Sensasi Umbul Ponggok, Wisata Bawah Air Klaten yang Instagramable

Siapa sih, yang tidak tahu perihal Umbul Ponggok? Pastinya sudah tahu, dong! Soalnya, gambar Umbul Ponggok akhir-akhir ini mewarnai setiap timeline sosial mediamu. Nah, FYI tempat wisata ini awalnya hanya sumber mata air alam yang ditampung dalam kolam.

Namun, setelah ditata dan dipercantik sedemikian rupa, Umbul Ponggok jadi destinasi yang amat diburu. Makin keren, Umbul Ponggok pun tidak hanya terkenal di Klaten saja. Bahkan, mengalahkan kepopuleran destinasi wisata Jogja. Sensasi berenang dengan ikan tawar, snorkeling, dan diving pun menjadi agenda wajib traveler.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Umbul Ponggok
Image by @nialenitanathania

Jangan bilang ini tempat wisata yang B aja sebelum tahu fasilitas yang ditawarkannya. Bukan sekadar kolam biasa, Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia seperti:

  • Alat Snorkeling
  • Kamera Underwater
  • Wahana Permainan: Warrior Adventure
  • Paket Diving yang terdiri dari diving googles, wet suit, fin, dan underwater walker dive

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Umbul Ponggok sendiri dibuka setiap hari, baik weekdays ataupun weekend. Kamu bisa datang mulai pukul 07.00-17.00. Bisa deh, seharian main air di tempat seru ini.

Jam Buka Umbul Ponggok
Image by @jordi.na

Selama itu pula, Kamu tidak hanya bisa main air saja sih, sebenarnya. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seru seperti:

  1. Snorkeling dan Diving

Aktivitas yang wajib Kamu lakukan begitu sampai ke Umbul Ponggok adalah snorkeling dan diving. DI bawah air, Kamu bisa menyaksikan banyaknya ikan yang berlomba-lomba menarik perhatianmu.

Nah, kolam yang tersedia mempunyai ukuran 25 x 50 meter persegi. Sementara kedalamannya adalah 1,5 sampai 2,6 meter. Kualitas air yang super jernih membuat Kamu bisa menyaksikan dengan jelas keindahan Umbul Ponggok ini.

Kamu juga bisa menyewa set perlengkapan foto bawah air seperti motor, ayunan love, dan masih banyak lagi. Abadikan foto dengan kamera underwater yang pastinya akan membuat fotomu hits banget di Instagram.

  1. Berenang

Butuh keahlian khusus untuk bisa menyelam dan snorkeling. Jika budget pas-pasan untuk menyewa perlengkapannya, Kamu bisa menyewa ban untuk berenang. Murah tapi tetap menyenangkan.

  1. Bersantai di Cafe Pinggir Kolam

Kalau Kamu malas untuk basah-basahan atau sudah capek berenang, silakan datang ke café di pinggir kolam. Kamu bisa menyantap kudapan ringan atau snack sembari melihat jernihnya air yang menenangkan.

Kalau datang dengan keluarga atau pasangan, ini adalah saat yang paling tepat untuk meningkatkan quality time. Ditemani secangkir kopi, hubunganmu dengannya pun makin nempel.

  1. Foto Pre-Wedding

Jadikan momen sebelum nikahmu semakin berarti dengan mengabadikannya di tempat wisata ini. Kamu bisa memanfaatkan jasa fotografer Pre-Wedding yang ada di tempat ini dengan membayar sejumlah biaya.

Lokasi dan Rute Umbul Ponggok

Alamat Umbul Ponggok ada di Desa Ponggok yang kecamatannya ada di Polanharjo. Meskipun ada di Kabupaten Klaten, tapi, lokasinya tidak jauh dari Jogja. Cukup dengan waktu tempuh 1 jam saja, Kamu sudah sampai di tempat kece ini.

Lokasi Umbul Ponggok
Image by @yuni_dodo

Sedangkan rutenya bisa Jalan Raya Solo – Jogja. Patokannya adalah saat sudah lewat di Delanggau, maka Kamu bisa berhenti di terminal Penggung, tepatnya di kiri jalan. Dari sini, Kamu bisa ambil arah kanan lalu lurus saja. Hingga ketemu Markas Koramil di kiri jalan. Setelah pertigaan, Kamu ambil kanan, lalu lurus hingga terlihat plang Umbul Ponggok. Sampai, deh!

Harga Tiket di Umbol Ponggok

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok
Image by @sulthon_alazizy

Berwisata ke tempat yang seru tidak harus mengeluarkan kocek dalam-dalam, kok! Buktinya di Umbul Ponggok, Kamu bisa berlibur dengan biaya yang murah. Cek saja harga tiket Umbul Ponggok 2019 di bawah ini!

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 5.000,- / orang
Parkir MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 4.000,-
Sewa LokerRp. 3.000,- / unit
Sewa PelampungRp. 7.000,-
Sewa Snorkel SetRp. 13.000,-
Sewa Lokasi Pre-WeddingRp. 300.000,-
Sewa Kamera UnderwaterRp. 100.000,- / jam
Sewa Properti Foto (Motor/Becak/Ayunan/Set Love)Rp. 100.000,-
Sewa BanRp. 5.000,-

Pokoknya, Kamu jangan mau kalah dengan artis atau selebgram yang pernah ada di Umbul Ponggok ini. Nah, kalau Kamu belum tahu lokasi pastinya, manfaatkan saja paket wisata di TripJogja.co.id. Di sinilah agen travel paling terpercaya dan profesional.

Nah, kalau Kamu belum pernah ke sini, buruan, deh, ambil cuti dan nikmati suasana menyegarkan di Umbul Ponggok. Bagaimana, siap memulai perjalanan seru ini?

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu