punya banyak pilihan tempat wisata baru yang bagus bagus, salah satunya artikel tentang embung di Gunungkidul yang menyita perhatianku. Bukan Ngelanggeran, tapi Embung Batara Sriten namanya. Embung Batara Sriten merupakan embung tertinggi di Gunungkidul. Menarik, bagaimana membayangkan Sebuah Embung (danau buatan) di atas puncak tertinggi Gunungkidul. Akhirnya kuputuskan kesana dan mencari info tentang Embung Batara Sriten. Oiya yang pengen tau update wisata terbaru, keren, dan kece di Jogja bisa buka artikel artikel di instagram @tripjogjaID . Selain share tempat tempat wisata, @tripjogjaID juga share kuliner lezat gaes yang Jogja banget plus temen temen yang pernah ngetrip bareng @tripjogjaID.

embung batara sriten (via : blog.reservasicom)

Diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada bulan September 2014 lalu, Embung Batara Sriten menawarkan wisata yang keren. Terletak pada ketinggian 859 mdpl, di puncak Pegunungan Baturagung Utara. Embung Batara Sriten menjadi embung tertinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah lho katanya. Selain menjadi objek wisata Embung Batara Sriten juga dimanfaatkan sebagai sarana penampungan air untuk mengairi agrowisata manggis dan kelengkeng yang berada di sekitarannya. Mantab ya!

Baca Juga:  Kamu yang Tinggal di Ring of Fire! Kenali Pentingnya Ilmu Kegunungapian di Museum Gunung Api Merapi

Oke, kita mulai perjalanan dari kota Jogja, Karena perjalanan ini berat maka PERHATIKAN HAL HAL BERIKUT :

  • Hindari menggunakan motor matic karena medan perjalan menajak dan terjal (dibeberapa bagian jalan conblok rusak dan masih berupa batu yang ditata) . Disaat turun sangat berbahaya mengunakan motor matic dan terus terusan mengunakan rem karena cepat panas dan akibatnya rem blong. Perlu di ingat jalan menuju Embung Batara Sriten adalah gunung yang kanan kirinya jurang.
  • Siapkan kondisi kendaraan yang prima dan isi full bahan bakar
  • Gunakan helm, sarung tangan dan pakaian yang safety saat perjalanan
  • Hindari mengunjunggi Embung Batara Sriten disaat hujan. Kerena medan Sangat Berbahaya!

Setelah semua dipersiapkan kita on the way . Kali ini aku ditemani tiga orang teman, Haikal, Lutfi, dan Rendy. Kurang lebih 2 jam perjalanan dari kota Jogja, rute bisa kalian akses disini ya rute Embung Batara Sriten .

papan penunjuk jalan ke Sriten (via :ayuniversecom)

Embung Batara Sriten sendiri terletak di Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul, Yogyakarta. Jalan menanjak akan mulai dari belokan SMK N 1 Ngelipar. Kalau dulu sih waktu kesana jalannya masih berupa conblok, di beberapa bagian saat tanjakan ada yang rusak juga, tapi mungkin sekarang sudah lebih baik. Rasanya seru bercampur takut! Beberapa kali bahkan Lutfi harus turun dari motor Haikal karena tidak kuat nanjak dan membantu mendorongnya. Asyik sih di tengah perjalanan kita sudah bisa menyaksikan view yang luas, karena memang berada di dataran yang tinggi. Jadi seperti mengendarai motor diatas awan!

Baca Juga:  Menilik Keistimewaan Jogja di dalam Keraton Ngayogyakarta nan Agung

Best time to visit nya adalah saat pagi (sunrise) dan sore (sunset) . Tapi kali ini kami kesiangan jadi mungkin pulangnya nunggu sampai sunset ya biar afdol. Akhirnya setelah melewati berbagai rintangan yang cukup melelahkan sampailah kita di Embung Batara Sriten. Kesan pertama adalah bersih dan tertata rapi. Lahan parkir disini juga lumayan luas gaes. Air di Embung juga jernih memantulkan cahaya matarahi yang cukup terik. Beberapa warung yang menjajakan kopi dan bermacam snack pun sudah berjejer. Ada sekitar lima warung, kami pun beriistirahat disana sambil ngelarisi ibu penjualnya. Pesan kopi, es teh dan mengambil beberapa cemilan sembari menikmati suasana Embung Sriten yang cukup ramai siang ini.

panorama senja embung batara sriten (via : colouringindonesiacom)

Ku putar terus pandanganku ke sekeliling, beranjak sejenak dari embung perhatiaku tertuju pada langsung bukit di belakangnya. Yup namanya Puncak Mangir yang konon puncak tertinggi di Gunungkidul. Lelah sudah redup, kami bergegas untuk menuju puncak, nanjak nya gak tinggi kok Bro jadi santai aja hehe. Keren banget deh Puncak Mangir! pemandangan 360 derajat di depan mata. Terlihat Waduk Gajah Mungkur dan Rawa Jombor di kejauhan, ditambah panorama lekukan lembah dan gundukan bukit yang dihiasi rumah rumah warga, juga persawahan. Di puncak bukit Manggir ini terdapat sebuah petilasan berupa makam lho gaes. Menurut cerita penduduk setempat, konon makam tersebut merupakan petilasan dari Syech Wali Jati yang moksa (menghilang) di bukit ini. Syech Wali Jati sendiri dulunya adalah kerabat Kasultanan di masa lalu. Widih agak serem ya?

makan di puncak manggir (via : nitainwanderlandcom)

Di Puncak manggir juga merupakan sarana untuk olahraga dirgantara seperti paralayang, paramotor, dan gantole. Asyik sekali kan gaes? diatas puncak juga berdiri beberapa buah gazebo untuk berirtirahat, memandang view epicnya Jogja dan Jateng. Bila beruntung kita akan mendapati Gunung merapi dan Merbabu yang gagah di ujung mata. Dengan tiket masuk: Rp 3.000 / orang
dan parkir motor: Rp 2.000, mobil: Rp 5.000 kami rasa lebih dari pantas. Yang suka fotografi landscape rekomende banget nih!

Puncak Mangir juga bisa untuk event paralayang gaes (via : jarangpanascom)

Menghabiskan setengah hari di Sriten, Akhirnya matahari mulai sembunyi. Rona jingganya membasahi kami dan pengunjung lain yang tersisa. Menyaksikan sebagian kecil ciptaan Tuhan diantara yang besar, sudah sepantasnya kita mengerti karunia-Nya. Dengan senyum dan energi positif kami beranjak pulang, berterimakasih pada alam yang masih saja berias cantik dan membagi kisah perjalanan ini kepada mu. Bahwa semakin sering kamu mengunjunggi tempat baru, semakin sering pula kamu bersyukur atas hidupmu. Salam hangat dari Jogja ya gaes!

Embung Batara Sriten ( via: instagramcom)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram