12 Wisata Kulon Progo Ter-Hits, Jangan Under Estimate Wisatanya Lagi, ya!

Kalau dulu, destinasi wisata Kulon Progo memang jarang terdengar, ya! Paling berkisar pada Pantai Glagah, Gua Maria, atau Waduk Sermo. Namun, jangan salah, sejak dibukanya bandara New Yogyakarta International Airport di kabupaten ini, Kamu akan dipusingkan oleh banyaknya destinasi yang bermunculan.

Nah, kan, bingung mau eksplore yang mana dulu? Pesona Kulon Progo bisa dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari wisata kuliner, menjelajah alam, lokasi wisata Kulon Progo yang memacu adrenalin, spot foto instagramable, hingga wisata air yang bikin ketagihan. Banyak, kan? So, jangan lagi under estimate Kulon Progo lagi, ya, sebelum kami beritahu lebih jauh tentang 10 tempat wisatanya di bawah ini!

Kalibiru yang Jadi Primadonanya Instagram Lovers

Generasi Kiwari paling gemar mengolah kemampuan jeprat-jepret kamera. Kurang lengkap rasanya jika sehari saja tidak upload foto ke media sosialnya. Nah, wisata Kulon Progo Kalibiru dijamin akan memuaskan hasrat untuk berfoto-ria. Destinasi ini menawarkan pesona spot foto yang instagenic.

Wisata Kalibiru
Image Source : @ayudhyalarasati

Dari atas pohon, Kamu bisa terlihat makin menawan plus kece. Hamparan panorama alam akan menjadi background yang sempurna untuk dipamerkan dengan teman-temanmu. Kami jamin, sepulang dari tempat wisata Kulon Progo ini, memori kamera atau hp-mu dipenuhi foto super kece.

Masuk ke Kalibiru tidak akan menyiksa isi dompetmu, kok. Sebab, harga tiket masuknya hanya Rp 10.000,- saja. Sementara itu, jam operasionalnya adalah mulai pukul 06.00 sampai 17.00.

Lokasi: Kalibiru, Hargoliwis, Kokap, Kulon Progo

Pantai Glagah Wisata Mainstream yang Masih Populer

Memang sih, kalau ditanya apa tempat wisata favorit di Kulon Progo. Umumnya, jawaban yang muncul adalah Pantai Glagah. Meski bukan tergolong wisata baru, Kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas seru di tempat ini. Pasir hitamnya berkilat saat tertimpa matahari siang. Kamu pun bisa bermain-main di atasnya.

Wisata Pantai Glagah
Image by : @rara_wiwin

Pesisir pantainya yang luas dan panjang menggoda ombak untuk berkejaran. Kamu juga bisa menyaksikan pembangunan benteng beton pemecah gelombang serta pelabuhan yang ada di lokasi. Pemecah gelombang ini mempunyai bentuk tetrapod yang tersusun secara rapi di bibir pantai. Kamu tidak boleh abaikan pesona Glagah yang satu ini.

Untuk masuk ke pantai Kulon Progo ini, Kamu hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 4.000,- saja. Sedangkan jam buka wisata Temon Kulon Progo ini adalah full day alias 24 jam. Transportasi yang paling disarankan untuk menuju ke pantai ini adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi: Temon, Kulon Progo

Waduk Sermo Berburu Senja Berwarna Jingga

Pecinta romantisme senja wajib banget datang ke Waduk Sermo. Bendungan buatan ini asalnya adalah sebuah perkampungan yang tersulap menjadi lokasi wisata Kulon Progo yang cantik. Di tempat ini terdapat juga instalasi yang apik serta bisa menjadi tempat berfoto yang ciamik.

Wisata Waduk Sermo
Image by @aminfahruddin

Selain nongkrong, Kamu juga bisa selfie atau wefie dengan latar Perbukitan Menoreh. Di wisata Kulon Progo ini juga tersedia properti lucu dan instagenic yang akan membuat feed Instagram makin cantik. Oh ya, tempat ini memiliki nama Taman Bambu Air.

Masuk ke Waduk Sermo, Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- saja. Ditambah biaya parkir dan spot foto tentunya.

Lokasi: Kokap, Kulon Progo

Kedung Pedut Sebuah Waterpark Alami yang Memesona

Kedung pedut dalam Bahasa Jawa mempunyai arti kolam mata air. Di wisata Kulon Progo ini, Kamu bisa menikmati 3 lapis kedung atau kolam. Warna air yang cenderung tosca akan membuat mata Kamu termanjakan. terlebih, tempat ini dikelilingi oleh batuan yang alami.

Wisata Kedung Pedut
Image by @mariaparamatd

Setiap kedung terpisah oleh adanya air terjun kecil yang menawarkan aliran yang deras. Kamu juga bisa melakukan canyoning kalau mempunyai peralatannya. Jembatan bambunya akan menghiasi suasana.

Harga tiket masuk di Kedung pedut sangat terjangkau yakni Rp 5.000,- saja. Sedangkan jam bukanya adalah pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DIY

Tebing Gunung Gajah Spot Selfie Kece

Tempat wisata ini memang diperuntukkan bagi pecinta selfie. Salah satu spot yang menjadi andalan adalah bulan sabit yang mana latar belakangnya adalah Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Lebih lanjut, Kamu bisa melakukan aktivitas outbond di wisata Kulon Progo yang satu ini.

Wisata Tebing Gunung Gajah
Image by @lenny_maysa

Lakukan aktivitas yang memacu adrenalins eperti flying fox, treetop, serta menyusuri gua. FYI, treetop merupakan permainan yang berbentuk lintasan terhubung dari beberapa pohon dengan tali serta pijakan yang telah direkayasa. Menarik banget, ya!

Tiket masuknya murah banget, hanya Rp 2.000,- dengan tambahan biaya parkir. Spot fotonya sendiri hanya perlu membayar Rp 20.000,-.

Lokasi: Tebing Gunung Gajah, Kokap, Kulon Progo.

Tebing Sendang Sono, Kidung Doa yang Terdaraskan

Sebagai tempat ziarah umat Katholik, ternyata Sendang Sono juga menyimpan berbagai tempat yang menarik. Wisata Kulon Progo yang satu ini akan membawamu hening sejenak dari hiruk pikuk dunia. Berkomunikasi dengan Pencipta. Tempat ini juga akan memberimu kesempatan mengenang orang yang telah kembali ke pelukan-Nya.

Wisata Tebing Sendang Sono
Image by : https://rynari..wordpress.com

Kamu yang bukan umat Katholik tetap bisa datang ke sini. Menelusuri wisata yang asri serta menikmati bangunan apik yang juga berpadu dengan alam. Sebuah destinasi yang tidak hanya bisa me-refresh otak, tetapi juga mendamaikan hati.

Kamu tidak akan dikenai biaya untuk masuk ke Sendang Sono. Tempat ini juga dibuka untuk umum setiap hari 24 jam. Tertarik mengunjunginya?

Lokasi: Gua Maria Sendang Sono, Kulon Progo

Hutan Mangrove Alami Penjaga Ekosistem Pantai

Hutan Mangrove, selain mempunyai fungsi ekologis, juga bisa menjadi tempat wisata Kulon Progo yang menarik. Nah, Hutan Mangrove yang ada di pesisir Pasir Mendit ini pernah memiliki sejarah kelam. Iya, rusak karena pembalakan liar. Namun, sekarang, Hutan mangrove sudah menjadi rimbun dan hijau kembali.

WIsata Hutan Mangrove Jogja
Image by @sitimariaulfa26

Antara Hutan Mangrove dan sungai terdapat sebuah penghubung berupa jembatan yang disebut Siapi-api. Dilengkapi pula dengan berbagai spot foto yang kece. Mulai dari Menara Eiffel hingga miniatur Pura Ulun Danu Bratan. Menelusuri sepanjang jembatan akan menjadi aktivitas yang menghilangkan penatmu.

Biaya untuk masuk ke wisata Kulon Progo yang satu ini adalah senilai Rp 5.000,-/ orang. Parkir Rp 2.000,- / motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Kamu bisa menyambangi Hutan mangrove mulai pukul 06.00 hingga 18.00.

Lokasi: Hutan Mangrove Pasir Kadilangu, Temon, Kulon Progo

Abadikan Golden Sunrise di Puncak Suroloyo

Selanjutnya, ada Puncak Suroloyo yang mana Kamu bisa menikmati keindahan puncak gunung. Untuk ke tempat ini, pastikan Kamu mempunyai fisik yang kuat, ya! Sebab, diperlukan usaha pendakian yang cukup menguras tenaga.

Wisata Puncak Suroloyo
Image by @dhian_hardjodisastro

Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Suroloyo adalah pada saat menjelang pagi. Dimana Kamu bisa menyaksikan matahari yang bersiap membumbung ke angkasa. Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk memotret golden sunrise-nya. Ditambah dengan kabut dingin, akan menyempurnakan kuasa Tuhan yang satu ini.

Wisata Kulon Progo ini dibuka selama 24 jam. Sedangkan tiket masuknya adalah Rp 5.000,- setiap orang. Murah banget, kan? Yang Kamu butuhkan selain biaya masuk adalah tekad yang kuat untuk menaklukkan pendakian.

Lokasi: Keceme, Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo

Kebun Teh Desa Wisata Nglinggo Permadani Hijau di Pegunungan

Banyak yang belum tahu kalau Kulon Progo memiliki hamparan kebun teh. Walaupun wisata ini tidak seluas yang ada di Kemuning Karanganyar maupun di Wonosobo. Namun, kebun teh Desa Wisata Nglinggo ini cukup baik untuk melakukan relaksasi. Kontur dari kebun teh ini terlihat berundak mirip dengan terasering Bali.

Wisata Kebun Teh Nglinggo
Image by @armalinaputri

Aktivitas yang dapat Kamu lakukan adalah trekking diantara batang-batang teh. Serta memanjakan mata dengan pemandangan hijau bak permadani di seluruh penjuru. Jangan lupa untuk mengabadikan momenmu dengan kamera terbaik. Berpose lah sebaik-baiknya untuk mendapatkan foto yang kece.

Tiket masuk ke kebun teh ini adalah senilai Rp 5.000,-. Kamu bisa datang ke lokasi mulai pukul 07.00 sampai 18.00. Pastikan Kamu tahu lokasinya, ya. Simak di bawah ini.

Lokasi: Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo,

Mencari Jejak Hikayat di Gua Kiskendo

Pernah mendengar perihal hikayat tentang Sugriwa dan Subali? Kalau Kamu pecinta cerita rakyat, pastinya tidak asing dengan kisah ini. Nah, Gua Kiskendo sendiri merupakan wisata Kulon Progo yang sekaligus menyajikan minat tentang mitos.

Wisata Gua Kiskendo
Image by @rifkiferiandi

Sebenarnya, tempat ini ada di perbatasan Purworejo-Jogja. Susuri gua dengan ornamen-ornamennya yang unik serta pelajari kearifan lokal dengan mencari tahu kisah mengenai Sugriwa dan Subali.

Tempat wisata yang juga merupakan tempat yang berhubungan dengan religi ini mematok tarif yang murah untuk bisa masuk. Yakni Rp 5.000,- saja. Parkir kendaraan ada tarifnya sendiri, ya! Gua Kiskendo dibuka pukul 08.00 hingga 17.00.

Lokasi: Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo

Menariknya Penyu-Penyu di Pantai Congot

Meski bukan lagi menjadi wisata Kulon Progo terbaru 2018, tetapi, Pantai Congot tetap menarik untuk dikunjungi. Kalau Kamu tidak terlalu suka dengan tempat wisata yang terlalu riuh, maka Pantai Congot pas banget untuk disambangi. Pantai ini juga bisa digunakan untuk memancing.

Wisata Pantai Congot
Image by @herrymardianto

Pantai Congot juga merupakan konservasi penyu. Yang aman terdapat tempat penangkaran penyu yang hampir menetas. Kamu bisa ikut menjaga ekosistem dengan melepaskan anak penyu kembali ke laut. Perhatikan anak-anak yang ikut serta, ya! Soalnya, ombak di pantai ini cukup besar.

Harga tiket masuk ke Pantai Congot adalah Rp 3.000,- saja. Ditambah pula dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000,- untuk motor. Kamu bisa datang kapan saja ke Pantai ini, soalnya dibuka 24 jam.

Lokasi: Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo

Menyusuri Sungai Progo dengan Arung Jeram

Penggemar olahraga ekstrim tidak boleh melewatkan melakukan aktivitas rafting di Sungai Kulon Progo. Pastinya Kamu harus datang rombongan atau sebagai team. Nah, kegiatan ini disarankan banget untuk Kamu dan rekan kerja untuk meningkatkan solidaritas.

Wisata Sungai Progo
Image by @kemkamalia

Kamu akan dipandu oleh ahli yang sudah mumpuni di bidang ini, serta dilengkapi dengan peralatan keamanan. Siap teriak-teriak kegirangan menantang arus?

Kalau iya, Kamu hanya perlu menyiapkan biaya Rp 175.000,- untuk rafting sepanjang 9 km dan Rp 325.000,- untuk rafting sepanjang 18 km per orangnya.

Lokasi: Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo.

Pantas banget kalau Indonesia dibilang sebagai negara yang kaya akan pariwisata. Buktinya, ada di wisata Kulon Progo ini. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatannya selalu memunculkan keinginan untuk datang lagi dan lagi. Mana destinasi yang pernah dan belum pernah Kamu kunjungi? Kalau Kamu cinta Indonesia dan wisatanya, pasti tidak akan sungkan share artikel ini, ya, kan?

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

This Post Has 6 Comments

Leave a Reply

Close Menu