Di balik gagahnya Gunung Merapi yang menyimpan pesona alam  indah, disisi lereng sebelah barat nya terdapat satu museum yang baru-baru ini dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia yang bernama Museum Ullen Sentalu. Museum yang berada di Jalan Boyong, Kaliurang ini seperti mengajak kita untuk kembali ke masa lalu dengan segala kemegahannya.

Karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi serta  banyaknya pepohoan yang rimbun tidak hayal jika hawa yang sejuk dan asri sangat terasa disekitar museum ini. Keunikan lain dari bangunan museum ini adalah karena Museum Ullen Sentalu ini dibangun berdasarkan kontur tanah yang tidak rata sehingga terlihat  menarik dengan lorong-lorong  kecil yang ditata sangat apik.

Museum Yang Menyimpan Aneka Koleksi Budaya Jawa Peninggalan Mataram

Disini kita bisa melihat koleksi peninggalan dari Dinasti Mataram yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman yang berada di Yogyakarta serta Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Praja Mangkunegaran yang berada di Surakarta. Koleksi yang dapat dilihat di Museum Ullen Sentalu mulai dari lukisan, alat musik, kain batik, dan berbagai benda lainnya.  Setiap pengunjung yang datang akan ditemani oleh seorang pemandu yang berpengalaman yang akan menjelaskan setiap detail cerita dari benda koleksi yang ada di Museum Ullen Sentalu ini.  Rombongan pengunjung  museum ini hanya dibatasi dalam jumlah kecil agar setiap orang bisa lebih paham tentang apa yang mereka saksikan.

“Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”

Nama Ullen Sentalu Sendiri merupakan kepanjangan dari sebuah kata dalam bahasa Jawa  “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Lampu blencong merupakan lampu yang biasa digunakan pada pertunjukan pertunjukan wayang kulit.

corporate outing jogja, corporate gathering jogja, paket tour jogja, paket wisata jogja
Relief yang dietakan miring adalah salah satu spot yang keren untuk beroto.

Sosok Gusti Nurul

Museum Ullen Sentalu dibagi menjadi beberapa ruangan. Ruang yang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan seperangkat gamelan. Ruang yang selanjutnya adalah ruang yang menyimpan 4 lukisan pengangeng Dinasti Mataram. Didalam ruangan ini bisa disaksikan raja-raja yang pernah berkuasa beserta permaisurinya lengkap dengan pakaian kebesaran yang dikenakannya.

Ruang Kampung Kambang merupakan ruang berikutnya yang bisa kita kunjungi di Museum Ullen Sentalu. Didalam ruang ini kita akan di suguhi pemandangan koleksi batik, syair, dan juga album hidup dari Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau yang biasa dikenal dengan nama Gusti Nurul.

Beliau merupakan putri tunggal KGPAA Mangkunegara VII dari permaisuri GKR Timoer yang berasal dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.  Pada saat usia 15 tahun Gusti Nurul pernah diundang oleh Ratu Wilhelmina untuk menari di Belanda sebagai hadiah pernikahan untuk Putri Juliana. Yang menarik adalah tarian tersebut diiringi oleh gamelan melalui radio di Solo karena saat itu rombongan Gusti Nurul tidak membawa perangkat gamelan. Kecantikan Gusti Nurul juga pernah mempesona beberapa petinggi Indonesia kala itu seperti Sutan Sjahrir dan Presiden Soekarno yang ingin meminangnya.

Yang paling terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum yang berada di luar ruangan. Usai mengikuti tur para pengunjung akan disuguhi minuman jamu “Ratu Mas Drank” atau semacam wedang jahe yang merupakan minuman khas keraton yang berkhasiat sebagai obat  awet muda.

Wisata Kuliner Di Restoran Beukenhof  

Selain bisa menikmati warisan budaya peninggalan Kerajaan Mataram disini kita bisa menikmati aneka hidangan makanan yang mempunyai cita rasa lezat di Restoran Beukenhof dengan arsitektur serba kayu  yang unik ala jaman kolonial lengkap dengan lantai atau tegel yang semakin menguatkan kesan kunonya. Selain itu masih ada hiasan-hiasan meja maupun dinding yang semakin menambah cantik suasana di restoran ini.  Makanan yang dihidangkan di Restoran Beukenhof adalah makanan-makanan Eropa.

Tunggu apalagi Ullen Sentallu merupakan perpaduan antara menjelajah mesin waktu Jawa kuno yang bisa membuat kita menghargai peninggalan budaya nenek moyang kita serta pemandangan alam yang asri yang bisa membuat pikiran lebih tenang. (*)

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista


Tripjogja™ Info Tempat Wisata di Jogja

Museum Ullen Sentalu

Waktu Operasional : Selasa – Minggu. (Tutup hari Senin). Pukul : 08.30 – 16.00 WIB
HTM Dewasa : Rp 30.000,00 (Domestik/WNA Pemegang Kitas) & Rp 50.000 (WNA)
HTM Anak-anak : Rp 15.000,00 (Domestik/WNA Pemegang Kitas) & Rp 30.000 (WNA)
Fasilitas: Pemandu Lokal dan Minuman khas Ullen Sentalu.
Aktifitas: Setiap wisatawan yang berkunjung ke Museum Ullen Sentalu akan dipandu oleh seorang pemandu berpengalaman yang menjelaskan secara rinci mengenai koleksi museum diantaranya seperangkat koleksi gamelan, lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram, koleksi batik, syair, hingga album hidup GRAy. Siti Nurul Kusumawardhani
Alamat : Jl. Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon : (0274) 895161
Website : www.ullensentalu.comReview Tripadvisor
Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak tempuh dari pusat kota Jogja ke Museum Ullen Sentalu  sekitar 20 kilometer dengan estimasi waktu tempuh 30 menit. Perbedaan hasil pada saat kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti kondisi lalu-lintas dan atau jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

  • Melalui Jalan Kaliurang (30-45 menit): ikuti jalan utama ke arah utara sepanjang 18 km.
  • Melalui Jalan Palagan Tentara Pelajar (25-35 menit): ikuti jalan utama ke arah utara sepanjang 10 km, belok kanan pada pertigaan Pulowatu dan ikuti jalan sepanjang 3 km, belok kiri di pertigaan Pasar Pakem, ikuti jalan utama sepanjang 6,5 km.
  • Dari Titik No Jogja, sekitar Sossrowijayan ada Halte Transjogja. Naik kendaraan umum ke arah Kentungan. Turun di Halte Kentungan (Ringroad Utara). Setelah itu, naik angkutan mobil Elf ke arah Kaliurang (biasanya tarif Rp.4000,-). Turun di pertigaan dekat Vogels Hostel. Dari pertigaan ini  harus jalan kaki sekitar 10 menit menuju Ullen Sentalu karena tidak ada kendaraan umum yang masuk ke areal Museum
  • Gunakan Bus TransJogja rute 2B atau 3B dan turun di Shelter Ring Road Utara-Kentungan. Ganti dengan angkot rute Yogyakarta-Pakem dan turun di Pasar Pakem. Ganti dengan angkot rute Pakem-Kaliurang dan turun di Taman Kanak-Kanak Kaliurang. Berjalan ke arah Barat kurang lebih 300 meter (8 menit).
  • Angkot hanya beroperasi pada pukul 08.00-14.00 WIB, dengan jadwal yang tidak teratur.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit :   Siang hari, karena dikala cuaca Jogja sedang panas, Ullen Sentalu adalah destinasi yang tepat untuk berteduh.
What to bring :  Air Mineral
Do : Mencoba minuman dengan Ramuan Awet Muda khas para putri Kraton.
Don’t : Mengambil gambar di area yang memang tidak diperkenakan untuk difoto.

 

Write A Comment