Intip Uniknya Masjid Agung Jawa Tengah Yang Punya Payung Kembaran Masjid Nabawi

Keberadaan masjid agung di setiap kota menjadi hal yang sudah diketahui secara umum. Tak terkecuali di Jawa Tengah. Sebuah masjid yang berdiri kokoh dan besar ini dikenal dengan nama Masjid Agung Jawa Tengah. Bukan hanya filosofi setiap desain arsitekturnya yang unik, tetapi ada satu ikon yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Ikon tersebut adalah payung besar yang serupa dengan yang ada di Masjid Nabawi. Tak hanya menjadi pusat ibadah bagi warga Semarang dan sekitarnya, masjid ini juga menjadi tujuan wisata Jawa Tengah yang banyak disambangi. Biasanya, yang paling sering mengunjungi adalah rombongan ziarah wisata. Mari mengulik tentang istimewanya masjid ini.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah
Image by @aditnfrog

Sudah selayaknya fasilitas di Masjid Agung Jawa Tengah ini patut diacungi jempol. Pasalnya, cukup lengkap dan bisa menunjang aktivitas beribadah atau berwisata untuk pengunjung. Beberapa diantaranya:

  • Penginapan
  • Perpustakaan Masjid Agung Jawa Tengah
  • Auditorium
  • Ruang Akad Nikah
  • Pemandu Wisata
  • Museum Kebudayaan Islam
  • Kios Cinderamata
  • Sarana Bekam
  • Air Mancur
  • Arena Bermain Anak
  • Kereta Kelinci

Jam Buka dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Sebagai rumah ibadah bagi umat Muslim, tentu saja kapan saja boleh dikunjungi. Terutama untuk alasan beribadah dan kegiatan positif lainnya. Jadi, Masjid Agung ini dibuka selama 24 jam.

Jam Buka Masjid Agung Jawa Tengah
Image by @yogaaris.nimatullah

Sedangkan aktivitas yang bisa kamu lakukan tidak hanya ibadah saja. Ada beberapa hal menarik yang tidak boleh terlewat selama ada di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kota Semarang, Jawa Tengah ini, berikut ulasannya:

  • Mengagumi Arsitektur Masjid yang Unik

Masjid ini merupakan rancangan dari Ir. H. Ahmad Fanani yang mana bisa dilihat bawha bagian depan masjid bergaya arsitektur Romawi. Lekat sekali dengan gedung populer bernama Colosseum.

Sementara itu, pada bagian dinding ada kaligrafi yang indah serta terdapat empat menara yang mengelilinginya. Atap masjidnya sendiri bermotif batik yang merupakan ciri dari kebudayaan Jawa.

  • Menyaksikan Payung Masjid yang Mekar

Sebagaimana payung yang ada di Masjid Nabawi, di Masjid Agung ini, kamu juga dapat melihatnya. Enam buah payung elektrik yang berukuran raksasa. Payung dibuka hanya pada saat tertentu seperti Maulid Nabi, Idul Fitri, Idul Adha, salat Jumat, dan juga salat gerhana. Meski begitu, dilihat pula kondisinya apakah angin lebih dari dua ratus knot atau tidak.

  • Mengambil Foto dengan Background Masjid

Kamu juga bisa bisa berfoto secara leluasa di sisi masjid mana pun. Nah, sebagai referensi, ada beberapa spot yang menarik, seperti Alquran raksasa di Masjid Agung Jawa Tengah. Kitab suci ini bisa kamu lihat begitu masuk ke masjid. Penulis dari Alquran raksasa ini adalah Hayatudin yakni lulusan dari UNSIQ (Universitas Sains Alquran).

  • Berkunjung ke Menara Asmaul Husna

Satu tempat di bagian luar masjid yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Menara Asmaul Husna. Tinggi dari menara ini adalah 99 meter dengan 19 lantai. Di lantai dua dan tiga terdapat Museum untuk menelusuri kebudayaan Islam di Tanah Jawa.

Alamat dan Rute Menuju Masjid Agung Jawa Tengah

Sebenarnya tak sulit untuk bisa menemukan masjid yang begitu megah ini. Namun, bagi yang pertama kali mengunjunginya tentu masih belum tahu lokasi pastinya. Silakan catat baik-baik lokasinya. Ada di Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah masuk pada Kecamatan Gayamsari. Tepatnya ada di Jalan Gajah Raya nomor 128. Kode pos Masjid Agung Jawa Tengah adalah 50166.

Alamat Masjid Agung Jawa Tengah
Image by @yuharsono

Rute yang bisa kamu lewati untuk menuju ke tempat ini adalah dari Jakarta ke Cikampek. Kamu bisa lewati Tol Cikompo, Palimanan, dan Kanci. Lanjutkan perjalanan melalui Tol Pejagan dan Pemalang. Setelah itu, Menuju ke Comal, lanjut Pekalongan, dan juga Batang.

Selanjutnya, kamu akan lewat Alas Roban, Weleri dan Kendal. Jika sudah sampai di Jalan Jenderal Sudirman, Sugiopranoto, dan Pandanaran, kamu akan menemukan lokasi Simpang Lima, silakan menuju Jalan Mayjend Sutoyo, lanjut Jalan R.A Kartini, Jalatundo, Gajah Raya, dan sampailah kamu di Masjid Agung.

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Masjid Agung Jawa Tengah
Image by @nanda.dewii

Silakan cek harga tiket untuk masuk ke Masjid Agung Jawa Tengah. Lihat daftarnya berikut ini:

KeteranganHarga Tiket
Tiket MasukGratis
Menara Asmaul HusnaRp. 7.500,-

Siapa bilang masjid tidak bisa menjadi tempat wisata yang menarik? Buktinya, ada banyak fasilitas dan hal asyik yang bisa kamu lakukan di masjid ini. Mulai dari melihat sejarah Islam, menyaksikan kemegahan gedung, hingga naik ke menara setinggi 99 meter. Lebih menarik lagi kalau kamu manfaatkan paket tour jogja dari tripjogja.co.id untuk mengunjungi berbagai tempat seru di Jawa Tengah.

Bagikan artikel ini di media sosialmu jika dirasa bermanfaat. Mana sisi paling menarik Masjid Agung Jawa Tengah yang paling kamu sukai?

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu