Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Hamparan bukit-bukit daun teh akan menyambut kedatangan Kamu di Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini masuk ke area Perbukitan Menoreh. Hawa dingin akan menyambut Kamu, jika sudah sampai di Desa Wisata Nglinggo. Jalanan yang menanjak menandakan Kamu sudah sampai di Desa Nglinggo.

Tempat wisata Kulon Progo yang satu ini, akan menawarkan pemandangan kebun teh yang terhampar di sepanjang Desa Nglinggo. Kabut tipis akan menemani Kamu hingga sampai tujuan, bahkan kabut akan semakin menebal dengan semakin tingginya dataran.

Fasilitas yang ada di Kebun Teh Nglinggo

Fasilitas Kebun Teh Nglinggo
Image by @rianaayusaf

Ada beberapa fasilitas yang diberikan oleh pengelola Kebun Teh Nglinggo setempat yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Yuk intip apa saja fasilitasnya :

  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan dan Minuman
  • Penginapan
  • Tempat Beristirahat

Jam Buka Kebun Teh Nglinggo dan Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan

Kebun Teh Nglinggo buka pada pukul 07.00 WIB – 17.30 WIB, serta buka setiap Hari Senin – Minggu. Kamu bisa datang pada sore hari ke tempat ini untuk menikmati sunset.

Jam Buka Kebun Teh Nglinggo
Image by @nva.banisa

Aktivitas yang dapat Kamu lakukan di Kebun Teh Nglinggo ini ada beragam :

  • Memetik Teh

Kamu bisa belajar memetik teh dengan teknik yang baik dan benar. Kamu akan diajari oleh penduduk setempat yang juga merupakan petani teh. Bahkan, juga akan diajak bagaimana mengelola teh yang benar plus disajikan suguhan teh buatan petani lokal di Desa Nglinggo.

  • Mengelilingi Perkebunan Teh

Kamu bisa melakukan trekking di kawasan Kebun Teh Nglinggo, trekking adalah melakukan perjalanan yang panjang dengan berjalan kaki yang mengambil tempat tidak ada transportasi satupun, tapi dengan catatan tetap jaga keasrian kebun teh dan juga tidak mengotori Kebuh Teh Nglinggo.

  • Wisata Offroad

Pecinta wisata ekstrim juga harus menjajal wahana ini, dengan jeep Kamu bisa mengelilingi seluruh bagian Perbukitan Menoreh. Ujilah adrenalin-mu dengan menunggangi Jeep di area yang terjal dan curam. Tapi tenang saja, Kamu pasti akan didampingi sama yang sudah profesional, kok.

  • Menaiki Rumah Pohon

Dari atas rumah pohon, Kamu bisa melihat pemandangan dari atas keseluruhan bagian Kebun Teh Nglinggo.

  • Wisata Kuliner

Kalau Kamu lapar, silakan menjajal beberapa makanan dan minuman khas Desa Wisata Nglinggo di warung-warung yang sudah disediakan. Dijamin, Kamu akan ketagihan dibuatnya.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Kebun Teh Nglinggo terletak di Dusun Nglinggo yang merupakan bagian dari Desa Pagerharjo. Kamu bisa mencari daerah ini di Kecamatan Samigaluh. Tentu saja kabupatennya Kulon Progo. Akses menuju ke tempat ini bisa dibilang mudah dan terjangkau, karena jalan yang dilalui sudah bagus. Tetapi, Kebun Teh Nglinggo ini jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo
Image by @juniantorotri

Rute menuju Kebun Teh Nglinggo yang bisa Kamu lalui jika berangkat dari pusat kota, maka lewatlah Jalan Godean. Dari Tugu Jogja,silakan menuju arah barat sekitar 18 km ke arah Kabupaten Kulon Progo. Setelah melewati Jembatan Kali Progo, Kamu akan menemukan lampu merah. Beloklah ke kanan dengan jarak 18 km, maka akan menemukan lampu merah berikutnya.

Lampu merah yang kedua adalah perempatan Dekso, ambil ke kiri kurang lebih 10 km sampai Kamu di Pasar Plono, jika Kamu sudah sampai di sini berhati-hati lah bagi yang menggunakan sepeda motor, karena jalan yang akan dilalui cukup rusak. Kemudian, ikuti saja petunjuk arah ke Kebun Teh Nglinggo. Kamu sudah sampai di kebun teh yang indah ini.

Harga Tiket Masuk ke Kebun Teh Nglinggo

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo
Image by @enymeinisa

Tidak perlu galau jika Kamu ingin liburan dengan budget yang pas-pasan. Hanya dengan harga tiket yang terjangkau, Kamu sudah bisa melihat keindahan Kebun Teh Nglinggo.

KeteranganHarga Tiket
Tiket MasukRp. 5.000,- / orang
Parkir MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-

Liburan tidak harus di tempat yang wah, di tempat yang sederhana pun Kamu sudah bisa menghilangkan penat dari segala aktivita. Jika ingin akses liburan yang mudah dan terjangkau selama berada di Jogja, Kamu bisa gunakan tripjogja.co.id.

Ajak sohib atau doi ke Kebun Teh Nglinggo yuk. Kamu bisa menikmati keindahan dari Sang Pencipta bersama orang-orang tersayang Kamu. Yuk, buruan tunggu apa lagi.

Leave a Reply