Mengulik Tugu Jogja: Romantisme Kota Gudeg Yang Selalu Didamba

Tak lengkap rasanya kalau Kamu ke Jogja tanpa singgah di Tugu Jogja. Nah, tugu ini sendiri merupakan tempat wisata Jogja yang paling ikonik. Romantisme suasana di tempat ini atmosfer-nya paling terasa jika Kamu berkunjung di malam hari.

Saat pertama kali dibangun, ikon kota ini tidak berbentuk seperti gambar Tugu Jogja yang biasa Kamu lihat di televisi atau internet. Awalnya, tugu ini mempunyai ketinggian sampai 25 meter dengan puncak berbentuk bulat. Dulu, dikenal dengan nama Golong Giling. Tugu ini pernah direnovasi di tahun 1867 karena gempa bumi dan di tahun 1889 oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Tugu Jogja
Image by @zayni.amalia

Tugu Jogja bukan hanya sekadar bangunan memanjang yang tinggi menjulang. Tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung agar pengunjung merasa nyaman, seperti:

  • Tempat duduk
  • Spot Foto
  • Pusat kuliner
  • Kafe

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Meksipun Tugu Jogja bisa diakses kapan saja, dalam artian 24 jam buka. Namun, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di malam hari. Yang mana Kamu bisa menyaksikan romantisme malam dengan gemerlap lampu Kota Gudeg ini.

Jam Buka Tugu Jogja
Image by @fai.kun

Nah, karena Tugu Jogja dilengkapi dengan berbagai fasilitas, maka sudah pasti Kamu lebih bebas untuk melakukan ragam aktivitas. Apa saja itu?

  • Nongkrong dengan Teman

Suasana yang tidak seriuh siang hari Jogja tentunya membuat Kamu bisa meresapi keunikan kota ini. Tempat ini pun menjadi semakin asyik karena sudah ditata sedemikian rupa.

Sembari bercakap, Kamu juga bisa membahas tentang fakta Tugu Jogja yang tersembunyi. Seperti sejarah dan nilai-nilai filosofis dari tempat ini. Kamu juga bisa menelusuri arti dari lukisan-lukisan di sana.

  • Menyaksikan Miniatur Kota dan Kraton Jogja

Di sisi jalan (sebelah kanan jika Kamu datang dari Stasiun Tugu) dari tugu, Kamu juga bisa melihat miniatur Kota Pelajar ini. Yang mana pada setiap miniatur tergambar benang merah antara kota dan kraton.

Tugu Jogja memang menjadi landmark tersendiri yang menjadi magnet wisatawan. Pun, dengan mahasiswa yang pernah mengembara ke negeri budaya ini. Hingga ada tradisi mencium dan memeluk tugu ini sebelum kembali ke wilayah asal. Mitosnya, jika hal ini dilakukan maka orang tersebut bisa mengunjungi Jogja lagi. Unik, ya?

  • Wisata Kuliner

Sia-sia banget deh, kalau Kamu ke suatu tempat tanpa berburu kuliner khasnya. Begitu juga saat Kamu menyambangi tempat wisata ini. Pokoknya, Kamu wajib mencicipi panganan di sekitar lokasi. Bisa di angkringan atau kafe, sesuaikan saja dengan isi dompet, sih! Oh ya, by the way, ada juga yang menjual kue Tugu Jogja, cocok buat oleh-oleh, nih.

Kalau ke tempat ini, satu minuman yang harus Kamu konsumsi adalah Kopi Joss. Sembari menatap syahdunya malam yang dingin dengan menyeruput kopi. Suasana pun berubah jadi melankolis seketika.

Lokasi dan Rute Tugu Jogja

Akses Tugu Jogja gampang banget baik untuk kendaraan umum atau pribadi, Terlebih, kalau Kamu menginap di akomodasi yang ada di dekat Jalan Margo Utomo atau Jalan Malioboro. Cukup dengan andong, Kamu pun bisa sampai dengan cepat. Lokasi pakemnya ada di perempatan Jalan Pangeran Diponegoro, AM, Sangadji, Jendral Sudirman, dan juga Margo Utomo.

Lokasi Tugu Jogja
Image by @thesptn.10

Rutenya sendiri pasti mudah dihafal. Soalnya, lokasinya memang ada di pusat kota, sih! Kalau Kamu dari Jalan Malioboro, jalan saja ke utara lewat Jalan Margo Utomo, beberapa menit jalan, sampai, deh!

Harga Tiket di Tugu Jogja

Harga Tiket Tugu Jogja
Image by @frandaaa87

Banyak orang yang bilang, “belum terasa ke Jogja kalau belum selfie di Tugu Jogja.” Betul banget, selain ikonik, tarif masuknya pun bikin dompetmu aman, cek aja di sini:

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Sepeda MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-

Ikon Jogja yang satu ini benar-benar tidak boleh terlewat. Selain menyajikan panorama malam yang romantis, Kamu juga akan dibawa ke kenangan dan sejarah masa lampaunya. Nah, tidak lengkap juga kalau di Jogja hanya ke tempat yang itu-itu saja. So, biar referensi wisatamu lebih kaya, gabung dengan paket wisata jogja di TripJogja.co.id.

Pastinya, Kamu harus mencintai setiap potongan dari surga budaya Indonesia ini dengan mendatanginya dan menjaga kelestariannya. Termasuk juga peng-ejawantahan cintamu pada Indonesia dengan share artikel tentang Tugu Jogja ini ke media sosialmu. Biarkan teman-temanmu tahu, ada tempat-tempat yang indah di bagian lain Indonesia.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu