Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Kebun Buah Mangunan kerap kali dikait-kaitkan dengan objek wisata yang family friendly. Nah, selain bisa memberikan suasana baru kesejukan alam, destinasi wisata Jogja ini juga bisa memberikan edukasi pada anak-anak. Aneka pohon buah mulai dari rambutan, mangga, jeruk dan durian bisa diperkenalkan pada si Kecil agar pengetahuannya semakin luas.

Tempat wisata yang satu ini juga mendapatkan julukan negeri di atas awan karena ada pada ketinggian 200 mdpl. Kabut putih nan bersih bisa Kamu saksikan di pelupuk mata. Keindahan dari Kebun Buah Mangunan yang dibuka tahun 2003 silam ini terhampar di atas tanah dengan luas 23 hektar. Kamu akan melihat pohon beserta pemandangan alam yang tampak memesona.

Fasilitas yang tersedia

Kebun Buah Mangunan Jogja
Image by @ardinavita

Fasilitas yang ada di Kebun Buah Mangunan selalu diperbaiki oleh pengelola agar pengunjung semakin betah. So, apa saja fasilitasnya?

  • Taman buah dan tanaman hias
  • Area yang tenang
  • Pembelajaran membuat pupuk
  • Pembelajaran Pembibitan tanaman
  • Ruang pertemuan
  • Reflying
  • Kolam renang anak
  • Camping di Kebun Buah Mangunan
  • Flying Fox
  • Jembatan goyang
  • Outbond
Baca Juga:  Intip Tebing Breksi, Lokasi Paling Oke untuk Pre-Weddingmu!

Jam Buka dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Kalau Kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, maka silakan datang pada jam 04.30 WIB sampai 18.00 WIB. Sementara itu, waktu terbaik untuk menikmati keindahan sunrise Kebun Buah Mangunan adalah pada pukul 05.00. Keelokan kuncup matahari yang bersiap membumbung ke angkasa akan tampak menakjubkan.

Jam Buka Kebun Buah Mangunan
Image by : @cahyopraman

Selama jam operasional itu, Kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seru di tempat wisata ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Menjelajahi Ragam Pohon Buah

Tidak hanya pohon buah saja yang bisa Kamu temukan di tempat ini. Melainkan juga ragam pohon lain yang meliputi kayu jati dan pinus. Suasana alam ini patut untuk Kamu abadikan sebagai background foto selfie atau wefie. Bergaya candid dijamin bikin Kamu tampak lebih kece.

  • Belajar Pembibitan

Pembibitan punya manfaat yang baik untuk pengetahuanmu dan juga anak-anak. Pada aktivitas pembibitan ini, Kamu bisa mengolah pupuk kandang. Nantinya, pupuk ini akan dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman.

  • Bersantai di Gazebo

Selain menambah pengetahuan, tentu saja tujuanmu ke Kebun Buah Mangunan ini untuk relaksasi. Sejenak, Kamu bisa melepaskan diri dari rutinitas yang menyiksa otak. Berbincang dengan keluarga di bawah gazebo akan menjadi mood booster agar kembali bersemangat.

  • Melakukan Pertemuan Penting

Aktivitas meeting tidak melulu harus dilakukan di tempat yang formal, kok. Sesekali, Kamu bisa mengajak kolega untuk membahas urusan bisnis di tempat yang menyenangkan ini. Pikiran dijamin lebih terbuka. Ide baru pun akan muncul begitu saja.

Baca Juga:  Alun-Alun Kidul, Cerita Ruang Bersama Milik Masyarakat Jogja

Tersedia dua gedung pertemuan yang berkapasitas 100 dan 300 orang. Booking saja sesuai dengan kebutuhan.

  • Camping di Kebun Buah Mangunan

Pengelola Kebun Buah Mangunan juga menyediakan fasilitas camping, lho! Tidak heran jika tempat ini kerap disinggahi oleh komunitas pecinta alam, mahasiswa, ataupun anak sekolah. Dengan camping, Kamu pun bisa lebih menyatu dengan alam bebas.

  • Memancing

Kalau Kamu hobi mancing, coba deh, datang ke tempat ini. Ada kolam khusus yang diperuntukkan bagi mancing mania.

  • Aktivitas yang Memacu Adrenalin

Di tempat wisata ini, Kamu juga bisa melakukan aktivitas yang memacu adrenalin. Mulai dari menelusuri jembatan goyang yang ada di atas Sungai Opak. Atau bisa juga melintasi track downhill sepanjang 2300 meter atau cross country sepanjang 3800 meter. Seru banget, kan?

Lokasi dan Rute Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan. Kecamatannya sendiri ada di Dlingo dan masuk ke daerah administratif Kabupaten Bantul. Jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta.

Baca Juga:  Candi Prambanan: Candi Hindu Tercantik di Indonesia!
Lokasi Kebun Buah Mangunan
Image by : @zamimotret

Untuk menuju ke objek wisata keren ini, Kamu bisa mulai perjalanan dari Pusat Kota Jogja. Dari Ring Road Selatan, Kamu bisa menuju ke Perempatan Giwangan. Jika sudah, ambil lah arah selatan dan melewati Jalan Imogiri Timur sampai ke Pasar Imogiri.

Lanjutkan perjalanan sampai ke pertigaan. Setelah itu, belok lah ke kiri hingga kembali berpapasan dengan pertigaan. Belokkan kendaraan sampai menyaksikan pintu gerbang Kebun Buah Mangunan. Sekarang, tinggal ikuti papan petunjuknya, ya!

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan
Image by : @yasminshalsabil

Soal harga, tempat wisata ini sangat terjangkau, kok! Nah, detailnya bisa Kamu lihat di bawah ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 5.000,- / orang
MemancingRp. 2.000,- / hari
BerkemahRp. 5.000,- / hari
Paket OutboundRp. 200.000,- / 10 orang

Tempat wisata ini menawarkan aktivitas yang menarik, mendidik, dan tentu saja menyenangkan. Tidak hanya itu, biaya masuknya pun sangat murah. Jika Kamu ingin mengunjungi Kebun Buah Mangunan dan tempat menarik lain di Jogja, gabung saja dengan tripjogja.co.id untuk paket wisata jogja yang komplit.

Dimana lagi mendapatkan refreshing otak, edukasi, dan harga yang murah kalau bukan di tempat ini. Kunjungi juga tempat terdekat seperti Jogja Bay dan Jalan Malioboro. Kalau informasi ini bermanfaat, bagikan di sosial mediamu, ya!

Leave a Reply

Close Menu