Destinasi

Menyaksikan Ketangkasan dan Kelincahan Para Satwa Langka di Gembira Loka Zoo

Ditengah Kota Jogja yang semakin padat dengan bangunan-bangunan bertingkat dan perumahan. Ternyata kita masih bisa menemukan satu area yang masih cukup asri dan segar yang terletak ditepian Sungai Gajah Wong. Tempat tersebut adalah Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo yang memiliki koleksi lebih dari 100 spesies satwa dan 61 spesies flora. Tidak hanya itu saja, Gembira Loka juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan dan juga taman. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga  terutama bersama anak-anak untuk mengenalkan berbagai jenis binatang sejak dini. Udara yang cukup sejuk karena pepohonan yang rimbun akan membuat siapa saja betah berlama-lama untuk menghabiskan waktu ditempat ini.

Sejarah Gembira Loka

Kata Gembira Loka berasal dari Bahasa Jawa yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia Gembira artinya gembira sedangkan Loka artinya adalah tempat. Jadi Gembira Loka bisa diartikan sebagai tempat untuk bergembira. Ide pembangunan sebuah tempat hiburan sekaligus tempat untuk memelihara hewan-hewan milik keraton atau kebon rojo sebenarnya sudah ada sejak jaman Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada sekitar tahun 1933. Ide tersebut baru bisa diwujudkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX yang dibantu oleh seorang arsitektur Belanda bernama Ir. Karsten yang kemudian membangun kebon rojo tersebut di tepi Sungai Winongo. Namun sayangnya pembangunan tersebut harus terhenti akibat pendudukan tentara Jepang. Keberadaan Kebun Binatang Gembira Loka  yang sekarang ini merupakan hadiah pemberian dari pemerintah pusat pada saat Yogyakarta menjadi ibukota negara pada tahun 1949. Namun prosesnya cukup panjang dan pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka baru terealisasi pada tahun 1959.

Gembira Loka Zoo, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Barisan Gajah yang dapat kita sakikan di Gembira Loka Zoo. via gembiralokazoo[dot]com

Atraksi dan Interaksi dengan Satwa Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang Gembira Loka mempunyai koleksi atau hewan peliharaan yang cukup lengkap mulai dari mamalia, reptil, berbagai jenis burung, hewan air, bahkan burung penguin dan komodo pun bisa kita lihat disini. Jadi untuk yang belum berkesempatan pergi ke Pulau Komodo bisa menyaksikan kadal raksasa tersebut di Kebun Bintang Gembira Loka. Tidak perlu jauh-jauh pula untuk pergi ke kutub utara untuk bisa menyaksikan tingkah pola lucu hewan yang satu ini. Binatang lain seperti gajah, jerapah, unta, harimau adalah beberapa binatang favorit sebagian besar pengunjung Gembira Loka Zoo. Tingkah dan polah binatang-binatang tersebut bisa sangat menghibur.

Gembira Loka Zoo, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Naik Kereta supaya gak capek kelilingnya. via gembiralokazoo[dot]com
Tidak hanya bisa melihat hewan-hewan tersebut didalam kandangnya, kita juga bisa melihat beberapa pertunjukan atau atraksi dari beberapa binatang seperti orang tua, burung kakatua jambul kuning, linsang, beruang madu, dan burung kangkareng. Satwa-satwa tersebut biasanya akan melakukan beberapa gerakan seperti yang diperintahkan seperti berhitung atau naik sepeda mini. Atraksi binatang ini bisa kita saksikan jika kita berkunjung pada akhir pekan atau hari libur. Selain itu kita juga bisa menyaksikan pemberian makan satwa-satwa penghuni Kebun Binatang Gembira Loka yang dilakukan setiap hari.

Gembira Loka Zoo, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Kapan lagi naik unta? via gembiralokazoo[dot]com

Rekreasi di Gembira Loka

Puas setelah melihat tingkah polah satwa, kita bisa melanjut berekreasi di Gembira Loka dengan mencoba berbagai fasilitas hiburan yang ada seperti perahu katamaran. Dengan perahu yang berkapasitas 40 orang ini kita berkeliling danau buatan yang dibendung dari aliran Sungai Gajah Wong. Atau untuk yang lebih suka tantangan bisa mencoba speed boat. Nah kalau untuk yang pergi bersama pasangan, jangan lupa untuk mencoba perahu kayu biar lebih romantis.  Permainan lain seperti ATV dan skuter air juga tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Gembira Loka.

Gembira Loka Zoo, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Seru banget nyobain naik wahana kapal disini. via gembiralokazoo[dot]com
Kurang lengkap apalagi? Selain bisa melihat ketangkasan satwa langka kita juga bisa menikmati beberapa permainan ditempat yang udaranya cukup sejuk. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jadi jangan lupa untuk kunjungi Gembira Loka jika berkunjung ke Jogja.(*)

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu operasional: Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB

HTM: Rp 20.000 (hari biasa), Rp 25.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional)

Fasilitas: Tempat parkir, ATM, Mushola, Tempat makan, pusat oleh-oleh,

Aktivitas: Melihat berbagai jenis satwa, menikmati berbagai permainan (ATV, Speed boat, perahu kayuh, skuter air)

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat: Jalan Kebun Raya No. 2 Yogyakarta.

Telepon : 0274-373861

Website: gembiralokazoo.com & Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak Kebun Binatang Gembira Loka dari 0 KM Jogja sekitar 4 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih selama 10-15 menit. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari O KM Jogja kita hanya perlu mengambil jalan lurus kearah timur sampai bertemu dengan Jembatan Sungai Gajah Wong. Kebun Binatang Gembira Loka berada sebelah kanan setelah jembatan

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

 

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best time to visit: Pada pagi atau menjelang sore, pada hari biasa

What to bring: Kamera, baju santai, minuman, sepatu atau sandal yang nyaman untuk jalan kaki

Do: melihat berbagai jenis satwa, melihat atraksi satwa, menikmati berbagai permainan, lebih berhati-hati dengan satwa liar

Don’t: memberi makan satwa sembarangan, membuang sampah sembarang, datang pada saat hujan

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

Write A Comment