Masangin, Melewati Dua Beringin Kembar dan Harapanmu Akan Dikabulkan

Rate this post

Jogja tak pernah benar benar tidur, siang dan malam Jogja punya cara untuk menghibur kita. Menghabiskan malam di Jogja tidaklah sulit, berbagai tempat hiburan selalu menawarkan kesan tersendiri. Salah satunya adalah Alun alun Kidul yang tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Alun Alun kidul adalah tempat yang pas untukmu dan teman teman memahami kesederhanaan Jogja.

suasana alun alun kidul yogyakarta dengan sepeda hias yang cantik (via:maioloocom)

Di Alun Alun kidul kita bisa duduk duduk dan menikmati berbagai jajanan yang jogja banget! ada wedang ronde, roti bakar, jagung bakar, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa keliling Alun Alun dengan sepeda hias. Yup sepeda yang bisa menampung sampai 6 orang dengan hiasan lampu warna warni bisa jadi alternatif menikmati suasana alun alun kidul. Atau mau mencoba ritual yang sudah sejak lama ada di Kota Jogja? Konon bila berhasil harapanmu akan dikabulkan gaes! Ritual ini adalah Masangin.

Alun Alun Kidul dan dua pohon beringin kembar (via: rentalmobilyogyakartacom )

Aturan Masangin sangat sederhana, pertama kita harus menutup kedua mata dengan kain atau apapun agar tidak bisa melihat. Kedua kita musti berjalan untuk melewati area di antara dua pohon beringin yang berada di tengah Alun alun Kidul. Yup gampangnya adalah berjalan diantara dua beringin dengan mata tertutup! Konon nih gaes barang siapa yang mampu melewatinya, segala keinginan akan terwujud dan dikabulkan!  Tapi ada tambahan syaratnya, hanya berlaku untuk kamu yang punya hati tulus. Katanya sih bila seseorang memiliki hati tulus dan bersih akan mampu menembus antara dua beringin tanpa berbelok, ataupun nyasar ke kanan dan kiri. Percaya gak percaya ? Mari kita coba!

Baca Juga:  Mangut Lele Mbah Marto Warung Open Kitchen Lele Asap Yang Menggoda

Sesuai petunjuk, hal pertama yang kita lakukan adalah kita harus menutup mata dengan kain. Bila tidak membawa kain hitam kita bisa sewa kok dengan harga 3rb - 5rb. Pastikan tertutup rapat ya, dan jangan ngintip. Selanjutnya adalah mencari start poin. Start poin terletak di selatan, didekat jalan pas lurus dengan titik tengah kedua beringin yang menjadi jalur masangin. Start poin ini berupa patok ya gaes. Sudah siap? kuncinya adalah fokus dan berjalan lurus karena start poin dengan kedua beringin adalah jalur lurus. Untuk pertama kalinya nih nyoba masangin semoga bisa ya hehe. Beberapa teman memberikan aba aba ke kanan atau kekiri sembari menjaga agar tidak bertambrakan dengan peserta masangin lain.

menutupmata saat masangin (via: snap361)

Sekilas mudah, aku pun yakin bisa. Kulangkahkan kaki sesuai isi hati dan fokus pada berjalan lurus. Sayup sayup suara teman temanku yang mengarahkan, percaya gak npercaya juga dengan arahan temanku. Berjalan terus sekitar 7menitan sampai akhirnya ku sudahi melangkah. Aku buka penutup mata dan "kok ada disini?" . Aku masih berada di selatan pohon beringin dan hanya berputar putar disitu saja. Padahal aku berjalan lurus dan tidak berbelok belok, seharusnya sudah tembus di kedua beringin itu. Ya mungkin memang tak segampang yang dibayangkan. Berani coba gaes?

Baca Juga:  11 Wisata Jawa Tengah untuk Pecinta Petualangan

Ternyata Masangin sudah ada dari jaman dulu. Dulu di Alun alun Kidul ini merupakan sebuah tempat untuk para abdi dalem, prajurit beserta anak buahnya melaksanakan berbagai acara  seperti Perayaan Penyambutan Lailatul Qadar pada bulan puasa bagi kaum Muslim juga ritual topo bisu dan berkeliling benteng dilakukan pada 1 Sura atau saat ulang tahun berdirinya Keraton Jogja. Nah! masyarakat Jogja pun selalu datang dan tumpah ruah bergabung merayakan tradisi keraton Yogyakarta yang penuh makna ini. Lalu Masangin merupakan salah satu bagian dari acara tersebut gaes yang dipercaya masyarakat sebagai sarana “ngalap berkah” atau bentuk dari permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar melindunggi Jogja, selalu diberikan keamanan dan kenyamanan. Masangin juga dianggap masyarakat Jogja sebagai tolak bala. Tolak bala agar bila ada kekuatan musuh yang berniat menyerang dan menggerogoti kekuasaan Keraton Jogja bisa dilumpuh dan dikalahkan.

Masangin dan suasana Alun Alun Kidul Yogyakarta (via: visitjogjacom)

Next setelah aku mencoba sekarang giliran temanku, dan sama saja dia berbelok tajam ke barat dan nyasar. Ku lihat beberapa peseta lain, ada bermacam cara untuk menembus kedua beringin, salah satunya adalah dengan berlari haha ini tidak disarankan sih terlalu berbahaya. Ya kembali ke pribadi masing masing soal percaya atau tidak tentang mitos bila melewati kedua beringin kembar di Alun Alun Kidul Keraton Yogyakarta harapan dan doanya akan dikabulkan.

Baca Juga:  Nikmati Romantisme Senja di Jogja dari Tepi Pantai Indrayanti
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram