Pantai Jogan [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Pantai Jogan adalah salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja . Pantai ini terkenal dengan air terjun kecil yang jatuh langsung ke pantai, yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke pantai Jogan.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Pantai Jogan terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi ini bisa ditempuh dengan berkendara selama sekitar kurang lebih 2 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Cara Akses Pantai Jogan dari Pusat Kota Jogja

Untuk menuju ke Pantai Jogan dari Kota Jogja, dapat ditempuh dengan mengambil Jalan Wonosari ke Piyungan, kemudian ke arah Wonosari. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju pantai Baron. Setelah sekitar 9 kilometer, di pertigaan Desa Mulo, belok ke kiri dan ambil jalan jurusan Mentel melalui Bintaos dan Tepus hingga tiba di pertigaan Winangun. Kemudian belok ke kanan dan terus lurus hingga menemukan pertigaan lainnya, lalu belok ke kanan lagi dan akhirnya tiba di pos retribusi Pantai Siung, Nglambor, dan Jogan. 
Baca Juga:  Sate Klathak Pak Pong, Sate Geligi Besi Yang Mantul Habis (Harga, Alamat, Jam Buka, Fasilitas)



Pantai Jogan buka 24 jam setiap harinya. Namun, untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung, sebaiknya menghindari berkunjung di malam hari karena kondisi pantai yang berbatasan langsung dengan tebing dan banyak batu karang yang cukup tajam di pantai.
Harga tiket masuk ke Pantai Jogan sekitar Rp 5.000,- per orang. Biaya parkir kendaraan sekitar Rp 2.000,- per motor dan Rp 5.000,- per mobil.
Pantai Jogan memiliki keindahan alam yang menakjubkan, sehingga sangat cocok untuk menikmati keindahan alam dan melakukan aktivitas seperti menikmati keindahan air terjun. Selain itu, terdapat juga spot foto yang sangat menarik di sana, seperti air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Akan tetapi untuk turun melihat jatuhnya air terjun, Anda harus berhati-hati karena jalan yang menuju ke bawah cukup curam dan licin. Anda bisa juga turun ke air terjun dengan menggunakan tali rapelling tapi tidak disarankan jika tanpa pengawasan dan bimbingan instruktur berpengalaman.
Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Pantai Jogan, di antaranya adalah:
  • Hindari mandi di bawah air terjun karena debit airnya bisa cukup besar dan berbahaya.
  • Hindari membuang sampah sembarangan dan bantu menjaga kebersihan pantai.
  • Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.
  • Hindari membuang limbah plastik ke laut.
Baca Juga:  Pantai Parangtritis Jogja [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Perlengkapan yang Perlu Dibawa ke Pantai Jogan

Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa saat berkunjung ke Pantai Jogan antara lain:
  • Sepatu atau sandal gunung yang nyaman dipakai
  • Pakaian ganti
  • Handuk
  • Sunscreen
  • Perlengkapan mandi
  • Topi atau payung
  • Snack dan minuman ringan
  • Kamera atau handphone untuk mengambil foto

Pertanyaan Wisatawan Seputar Pantai Jogan

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Jogan?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Jogan adalah saat musim kemarau, yaitu antara bulan Maret hingga September. Pada saat itu, cuaca biasanya cerah dan air lautnya juga tidak terlalu bergelombang.

Apakah wisata terdekat dari Pantai Jogan ?

Wisata terdekat adalah pantai siung

Gallery Foto Pantai Jogan

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Pantai Jogan adalah destinasi liburan yang menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan memperhatikan tips dan perlengkapan yang dibawa, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini dengan nyaman dan aman.

Dan jangan lupa anda juga dapat memesan paket wisata Jogja untuk merencanakan liburan Anda ke Pantai Jogan ini dan juga pantai-pantai lain di Jogja atau destinasi lain yang ada di Gunung Kidul seperti Gua Pindul, Gunung Api Nglanggeran, dsb. Selamat berlibur! 

Rate this post
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram