Lawang Sewu Bangunan Yang Old But Gold

Lawang Sewu, sebuah bangunan tua di Semarang  dengan arsitektur Eropa yang begitu memukau. Di tempat ini, setidaknya ada tiga bangunan dengan sudut-sudut menarik. Mulai dari tiang pancang yang unik, kaca mozaik, serta jembatan yang menghubungkan gedung satu dengan yang lain.

Terlepas dari mitos Lawang Sewu, tempat wisata ini malah sangat asyik untuk berburu spot foto kece. Jika dulu, lekat dengan Lawang Sewu yang angker, maka sekarang menjadi salah satu tujuan wisata Jawa Tengah yang menarik.

Dengan bangunannya yang kuno dan jadul , sangat pas untuk spot foto yang unik dan retro. Sejatinya, jumlah pintu yang ada di tempat ini hanya 429 pintu. Namun, karena dahulu tidak bisa menghitung jumlahnya secara pasti, maka masyarakat meng-analogikannya dengan sewu (seribu) untuk mengungkapkan betapa banyak jumlahnya.

Fasilitas yang ada di Lawang Sewu Semarang

Fasilitas Lawang Sewu
Image by @christkornell

Di tempat ini ada beberapa fasilitas yang bisa pengunjung gunakan untuk bisa lebih nyaman saat berada di Lawang Sewu :

  • Mushola
  • Toilet
  • Smoking Area
  • Ruang PPPK
  • Museum
  • Ruang Audio Visual
  • Kantor Pengelola
  • Monumen
  • Loko Uap
  • Ruang menyusui
  • Replika Djokotop.

Jam buka dan aktivitas yang dapat dilakukan

Jam Buka Lawang Sewu
Image by @sigit_kurnia1

Tempat wisata ini buka setiap hari atau Senin sampai Minggu, dengan jam operasional mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00 WIB. Saat Kamu mengunjungi tempat ini, ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Belajar Sejarah

Di dalam gedung Lawang Sewu, pengunjung bisa belajar tentang sejarah penyerangan Belanda dan Jepang terhadap Indonesia.

  • Belajar Sejarah Kereta Api

Sejatinya, Lawang Sewu merupakan museum kereta api. Di tempat ini, pengunjung bisa belajar tentang pembuatan kereta api dari awal hingga akhir, sejarah tentang kereta api, bahkan ada miniatur-miniatur lokomotif.

  • Berfoto dengan Latar Belakang Arsitektur Kuno

Salah satu hal yang pasti dilakukan saat berkunjung ke suatu tempat wisata adalah berfoto. Di Lawang Sewu, pengunjung juga bisa berfoto dengan background sebuah bangunan tua yang unik dan masih kokoh.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di beberapa spot lain seperti pintu 1000, mozaik kaca, dan berbagai sisi gedung. Pokoknya, telusuri saja setiap gedungnya dan temukan sisi yang paling menarik.

  • Menyusuri Ruangan Bawah Tanah

Jika Kamu seorang yang pemberani, Kamu perlu mencoba beruji nyali di ruangan bawah tanah yang kental dengan aura mistis. Di Lawang Sewu basement ini, penuh dengan penjara berdiri yang lebarnya hanya satu jengkal.

Menurut rumor yang beredar, banyak orang Indonesia yang meninggal di tempat itu. Bahkan, pengunjung bisa dibuka mata batinnya oleh orang yang ahli untuk melihat aktivitas lain di Lawang Sewu.

Lokasi dan Rute menuju Lawang Sewu Semarang

Lokasi tempat wisata ini berada di dekat Tugu Muda dan Kampung Pelangi. Tepatnya berada di Jalan Pemuda, Desa Sekayu. Wilayah administratifnya ada di Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lokasi Lawang Sewu
Image by @idewisataid

Untuk menuju Lawang Sewu, jika pengunjung dari Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang silakan ikuti rutenya berikut ini. Setibanya di stasiun, Anda bisa mencari pintu gerbang utama. Setelah itu, carilah BRT koridor IV yang menuju ke arah Cangkiran. Kemudian turun di Balaikota, lalu berjalan kurang lebih 100 meter dari Balai Kota.

Jika dari arah Bandara Ahmad Yani, naik BRT koridor IV arah Stasiun Tawang dan turun di halte Pasar Bulu, naik angkot warna orange jurusan Karang Ayu dan bisa langsung turun tepat di lawang Sewu.

Harga Tiket di Lawang Sewu

Harga Tiket Lawang Sewu
Image by @abdolharis

Harga tiket di Lawang Sewu terbilang sangat murah dan pastinya terjangkau. Silakan cek saja nominal pastinya di bawah ini:

KeteranganHarga
Tiket Masuk DewasaRp. 10.000,- / orang
Tiket Masuk Anak – AnakRp. 5.000,- / orang
Tiket Masuk PelajarRp. 5.000,- / orang

Bagaimana masih ragu untuk datang ke Lawang Sewu? Sekarang tidak perlu takut lagi, karena Lawang Sewu malam hari lebih ramai didatangi para pengunjung dan kawula muda. Kalau Kamu dari luar kota dan ingin berwisata di berbagai daerah di Jawa Tengah, silakan bergabung dengan tripjogja.co.id. Kami akan menemani liburanmu untuk membuatnya lebih berkesan.

Yuk, tambahkan Lawang Sewu sebagai daftar list liburanmu, update foto-foto terbarumu lagi bersama keluarga atau sahabat di tempat seru ini.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu