Rafting Sungai Elo: Lupakan Sejenak Shopping dan Nongkrong, Pacu Adrenalinmu

Rafting Sungai El0 – Magelang adalah kabupaten di Jawa Tengah yang letaknya paling dekat dan berbatasan langsung dengan wilayah Yogyakarta. Sama seperti Yogyakarta, kabupaten ini juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Selain wisata Candi Borobudur, Candi Mendut dan Ketep Pass, ada satu lagi wisata petualang yang bisa dicoba untuk menantang adrenalin kita yaitu Rafting Sungai Elo. Letak Sungai Elo berada di Kampung Pare, Desa Blondo,Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang dan terletak tidak terlalu jauh dari Candi Mendut dan Candi Borobudur. Dari Yogyakarta, Sungai Elo bisa dijangkau kurang lebih selama satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rafting Sungai Elo, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Sensasi menegangkan saat rafting di derasnya arus Sungai Elo. Via jogjawalk(dot)wordpress(dot)com

Hulu aliran Sungai Elo berada di kaki Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Sungai Elo merupakan salah satu sungai yang sangat ideal untuk wisata alam dan petualangan karena aliran yang relatif stabil dan aman untuk diarungi baik saat musim kemarau maupun musim hujan karena tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Wisata petualangan yang satu ini akan memberikan kesan tersendiri selama anda berlibur di Yogyakarta. Selama mengarungi Sungai  Elo sepanjang 12 kilometer  yang dimulai dari Desa Blondo dan berakhir di Desa Mendut, kita akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri dan juga aktifitas warga sekitar di bantaran Sungai Elo. Perjalanan mengarungi jeram tersebut akan memakan waktu kurang lebih selama 2 – 3 jam.

Rafting Sungai Elo, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Rafting Sungai Elo, menegangkan tapi seru. Via log(dot)viva(dot)co(dot)id

Variasi Jeram Sungai Elo

Jeram yang ada di Sungai Elo ini masuk dalam Grade I – III. Itu artinya, arum jeram di Sungai Elo ini bisa dicoba untuk para pemula yang tidak bisa berenang atau untuk kita yang belum memiliki pengalaman arung jeram sebelumnya. Arung jeram Sungai Elo bahkan bisa dilakukan untuk anak-anak usia diatas 8 tahun karena tingkat kesulitan dan bahayanya yang cukup rendah. Sebelum pengarungan kita juga akan diajarkan bagaimana cara menggunakan atau menggerakan dayung serta apa saja yang harus dilakukan selama berada diatas boat. Tidak ada salahnya bukan untuk mencoba pengalaman baru memacu adrenalin bersama keluarga atau sahabat? Karena inilah saatnya untuk sejenak melupakan shopping, nongkrong, dan kebisingan  kota yang biasa kita hadapi sehari-hari. Sensasi selama mengarungi jeram dan terombang-ambing diatas air, atau bahkan pada saat perahu terbalik tentu saja tidak akan pernah terlupakan.

Tips Memilih Operator Rafting Sungai Elo

Ada banyak operator yang melayani arung jeram di Sungai Elo. Namun ada baiknya untuk melakukan cek dan ricek terlebih dahulu terhadap operator yang akan kita pilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih operator rafting.

  1. Pastikan bahwa kita dan kelompok kita didampingi oleh pemandu atau instruktur yang berpengalaman atau professional.
  2. Operator tersebut menyediakan asuransi untuk semua pesertanya.
  3. Pilih operator rafting yang menerapkan standar operasional prosedur yang benar dan sesuai dengan peraturan arum jeram internasional.
  4. Peralatan seperti boat, pelampung dan helm yang masih baik.
  5. Adanya tim penyelamatan darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pengarungan.
  6. Fasilitas yang di berikan selama arung jeram berlangsung seperti fasilitas antar jemput dari lokasi, makan, snack, ataupun sertifikat.
  7. Pilih operator rafting yang punya reputasi baik dan pengalaman cukup lama.

Jangan terkecoh dengan harga yang murah namun mengesampingkan keamanan dan keselamatan kita.

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

-oOo-

Tentang Rafting Sungai Elo

Waktu Operasional : Setiap Hari, mulai jam 08.00 – 17.00

Harga :  +/- Rp 750.000/boat (1 boat maksimal 5 orang)

Fasilitas:  Asuransi, welcome drink, snack, makan, transport dari lokasi finish ke start point, sertifikat, sewa alat (dayung, boat, helm, pelampung)

Aktifitas: Menikmati sensasi diatas jeram, melihat aktivitas penduduk lokal disekitar Sungai Elo, melatih kekompakan bersama kelompok. Menikmati sensasi diatas jeram, melihat aktivitas penduduk lokal disekitar Sungai Elo, melatih kekompakan bersama kelompok.

Alamat : CitraElo Rafting: Jalan Raya Mendut – Sendangsono km 0,2 Progowati, Mungkid, Magelang.

Telepon : (0293) 788 435

Website : Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak dari 0 km Jogja kurang lebih 45 km dan dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi

Perbedaan hasil pada saat kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti kondisi lalu-lintas dan atau jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

  • Jika ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan Transjogja dari Malioboro menuju ke Terminal Jombor kemudian disambung dengan Bus Jurusan Borobudur turun di pertigaan Candi Mendut.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit : 

  • Siang hari, musim peralihan dari kemarau ke musim hujan

What to bring : 

  • Action cam, waterproof untuk HP, baju ganti, sandal gunung, sunblock, kacamata.

Do : 

  • pakai baju santai (kaos, celana pendek), memakai semua alat keselamatan, mematuhi semua instruksi, mengabadikan moment saat pengarungan.

Don’t : 

  • Memakai baju berbahan jeans, tidak memakai alat keselamatan, tidak mematuhi instruksi.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Rafting Sungai Elo
Author Rating
51star1star1star1star1star

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu