Kalender Event

[Field Report] Pasar Kangen Jogja 2018

Pasar Kangen Jogja 2018 – Yeay! Pada tanggal 10 Juli 2018 kemarin saya dan tim Tripjogja berkesempatan untuk berkunjung ke Pasar Kangen Jogja. Iya Pasar Kangen Jogja…!

Eh ngomong-ngomong udah tau Pasar Kangen Jogja?

Yuk simak field report [FR] saya di artikel berikut 🙂

Apa Itu Pasar Kangen Jogja?

Mungkin bagi beberapa orang ada yang belum tau apa tu Pasar Kangen Jogja. Kalo dilihat dari namanya sih, udah cukup menjelaskan ya… Sebuah pasar yang menyajikan berbagai hal yang selama ini kita kangenin. Bisa makanan, barang-barang atau pernak pernik yang ada di dalam pasar itu sendiri.

pasar kangen jogja
Hehe, iseng saya foto candid nih. 2 mbak-mbak yang mau membeli makanan tradisional bernama “Bothok”. Ada yang tau Bothok itu makanan apa? (photo credit by @nickysaputra_)

Pasar Kangen Jogja ini adalah event tahunan yang sudah berlangsung selama 11 tahun berturut-turut. Diinisiasi oleh para seniman seantero Jogja yang pada masa itu yang kangen terhadap berbagai hal jaman old yang udah jarang ditemui di jaman sekarang, Tapi sebenernya, ada apa aja sih didalam Pasar Kangen Jogja 2018 kali ini?

Ada Apa Saja di Pasar Kangen Jogja 2018?

Dari pantauan saya dan tim Tripjogja di venue, Pasar Kangen Jogja 2018 kali ini masih senada dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana Pasar Kangen Jogja menawarkan berbagai macam stand yang berjualan jenis-jenis barang & makanan yang biasa kita temui di pasar tradisional masa lampau.

Menurut Mas Ale (salah satu panitia yang kami jadikan narasumber, red.), Pasar Kangen Jogja tahun ini menghadirkan 1000-an stand kuliner tradisional serta 80-an stand barang kerajinan asli Indonesia.

Menurut mas Ale (panitia event), Pasar Kangen Jogja tahun ini menyajikan 1000-an stand Kuliner Tradisional dan 80-an stand Kerajinan Asli Indonesia.

Dikutip dari press release, aneka kuliner yang dijual di Pasar Kangen Jogja telah melalui seleksi yang ketat. Syarat mutlaknya adalah makanan harus benar-benar memenuhi kriteria tradisi. Baik bahan, peralatan, maupun cara pembuatannya. Produk makanan kemasan dan franchise tidak lolos seleksi. “Cilok & cirengpun tidak boleh”, menurut Ketua Panitia, mas Wasdiyanta Pasar Kangen Jogja.

Pasar Kangen Jogja
Makanan yang dijual diseleksi ketat mengikuti aturan main. Salah satunya tidak diolah menggunakan peralatan modern.

Yang wow lagi adalah, makanan yang pengolahannya menggunakan peralatan modernpun tidak diperbolehkan. “Makanan yang pengolahannya memerlukan freezer, kulkas, tidak boleh.” ungkap mas Wasdiyanta.

Kalo berdasarkan pantauan saya bareng anak-anak Tripjogja kemarin, macam-macam makanan tradisional yang kami temukan ada Thiwul, lopis ketan, kipo, cenil, sate gajih, sate kere, ketan srundeng, gebleg, pecel ndeso, sego krawu, dan masih banyak lagi lainnya.

pasar kangen jogja 2018
Salah satu pedagang yang mengisi stand di Pasar Kangen Jogja. Unik dan tetap tradisional.
pasar kangen jogja
Penjual kue apem tradisional sedang mennuangkan adonan kue kedalam loyang. (photo credit by @nickysaputra_)
pasar kangen jogja 2018
Mau cari gebleg gak perlu jauh-jauh sampai ke Kulonprogo, cukup di Pasar Kangen Jogja 😀 (photo credit by @nickysaputra_)

Nggak cuma itu, panitia juga menggelar berbagai macam pertunjukan kesenian tradisional yang diikuti oleh 32 kelompok seni. Luar biasanya, acara ini terbuka bagi umum dan semuanya GRATIS!

Acara pertunjukan kesenian ini berlangsung setiap hari dari pukul 12.00 – 22.00 WIB selama event berlangsung.

Kapan Event Pasar Kangen Jogja 2018?

Event Pasar Kangen Jogja 2018 diselengarakan pada tanggal 7-16 Juli 2018. Mengapa dilaksanakan pada tanggal ini? Menurut saya sih ngepasin pada saat anak sekolah libur panjang. Sehingga dapat menarik pengunjung dengan lebih maksimal. Terbukti pada saat saya & tim Tripjogja sedang berkunjung kesana, boleh dibilang venue terasa sesak karena banyaknya pengunjung.

pasar kangen jogja
Suasana Pasar Kangen Jogja di kala sore hari. Sudah mulai terlihat sesak pengunjung. Semakin malam, pengunjung makin banyak berdatangan. (photo credit by @nickysaputra_)

Pengunjung event ini tidak hanya dari warga lokal Jogja, tapi juga para wisatawan dari luar Jogja. Kemarin, tak jarang saya melihat beberapa wisatawan domestik atau mancanegara yang tampak wira wiri di dalam venue.

Lokasi Acara Pasar Kangen Jogja 2018

Seperti biasanya, Pasar Kangen Jogja adalah event jogja 2018 yang selalu diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta. Lokasi ini sudah menjadi lokasi tradisi tahunan untuk event Pasar Kangen Jogja.

ngomong-ngomong. kenapa di Taman Budaya Yogyakarta?

Karena TBY adalah tempat di tengah kota Yogyakarta yang representatif sebagai venue dan cukup mudah diakses dari manapun. Buat kamu yang mau menuju ke TBY, silahkan klik di kotak peta ini:

Map Venue Pasar Kangen Jogja (Taman Budaya Yogyakarta)

Buat kamu yang bawa motor, sangat mudah untuk parkir di pinggir jalan sepanjang TBY. Nah, kamu yang naik mobil, saya sarankan untuk parkir di Taman Parkir Senopati seberang Taman Pintar. Itu akan jauh lebih mudah ketimbang harus bermacet-macet ria di sepanjang jalan depan TBY.

Tema Pasar Kangen Jogja 2018

Menurut mas Wasdiyanta, Pasar Kangen Jogja #11 tahun 2018 ini mengusung tema “Pasrawungan Ajur-Ajer”. Dimana jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti “Hubungan kekerabatan yang ikhlas tanpa pamri, saling menolong, memahami satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat”.

pasar kangen jogja 2018
Pasar Kangen Jogja #11 tahun 2018 ini mengusung tema “Pasrawungan Ajur-Ajer”. Dimana jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti “Hubungan kekerabatan yang ikhlas tanpa pamri, saling menolong, memahami satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat”.

Salah satu kekuatan pasar dalah relasi kemanusiaan yang bergitu intim terbangun. Relasi antara pedagang dan pembeli bukan semata-mata transaksi ekonomi semata, tapi ada tegur sapa. Spirit inilah yang coba kita hadirkan dalam pasar kangen”, pungkas mas Wasdiyanta.

Menariknya lagi, Pasar Kangen Jogja selalu menyajikan sensasi kawula muda dan nostalgia bagi orang tua, dan gratis umtuk umum.

Tips Berkunjung ke Pasar Kangen Jogja 2018

Sebelum kamu berkunjung ke Pasar Kangen Jogja yang ke-11 tahun 2018 ini, ada beberapa tips dari Tripjogja:

  1. Berkunjunglah pada jam 15.00 – 18.00, kenapa? Karena jam nyaman berkunjungnya memang jam segitu, dimana belum terlalu banyak pengunjung membanjiri venue. Hindari datang ke Pasar Kangen jogja diatas jam 18.00 karena akan sangat banyak pengunjung yang datang. Lebih daripada itu, di jam 15.00 – 18.00, acara berbagai kesenian tradisional sudah dimulai di pangggung utama di tengah venue.
  2. Bawa uang yang cukup! Akan banyak jajanan ataupun kuliner ditawarkan disini. Laper mata? Iya pasti. Laper perut? Apalagi! Pastikan dompet berisi amunisi yang cukup untuk berbelanja jajanan yang memanjakan lidah & penuh nostalgia.
  3. Jaga barang bawaan pribadi. Pastilkan barang berharga pribadi yang kamu bawa selalu dalam pantauanmu. Di venue Pasar Kangen Jogja sangatlah banyak pengunjung, sewajarnya kita untuk selalu waspada kepada gelagat oknum-oknum yang mencurigakan di pusat keramaian seperti ini.
  4. Jangan buang sampah sembarangan! Gak cuma di event ini doang sih. Dimanapun kita berada, pastikan kita selalu respek kepada alam & lingkunga sekitar dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.
  5. Parkir Motor & Mobil. Parkir motor bisa di jalanan depan Taman Budaya Yogyakarta. Namun bagi kamu yang membawa mobil, sebaiknya parkir di utara toko Wijaya, atau bisa juga di Taman parkir Senopati (seberang Taman Pintar).
  6. Untuk Wisatawan. Jika kamu bukan asli Jogja, cari tahu detil-detil kegiatan Pasar Kangen Jogja kepada temanmu di Jogja. Atau jika kamu memakai jasa Tour Operator Paket Wisata Jogja seperti kami di Tripjogja, pastikan kamu mendapat informasi lengkap & valid tentang event ini.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah lainnya disini.

pasar kangen jogja
Penjual Sate Kere khas Jogja sedang membakar sate gajih. (photo credit by @nickysaputra_)

Oke gaesss, sekian Field Report dari Tripjogja tentang event Pasar Kangen Jogja 2018 dimana event ini sudah berlangsung selama 11 tahun berturut-turut. Seenggaknya minimal 1x seumur hidup untuk bekunjung ke Pasar Kangen Jogja, tentu untuk melepas rindu akan nostalgia jaman dahulu melalui pasar beserta isinya.

Salam hangat dari Kota Jogja! 🙂

NS – Tripjogja

Write A Comment