11 Wisata Bantul Yang Layak Dimasukkan Itinerary

Seperti yang sudah kamu ketahui, Bantul merupakan salah satu bagian dari Kota Gudeg atau Daerah istimewa Yogyakarta. Luasnya yang mencapai 506 meter persegi membuat kota ini diperkaya dengan sejumlah objek wisata yang menarik. Pun, lokasinya yang ada pada tepi Pulau Jawa serta batasnya adalah Laut Pulau Jawa membuat banyak wisata Bantul yang berupa pantai.

Terlebih, kebudayaan yang dijunjung tinggi membuatnya lekat akan adat istiadat. Nah, destinasi wisata Bantul juga terdiri atas wisata alam, budaya, edukasi, serta spot foto yang instagenic. Pastinya, kamu akan merasa penasaran dengan ragamnya yang menarik. Untuk itu, tidak perlu berlama-lama, mari membahas tentang tempat wisata Bantul paling hits di tahun ini!

Kebun Buah Mangunan Destinasi Menarik Sembari Berburu Buah Segar

Mencicipi buah segar langsung dari pohonnya tentu tidak bisa kamu lakukan di rumah. Jika kamu ingin merasakan sensasinya, silakan datang ke Kebun Buah Mangunan. Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa memandang view menarik dari kawasan bukit yang eksotis.

Kebun Buah Mangunan
Image by @mahdi_harun

Dari atas puncak, kamu bisa menatap gagahnya Gunung Sewu serta Sungai Oyo. Liukannya membelah pegunungan sehingga menambah eksotisme panorama. Aktivitas paling menarik yang bisa kamu lakukan adalah menunggu matahari terbit atau tergelincir. Sehingga, waktu terbaik untuk datang adalah di pagi atau menjelang senja.

Silakan datang sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Untuk menikmati pemandangan yang kece di destinasi wisata Bantul ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- untuk membayar tiket masuk.

Lokasi: Mangunan, Dlingo, Bantul

Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Pasir di Daerah Tropis

Wisata Bantul selain pantai sangat beragam, salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke daerah Timur Tengah untuk bisa menyaksikan gurun pasir yang tandus. Cukup datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo saja!

Gumuk Pasir Parangkusumo
Image by @masmeya

Aktivitas seru yang bisa dilakukan dijamin hanya ada di sini. Mulai dari berselancar atau sandboarding, berfoto, berjemur, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, kamu pun bisa menikmati panorama eksotis khas padang tandus. Bahkan, beberapa orang menjadikannya sebagai lokasi untuk berfoto pre-wedding.

Tertarik untuk menjelajahinya? Tenang, kamu tidak akan dikenai biaya masuk tersendiri. Kalau sudah membayar tiket untuk masuk ke Parangtritis, maka tidak perlu membayar lagi. Kamu juga bebas untuk bermain pasir kapan saja, sebab, lokasi wisata Bantul ini dibuka selama 24 jam.

Lokasi: Pantai Parangkusumo, Grogol, Parangtritis, Kretek, Bantul

Hutan Pinus Dlingo, Asyiknya Tersesat di Pohon-Pohon yang Menjulang

Pose kebingungan di tengah hutan pinus yang tinggi pasti akan tampak kece jika diunggah di media sosialmu. Nah, untuk melakukan hal ini, lokasi yang bisa kamu sambangi adalah Hutan Pinus Dlingo. Di tempat ini, kamu bisa hunting foto sepuasnya. Bisa juga bersantai di atas hammock yang disewa dari pengelola.

Hutan Pinus Dlingo
Image by @srimahkutoromo

Sebagian besar areanya merupakan hutan pinus. Tidak hanya pohon saja, kamu pun bisa melihat bunga yang warna-warninya membuat hati ikut berbunga. Wisata Bantul Dlingo ini juga menawarkan gardu pandang untuk lebih leluasa menyaksikan panorama Gunung Sewu.

Seru sekali, kan? Pastikan kamu datang pada jam operasionalnya mulai dari pukul 06.00 hingga 17.30 WIB untuk menikmati semua keseruannya. Untuk biaya masuknya sendiri super murah. Kamu cukup menyiapkan biaya sebesar Rp 2.000,- .

Lokasi: Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Seribu Batu Songgo Langit, Rumah Hobbit Kekinian

Rumah Hobbit tidak hanya bisa kamu lihat di film Lord of The Rings saja. Dalam kehidupan nyata, kamu akan mendapatinya di Bantul. Wisata Bantul yang satu ini memang sangat hits dan hampir ada setiap kali kamu membuka timeline media sosial.

Seribu Batu Songgo Langit
Image by @erikaaoc

Di Seribu Batu Songgo Langit ini, kamu pun bisa merasakan sensasi permainan yang memacu adrenalin yakni flying fox. Pastinya akan menjadi liburan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga atau pasangan.

Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Asyiknya lagi, kamu cukup membayar Rp 2.000,- saja untuk bisa masuk dan menikmati panoramanya. Sedangkan untuk bermain flying fox, kamu tinggal menambahkan biaya sebesar Rp 15.000,-.

Lokasi: Hutan Pinus Nganjir, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul

Pantai Kuwaru dengan Ombak Ekstrim

Seperti yang sudah dibahas pada awal, bahwa Bantul berbatasan dengan Laut Jawa. Sehingga, ada banyak wisata pantai Bantul yang ditawarkan untukmu. Salah satunya adalah Pantai Kuwaru. Meski ombaknya cukup ekstrim dan kurang bersahabat. Kamu tetap bisa menikmati suasananya dengan adanya berbagai fasilitas.

Pantai Kuwaru
Image by @dewii_astarii

Kamu memang tidak disarankan berenang, tetapi ada beberapa aktivitas seru seperti naik ATV mengelilingi pantai, bermain di kolam renang anak, berburu souvenir, mandi bola, dan masih banyak lagi.

Harga tiket sebesar Rp 5.000,- setiap orang bisa dimanfaatkan untuk menikmati berbagai aktivitas. Untuk jam operasionalnya sendiri, 24 jam full. Sehingga, kamu dapat bermain kapan saja.

Lokasi: Poncosari, Srandakan, Bantul

Pantai Gua Cemara dengan Jajaran Cemara nan Rimbun

Wisata Bantul yang selanjutnya adalah Pantai Gua Cemara. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki jajaran pohon cemara yang rimbun. Bahkan, cenderung gelap dan lebih tampak laiknya pintu masuk dalam gua. Magnet utama dari pantai ini adalah pasir putih nan halus yang seakan membelai kaki-kaki para pemijaknya.

Pantai Gua Cemara
Image by @atyakirana

Tak hanya bisa merasakan keindahan pantai saja, kamu pun bisa berwisata kuliner di sekitar pantai. Mulai dari olahan seafood hingga makanan khas bisa kamu temukan. Jadi, bisa pilih sesuai isi dompet dan selera saja.

Jika tertarik mengunjunginya, silakan datang kapan saja. Sebab, Pantai Gua Cemara siap menyambutmu selama 24 jam penuh. Cukup membayar Rp 5.000,- untuk setiap orang agar bisa menikmati suasana unik di pantai ini.

Lokasi: Gadingsari, Sanden, Bantul.

Gua Gajah yang Dihiasi Stalaktit dan Stalagmit Unik

Wisata alam memang selalu menggoda untuk dijelajahi. Wisata Bantul selain pantai juga ada yang berupa gua. Untuk kamu yang hobi caving, bisa juga mengunjungi Gua Gajah ini. Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, wisata ini menyajikan view stalaktit dan stalagmit pada langit-langitnya.

Gua Gajah
Image by @n_pikri

Yang membuat gua ini disebut dengan Gua Gajah adalah adanya stalagmit dengan ukuran yang besar serta memiliki bentuk menyerupai gajah. Gua ini mempunyai panjang hingga 200 meter. Pastikan kamu membawa penerangan yang mumpuni untuk bisa menjelajahi bagian dalamnya.

Kapan saja kamu bisa masuk ke dalam gua. Namun, disarankan untuk berkunjung pada tengah hari atau sekitar pukul 11.30. Sebab, area dalam gua tidak akan terlalu pekat. Serta ada sorot cahaya yang berpendar sehingga membuatnya terlihat eksotis. Untuk bisa masuk, kamu juga tidak perlu membayar, alias gratis.

Lokasi: Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul

Kampung Batik Giriloyo untuk Belajar Membuat Batik

Penasaran bagaimana para pengrajin membuat batik? Datang saja ke Kampung Batik Giriloyo. Tempat wisata Imogiri Bantul yang satu ini bisa dikategorikan sebagai wisata edukasi. Kamu bisa mengajak anak-anak agar mereka mengenal budayanya sendiri. Selain melihat, kamu bisa berkecimpung langsung dalam proses pembuatannya.

Kampung Batik Giriloyo
Image by @ryftsr3

Kamu akan diajarkan cara untuk memegang cantring secara benar. Torehkan malam pada kain yang disediakan, lalu kamu pun akan menghasilkan batik tulis bikinan sendiri. Kamu bisa memilih paket wisata membatik atau berbelanja batik dengan harga murah.

Untuk bisa belajar membatik, kamu bisa datang pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Biayanya sendiri tergantung pada pilihan paketnya. Namun, range harganya mulai Rp 25.000,- sampai Rp 50.000,-.

Lokasi: Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul

Kids Fun yang Membuat Anak-Anak Lebih Fun

Bingung menentukan wisata Bantul yang children friendly? Datang saja ke Kids Fun. Tempat ini merupakan wahana permainan untuk keluarga yang menghibur, atraktif, serta seru untuk dimainkan. Fasilitas yang tersedia pun cenderung mewah.

Kids Fun
Image by @kids_fun_yogyakarta

Kamu bisa memainkan berbagai wahana mulai dari panjat tebing, gocart, kolam renang, dan luncur gantung. Wahana lain yang lebih menghibur diantaranya ayunan, komidi putar, kereta ulat, perahu air, mini jet, dan masih banyak lagi.

Silakan datang pada pukul 07.00 hingga 18.00 WIB untuk menikmati berbagai wahananya. Tiket masuknya memang relatif lebih mahal, tetapi sebanding dengan keseruan di dalamnya. Harga tiketnya adalah Rp 89.000,- dengan tambahan biaya di wahana tertentu.

Lokasi: Sitimulyo, Piyungan, Bantul

Bukit Lintang Sewu, Spot Terbaik Menunggu Senja

Wisata Bantul yang satu ini memang sedang hits dan merupakan spot yang oke untuk menikmati sunset keemasan dari atas bukit. Saat masuk ke area wisata, kamu pun akan langsung tahu bahwa tempat ini sangat seru. Hal ini dikarenakan adanya dua tugu besar laiknya gapura.

Bukit Lintang Sewu
Image by @alnehendriks

Hanya perlu berjalan sedikit dari gapura, kamu akan bertemu dengan anjungan serupa jembatan. Ini juga akan menjadi spot foto yang kece. Pastikan kamu mempersiapkan kamera terbaik yang dimiliki!

Silakan kunjungi wisata Bantul yang satu ini mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuknya cukup murah yakni Rp 2.000,- saja. Tidak menguras kantong, bukan?

Lokasi: Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo

Grojogan Pucung, Wisata Air yang Tersembunyi

Salah satu tempat wisata air terjun Bantul yang belum begitu terjamah oleh wisatawan adalah Grojogan Pucung. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi. Untuk menuju ke air terjun ini, kamu harus trekking terlebih dahulu hingga 10 menit.

Grojogan Pucung
Image by @kafimusya_

Pastikan kamu menggunakan alas kaki yang cukup mumpuni untuk melakukan pendakian. Sebab, kamu harus menyusuri sungai hingga mencapai ke lokasi. Nah, kamu juga bisa menikmati panorama dari empat air terjun yang lokasinya berdekatan. Air terjun Grojogan Pucung memiliki tinggi mencapai 5 meter. Di bawahnya tertampung kolam yang cocok untuk menyegarkan tubuh.

Silakan masuk kapan saja sesuka hatimu. Kamu juga tidak akan dikenakan biaya untuk masuk.

Lokasi: Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul

Mulai dari wisata alam hingga wisata hiburan, kamu cenderung suka menjelajahi tipe yang mana? Dari 11 pembahasan tadi, pastinya sangat menarik, kan? Untuk itu, segera susun itinerary dan menjelajahlah ke penjuru dan sudut-sudut Kota Bantul yang tersembunyi. Mungkin saja, ada lokasi unik yang belum ter-ekspose.

Yuk, cintai wisata dalam negeri dengan memberitahukan wisata Bantul yang menarik ini pada teman di media sosial. Share jika kamu rasa artikel ini bermanfaat!

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

This Post Has 3 Comments

Leave a Reply

Close Menu