Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Dekat dengan hutan wisata, diapit dua bukit indah, dilingkari oleh jalan raya yang unik. Nah, itulah gambaran yang bisa Kamu dapat jika membahas tentang Waduk Sermo. Meski indah, tapi rasanya tidak cukup jika hanya menikmati pesonanya saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti naik perahu gethek ataupun perahu motor.

Tujuan wisata Kulon Progo ini telah diresmikan oleh Presiden Soeharto tepatnya di tanggal 20 November 1996. Meskipun sudah ada cukup lama, tetapi, menjadi hits baru akhir-akhir ini. Sebab, banyak spot baru yang instagenic. Membahas tentang objek wisata ini, rasanya tidak cukup hanya tentang sejarah Waduk Sermo saja, untuk itu, ketahui lebih jauh lagi, yuk!

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Waduk Sermo
Image by @ganjar_winarno

Ada banyak fasilitas Waduk Sermo yang tersedia dan dapat menunjang kenyamanan mu selama mengunjunginya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Toilet
  • Peralatan Memancing
  • Gazebo (Rumah Panggung dan Rumah Jamur)
  • Villa
  • Penyewaan Perahu
  • Bengkel
Baca Juga:  Pertama Kali Ke Jogja? Inilah 8 Rekomendasi Wisata Jogja Yang Bro dan Sis Wajib Datangi

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Jam operasional dari Waduk Sermo dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk menyaksikan indahnya Waduk Sermo adalah di kala sore hari supaya bisa menyaksikan sunset yang keemasan.

Aktivitas di Waduk Sermo
Image by @firasetyawati

Selama jam buka, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang asyik. Mulai dari berfoto hingga naik gethek, ulasan lengkapnya di bawah ini:

  • Berburu Spot Foto yang Kece

Ada beberapa spot foto yang kece di tempat ini. Dijamin setelah menyambangi tempat ini, Kamu akan mendapatkan banyak jepretan oke di memori kamera atau hp.

Spot foto yang pertama adalah Taman Bambu Air yang ada di tengah waduk. Spot ini dibuat dari tong plastik dan rangka besi. Di dalamnya terdiri atas meja kursi, penerangan, dan juga ontel tempo dulu.

Spot selanjutnya adalah spot love, bukit pethu, akar liar, Pulau Terapung, gumuk Sri Tinon, jangkang hill, dan sebagainya.

  • Naik Perahu Gethek

Jenis perahu tradisional ini sampai sekarang masih bisa dimanfaatkan untuk berpindah. Meski sudah jarang digunakan, tetapi tetap asyik untuk ditunggangi. Mengitari Waduk Sermo menggunakan perahu bambu akan membuat liburan semakin menarik.

  • Naik Perahu Motor

Kalau Kamu terlalu takut untuk naik gethek, silakan naik perahu motor sebagai alternatifnya. Kamu tidak perlu mendayungnya lagi. Cukup nikmati sensasi mengelilingi waduk sembari duduk santai. Pastinya akan jadi pengalaman yang seru banget.

  • Bersantai di Gazebo Rumah Jamur dan Rumah Panggung

Seperti namanya, gazebo yang satu ini memiliki bentuk laiknya jamur. Singgah sebentar sambil bercengkrama dengan teman atau pasangan akan membuat Kamu melepaskan lelah. Paling cocok jika Kamu membawa snack dari rumah. Eits, tapi tetap buang sampah di tempatnya, ya!

Baca Juga:  Intip Lokasi Tengkleng Gajah Yang Sum-Sumnya Melimpah Ruah (Rute, Fasilitas, Menu, Harga)

Begitu juga kalau Kamu bersantai di gazebo rumah panggung. Bentuknya sih, hampir sama. Tetapi, bentuknya agak beda.

  • Waduk Sermo Camping

Tidak lengkap rasanya jika Kamu hanya sebentar saja singgah di tempat ini. Untuk menikmati indahnya malam Kulon Progo, Kamu bisa bermalam di bumi perkemahan Waduk Sermo. Dijamin Kamu tidak akan melupakan pengalaman ini seumur hidup.

Lokasi Dan Rute Waduk Sermo

Untuk menuju ke Waduk Sermo, Kamu bisa mencatat alamatnya, ya! Di Desa Hargowilis. Nah, kecamatannya masuk di Kokap, Kulon Progo. Jaraknya dari pusat kota sekitar 40 km. Kamu bisa mencapainya dalam waktu tempuh 60 menit.

Lokasi Waduk Sermo
Image by @curiousjors

Rute Waduk Sermo sendiri bisa Kamu tempuh dengan mudah yakni mulai dari pusat Kota Jogja. Setelah itu, ambil arah ke Wates. Ikuti jalan sampai berpapasan dengan patung kuda. Tepatnya ada di bagian barat alun-alun. Selanjutnya bisa langsung ikut arah menuju ke waduk.

Baca Juga:  Sendratari Ramayana: Sajian Romantisme Rama dan Shinta Dalam 120 Menit yang Membuatmu Nyaris Tak Berkedip!

Harga Tiket di Waduk Sermo

Harga Tiket di Waduk Sermo
Image by @tguhprasetia

Harga tiket Waduk Sermo 2019 dan terbaru tentunya banyak dicari oleh pemburu pesona Nusantara. Kamu harus tahu sebelum mengunjunginya.

KeteranganHarga Tiket
Tiket Masuk Anak – AnakRp. 2.000,- / orang
Tiket Masuk DewasaRp. 5.000,- / orang
Parkir MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 3.000,-
Parkir BusRp. 5.000,-
Sewa PerahuRp. 30.000,- / perahu
Keliling WadukRp. 6.000,- / orang
Gardu PandangRp. 10.000,-

Siapa yang tidak tergiur dengan keindahan wisata plus harga yang terlampau murah untuk sebuah keelokan alam. Untuk mengunjungi tempat wisata ini dan tempat wisata terdekat seperti Hutan Mangrove dan Pantai Glagah, Kamu bisa bergabung dengan tim kami yakni TripJogja.co.id. Kami akan membersamaimu meng-explore Kulon Progo hingga tandas.

Buruan, atur jadwal cutimu lalu menjelajah lah hingga ke sudut terbaik kota ini. Pastikan juga Kamu memasukkan Waduk Sermo ke itinerary liburanmu. Ready to begin the journey?

Leave a Reply

Close Menu