11 Wisata Jawa Tengah untuk Pecinta Petualangan

Langkah pertama yang mesti dilakukan untuk merencanakan liburan adalah menentukan destinasi wisata. Nah, di tahun ini banyak sekali tanggal merah yang berjajar. Untuk itu, kami berikan rekomendasi wisata Jawa Tengah agar bisa dijadikan sebagai referensi.

Jawa Tengah sudah terkenal dari dahulu sebagai pusat kebudayaan Jawa. Lebih dari itu, ada juga bangunan-bangunan kuno untuk mengulik jejak sejarah. Bagi pecinta alam, provinsi ini juga memiliki sejumlah nama dalam daftar wisata alam populernya. Masing-masing kota menawarkan destinasi andalan untuk para traveler dari seluruh Nusantara, bahkan dunia.

11 Wisata Jawa Tengah untuk Pecinta Petualangan

Menarik sekali jika membahas beberapa diantaranya. Langsung saja, ini dia ulasannya:

  1. Candi Gedong Songo Dengan Pesona Klasiknya

Candi Gedong Songo
Image by @atika_muth

Siapa yang tidak tahu Candi Gedong Songo? Ya, pasti sebagian besar tahu  di mana letak candi yang unik ini. Bagi yang gemar trekkingwisata Jawa Tengah ini sangat cocok untuk dijelajahi. Jika ingin melihat semua bagian candi, setidaknya pengunjung harus mencapai candi yang ke-songo atau ke-sembilan dengan track yang terus menanjak.

Lebih menarik lagi, pengelola telah menambahkan spot berupa Taman Bunga Celosia atau Ayana di sekitar candi. Sehingga, saat menaiki setiap undakan tangga pengunjung juga bisa berswa-foto dengan spot yang instagramable. Jika tidak mau lelah sampai ke puncak, kamu bisa menyewa kuda untuk menaiki tangga sampai ke puncak.

Tempat wisata ini buka pada pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Harga tiket masuk untuk ke Candi Gedong Songo masih sangat terjangkau yaitu Rp. 8000 per orang.

Lokasi : Krajan, Candi, Bandungan, Semarang

  1. Lokawisata Baturaden, Perpaduan Wisata Alam dan Spot Kekinian

Lokawisata Baturaden
Image by @linda_bormat

Pernahkah terbesit di pikiranmu tentang wisata alam yang dipadukan dengan spot kekinian? Apa yang ada dalam benakmu terjawab sudah dengan adanya tempat wisata Jawa Tengah bernama Lokawisata Baturaden.

Terletak di kaki Gunung Slamet, wisata Jawa Tengah ini menyajikan beberapa wahana yang menarik. Diantaranya, kolam renang disertai papan seluncuran, air terjun, sepeda air, serta pemandian air berbau belerang, dan masih banyak lagi.

Terdapat juga spot yang sangat pas untuk mengabadikan momen dengan lensa kamera. Kalau kamu sedang ada di Banyumas, jangan lupa mampir kesini. Pastikan datang di Lokawisata antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk dapat masuk ke tempat ini pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp 14.000,- setiap orang.

Lokasi: Lokawisata, Karangmangu, Baturaden, Banyumas.

  1. Wisata Pemandian Guci Yang Hits

Pemandian Guci
Image by @bennusorumba

Deras air yang mengalir di Pemandian Guci dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan ragam penyakit. Mulai dari penyakit kulit hingga rematik. Letaknya ada di kaki Gunung Slamet. Mata air ini mengeluarkan sumber air hangat dengan diiringi oleh landskap alam nan menakjubkan khas dataran tinggi.

Tetapi yang perlu diingat adalah jangan terlalu lama berendam dalam sumber airnya. Maksimal, kamu bisa berendam selama 15 menit saja. Sebab, jika terlalu lama tubuh akan menjadi lemas dan bahkan akan sampai pingsan.

Jika ingin merasakan sensasi berendam di Pemandian Guci, pengunjung bisa datang dari pukul 06.00 sampai pukul 21.00 WIB. Dengan harga tiket masuk Rp. 4.500 – Rp.5000/orang, kamu pun bisa menikmati air hangat alami dari ketinggian 1.100 mdpl.

Lokasi  : Objek Wisata Tegal, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal.

  1. Dataran Tinggi Dieng Dengan Keindahannya Yang Memikat Para Dewa

Dataran Tinggi Dieng
Image by @rama_r.j.m

Sudah pasti Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu pilihan utama untuk berlibur. Setiap harinya, tempat ini tak pernah sepi, kabut serta dinginnya Dieng menjadi kerinduan tersendiri bagi yang pernah datang. Bahkan, menjadi salah satu wisata unggulan Jawa Tengah.

Dataran Tinggi Dieng juga menyimpan banyak sekali destinasi yang layak untuk di-explore. Mulai dari candi, kawah, telaga, gunung, bukit, hingga padang savana. Kamu juga bisa datang saat pagelaran Dieng Culture Festival. Yang mana beragam keunikan wisata ini akan terpampang di depan mata.

Jika kamu memutuskan untuk berlibur ke wisata ini, siapkan budget untuk membayar harga tiket sebesar Rp.15.000/orang. Untuk masuk ke berbagai ikon Dieng, kamu tentunya harus membayar lagi. Tenang saja, kamu tetap bisa menyambangi tempat wisata kapan saja, sebab dibuka selama 24 jam.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah

  1. Saloka Theme Park, Wahana Bermain Sambil Belajar

Saloka Theme Park
Image by @anisaadelia2019

Saloka Theme Park adalah tempat wisata Jawa Tengah terbaru yang digadang-gadang sebagai wahana permainan terbesar di Jawa Tengah. Saloka mempunyai konsep seperti Dunia Fantasi yang ada di Jakarta. Di lokasi ini, ada banyak pilihan permainan yang diperuntukan untuk anak-anak hingga orang tua.

Selain itu, ada juga wahana pendidikan atau edukasi yang dibuat untuk belajar anak-anak atau pelajar. Terdapat juga wahana yang menantang adrenalin.

Kalau mau menjajal semua wahana di sini, pengunjung harus mengeluarkan biaya sebesar Rp.120.000/orang, dengan harga tersebut kamu sudah bisa merasakan sensasi permainan yang tersedia. Untuk jam bukanya yaitu dari pukul 10.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Lokasi:  Fatmawati 154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang.

  1. Gua Wareh yang Dipercaya Sebagai Tempat Cari Jodoh

Gua Wareh
Image by @dinporapar.pati

Gua Wareh merupakan sebuah gua yang di dalamnya terdapat sebuah kubangan air seperti kolam. Letaknya ada di kaki perbukitan kapur daerah Kabupaten Pati. Gua ini berukuran kecil yang panjangnya hanya sekitar 200 meter saja. Bukan hanya sebagai sumber mata air untuk warga sekitar, tempat ini juga kian ramai dikunjungi sebagai objek wisata.

Lokasi wisata Jawa Tengah ini akan membuatmu lebih fresh dari penatnya rutinitas harian. Caranya dengan mandi di sekitar mulut gua. Kamu juga bisa melakukan camping serta panjat tebing untuk memacu adrenalin.

Saat liburan atau hari biasa, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Untuk masuk ke kawasan, kamu cukup membayar Rp. 5.000,- saja. Silakan datang kapan saja karena tempat wisata ini dibuka selama 24 jam.

Alamat          : Kedu mulyo, Sukolilo, Pati.

  1. Karimun Jawa Dengan Lautnya Yang Eksotis

Karimun Jawa
Image by @ibudprasetyo

Siapa, sih, yang tidak tahu mengenai Karimun Jawa? Tempat ini kerap disebut dengan ratunya laut yang ada di Jawa Tengah. Airnya yang bening dan berwarna biru, akan membuat siapapun merasa betah memandang hamparan laut di depannya.

Uniknya lagi, di sana juga disediakan penginapan yang mengapung di atas laut lo! Pengunjung juga bisa berjalan-jalan di Hutan Mangrove di sekitar Karimun Jawa, bahkan bisa merasakan sensasi menyelam melihat kehidupan bawah laut.

Banyak pengunjung yang mengambil paket wisata untuk berlibur di Karimunjawa. Paket ini sudah termasuk penginapan, makan, wisata, dan lain-lain. Kurang lebih biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 1.100.000/orang. Karimun Jawa juga buka selama 24 jam non-stop.

Lokasi: utara Jawa Tengah atau 80 km dari Kabupaten Jepara

  1. Wisata Posong Yang Diapit Dua Gunung Besar

Wisata Posong
Image by @dhaturembulan

Destinasi wisata Jawa Tengah ini terletak diantara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dengan menyajikan panorama dari atas ketinggian, Posong juga menyediakan beberapa spot foto yang menggemaskan dengan background berupa pegunungan. Bagi yang hobi berfoto, pasti tidak akan berhenti jepret-jepret, deh!

Meski memiliki akses yang cukup sulit, tetapi ada saja pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini. Tidak jarang bahkan ada yang sampai malam, hanya untuk menikmati matahari terbenam dari Posong. Tunggu matahari surut sepenuhnya sembari menyesap kopi panas tentu akan menjadi momen spesial yang tak terlupakan.

Untuk ke wisata Posong, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 20.000,- saja. Dengan biaya tiket masuk wisata Jawa Tengah tersebut, kamu bisa menikmati indahnya alam Posong sepuasnya. Wisata ini dibuka mulai pukul 04.00 sampai 16.30 WIB.

Lokasi: Tlahab, Kledung, Temanggung.

  1. Kyai Langgeng Wisata Lama Yang Selalu Eksis

Kyai Langgeng
Image by @pustakasari

Wisata Kyai Langgeng ini sudah termasuk lama berdiri, tetapi seakan tidak ada matinya. Wisata ini terus berkembang dan berinovasi, bahkan sekarang sudah semakin dipadati oleh pengunjung.

Ada banyak pilihan jenis wisata di Kyai Langgeng, mulai dari wahana permainan, petualangan, edukasi, air, hingga wisata religius. Kalau kamu mencari tempat wisata Jawa Tengah yang family friendly, maka jawabannya ada di Kyai Langgeng.

Kalau mau menjajal semua wahana di Kyai Langgeng, pengunjung harus merogoh saku sebesar Rp. 24.000,- sampai Rp. 35.000,-/orang. Wisata ini mulai buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Lokasi: Jalan Cempaka 6, Magelang.

  1. Ketep Pass, Meneropong Lima Gunung yang Berjajar

Ketep Pass
Image by @hmzhaly

Jawa Tengah memang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan. Tak heran jika dari atas Ketep Pass, kamu bisa menyaksikan lima gunung berjajar yang saling adu kokoh melalui teropong. Tidak sampai di situ saja keseruannya, ada juga Museum Vulkanologi, Pelataran Panca Arga dan gardu pandang untuk kamu nikmati.

Kamu juga bisa menyaksikan bioskop mini yang tersedia. Nah, kalau kamu tertarik untuk menyaksikan panorama gunung dari teropong, silakan menuju ke Pelataran Panca Arga. Dari situ, kamu dapat melihat Gunung Sumbing, Merbabu, Slamet, Merapi, dan juga Sindoro.

Untuk tiket masuknya sendiri, cukup murah, hanya dengan Rp 7.500,- saja, kamu sudah bisa merasakan indahnya pemandangan. Sedangkan jam bukanya adalah pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Datang bersama pasangan, Ketep Pass akan menjadi wisata romantis Jawa Tengah yang asyik.

Lokasi: Ketep, Sawangan, Magelang

  1. Benteng Van der Wijck Lokasi Film The Raid

Benteng Van der Wijck
Image by @dhaaanti

Bangunan peninggalan Belanda ini bukanlah sebuah bangunan kuno yang tak berfungsi lagi, Melainkan dikelola dengan baik serta dilengkapi dengan berbagai wahana. Mulai dari kereta atas benteng, kereta mini, kolam renang, perahu kayuh, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu penggemar fotografi, bisa juga memotret bagian gedung yang penuh catatan sejarah. Paling menarik dari benteng ini adalah bagian atap gedung yang mana berbentuk segitiga bertingkat. Di sekitarnya juga terdapat pemandangan yang indah. By the way, wisata Jawa Tengah yang satu ini juga pernah menjadi lokasi dari syuting film yang diperankan Iko Uwais, The Raid. Wah, amazing!

Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau yakni Rp 5.000,- saja.

Lokasi: Gombong, Kebumen.

Kira-kira dari ulasan di atas, mana tempat wisata favoritmu? Atau, adakah yang pernah disambangi? Nah, menilik begitu kayanya Indonesia akan tempat wisata, termasuk juga wisata Jawa Tengah, kamu harus bangga dan mengapresiasi wisata milik sendiri. Caranya dengan terus meng-explore dan turut menjaga kebersihan serta fasilitasnya.

Jika kamu cinta dengan Indonesia, sebaiknya share informasi ini ke teman-teman supaya mereka tahu berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi. Pastikan juga kamu bagikan info tentang wisata Jawa Tengah ini ke seluruh platform yang dimiliki.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu