Pecinta Olahraga! Berani Adu Ketangkasan Sandboarding-mu di Padang Gurun-nya Jogja?

Wisata Gumuk Pasir merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang dapat kamu kunjungi ketika berwisata di Jogja. Gumuk Pasir merupakan tempat wisata uni yang ada di Jogja, mengapa? Karena tidak setiap daerah memiliki tempat wisata seperti ini. Bahkan tidak semua negara memilikinya. So, ketika kalian lagi liburan ke Jogja wajib menyempatkan diri untuk berkunjung ya.

Satu-satunya yang Ada di Asia Tenggara

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Timur Tengah atau Afrika untuk bisa melihat pemandangan gurun pasir. Karena tidak jauh dari Pantai Parangtritis kita juga bisa melihat “Gurun Sahara” nya Jogja yang biasa dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo.  Gumuk merupakan kata dalam bahasa Jawa yang jika diterjemahkan artinya adalah gundukan, sementara Parangkusumo adalah nama pantai yang letaknya paling dekat dengan lokasi Gumuk Pasir ini. Pasir yang membentuk gundukan-gundukan cantik ini berasal dari material vulkanik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa oleh aliran Sungai Opak. Material tersebut terkikis oleh ombak dalam waktu yang cukup lama sehingga berubah menjadi butiran-butiran debu yang mudah diterbangkan oleh angin dan membentuk gundukan-gundukan seperti sekarang ini. Fenomena gumuk pasir merupakan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Bahkan disebut-sebut fenomena seperti ini hanya ada 2 di dunia yaitu di Jogja dan Meksiko.  Gumuk Pasir Parangkusumo ini bahkan sudah didaftarkan untuk bisa masuk menjadi UNESCO World Heritage.

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo

Sensasi Bermain Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Salah satu hal yang paling wajib dan harus dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah bermain sandboarding. Tidak perlu jauh-jauh lagi ke Australia atau Mesir untuk bisa merasakan sensasi olahraga yang satu ini. Tidak perlu perlu keahlian khusus untuk bisa mencoba sandboarding, yang diperlukan adalah kemauan dan keberanian. Sementara untuk alatnya kita bisa menyewa kepada pengelola yang ada disekitar Gumuk Pasir Parangkusumo. Alat yang digunakan untuk bermain sandboarding terbuat dari papan seperti skateboard namun tanpa roda dan dilengkapi dengan tali pengait untuk kaki. Cukup dengan membayar Rp 150.000, kita bisa menggunakan alat tersebut sepuasnya. Harga tersebut sudah termasuk helm dan alat pengaman siku agar lebih safety.

Ada beberapa gumuk atau gundukan yang bisa dipilih untuk bermain sandboarding. Untuk yang baru pertama kali melakukan olahraga ini, bisa memilih gumuk yang tingginya hanya sekitar 1-2 meter saja. Di gundukan tersebut kita bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu dan membiasakan dengan alat yang dipakai. Jangan lupa juga untuk latihan menyeimbangkan badan saat meluncur. Jika badan tidak seimbang, maka yang ada adalah jatuh bangun mencium pasir. Tapi jangan kapok untuk terus mencoba dan berlatih. Kalau sudah merasa cukup bisa menguasai alat, bisa mencoba dengan gundukan yang tingginya mencapai 5-20 meter. Dari ketinggian tersebut kita bisa merasakan sensasi meluncur cepat diatas gundukan pasir yang begitu menegangkan dan memacu adrenalin kita.

Tempat Foto Favorit di Jogja

Tidak hanya seru untuk dijadikan sebagai tempat untuk sandboarding saja. Pemandangan yang cantik dan unik di Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pemotretan. Mulai dari foto selfie, pemotretan model, sampe dengan foto pre-wedding yang mengusung konsep ala Timur Tengah. Bahkan Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga sudah beberapa kali dijadikan lokasi syuting beberapa film dan video klip artis terkenal Indonesia. Sebut saja video klip Agnes Monica dan Film Wanita Berkalung Sorban.  Lautan pasirnya yang membentang luas akan menjadi sebuah latar belakang menarik sebuah foto. Tidak banyak orang yang akan menyangka bahwa lokasi pengambilan foto tersebut ada di Jogja. Bahkan Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga sering dikunjungi oleh rombongan calon haji yang akan melakukan manasik dan latihan merasakan keadaan padang pasir seperti yang  ada di Mekkah nantinya.  Waktu terbaik untuk mendatangi Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah pada sore hari karena kita bisa mendapat bonus sunset yang cantik.

__

Author : Nova Aristianto | Editor : Ajeng Darmista

INFORMASI WISATA

Waktu Operasional : Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00

HTM : Rp 3.000/orang (Bayar TPR Pantai Parangtritis) dan  biaya parkir kendaraan.

Fasilitas: Tempat parkir, Toilet

Aktifitas:  Memacu adrenalin dengan sandboarding, Lokasi pemotretan, Menikmati Sunset

LOKASI

Alamat : Kawasan Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Telpon : 0896-7431-7515

Website : Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarang Gumuk Pasir dari 0 KM Jogja sekitar 30 km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Cara termudah menuju kesana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil rute yang juga cukup mudah yaitu dari arah kota bisa mengambil rute ke Jalan Parangtritis sampai dengan TPR Pantai Parangtritis kemudian ikuti petunjuk berikutnya. Jika ingin menggunakan kendaraan umus bisa naik bus Jurusan Jogja – Parangtritis dari Terminal Giwangan

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

REKOMENDASI TRIPJOGJA

Best Time to Visit : Menjelang sore hari karena matahari sudah tidak terlalu panas

What to bring : Kacamata, baju santai, sunblock, air minum, kamera

Do : Mencoba sandboarding, berfoto dengan latar belakang gundukan pasir, Menikmati sunset, membuat video ala-ala Timur Tengah

Don’t : Membuang sampah sembarang, Datang pada siang hari karena matahari sedang terik-teriknya, Datang pada musim hujan karena pasir tidak bisa digunakan untuk sandboarding

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu