Goa Pindul: Temukan Banyak Hal Eksotis Dari Perjalanan Menyusuri Sungai dan Goa Disini!

Berbicara tentang wisata susur goa, tentu nama besar Goa Pindul akan disebut-sebut sebagai rekomendasi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Beberapa tahun terakhir Objek Wisata Goa Pindul memang ramai dibicarakan dan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Memasuki kurun waktu 6 tahun sejak diresmikan, Objek Wisata Goa Pindul kini telah padat peminat sehingga wisatawan seringkali harus menunggu antrian yang cukup panjang untuk dapat menikmati cave tubing.

Bermodalkan biaya retribusi sejumlah 35.000 rupiah, anda akan dibekali head lamp, life vest, helm, serta ban pelampung untuk menyusuri sungai dan menikmati keberadaan stalagtit dan stalagmit di dalam goa sepanjang 350 m. Lebar  goa hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona, zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar kurang lebih 45 menit.

Sekedar tambahan informasi untuk kalian, kegiatan wisata di Goa Pindul memang dilakukan di air. Jangan sampai lupa untuk membawa peralatan mandi, handuk bersih, serta pakaian ganti untuk dipergunakan seusai kalian ber-cave tubing ria. Tentunya kalian tidak ingin merasakan masuk angin selepas berwisata bukan?

Goa pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Goa Pindul terletak sekitar 60 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh selama 1-2 jam perjalanan dengan menyesuaikan kepadatan arus lalu lintas. Objek wisata ini masih memungkinkan untuk ditempuh dengan angkutan umum menggunakan  bus jurusan Yogyakarta-Wonosari dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Waktu yang paling direkomendasikan untuk mengunjungi Goa Pindul adalah pada pagi atau sore hari.  Jika harus datang pada siang hari juga tidak masalah, tapi jangan lupa menggunakan krim sunblock. Hindari  resiko antrian yang panjang ketika berkunjung pada long weekend atau high session. Objek Wisata Goa Pindul baru mulai beroperasi pada pukul 07.00 WIB dan tutup menjelang pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Lepaskan Beban dan Melompatlah!

Pada jalur sebelum perjalanan cave tubing usai, pengunjung Goa Pindul akan bertemu dengan zona yang cukup mendapat asupan cahaya dibandingan dengan bagian lain. Di zona ini, pengunjung biasanya memanfaatkan asupan cahaya yang ada untuk mengabadikan momen bersama orang-orang tercinta. Tidak kalah serunya, di kawasan ini pengunjung dapat merasakan melompat dari batu dengan ketinggian 2 meter. Memang bukan ketinggian yang terlalu ekstrem, namun cukup untuk memacu adrenalin kalian yang belum pernah melakukan hal ini. Selain merasakan kesegaran air dan memacu adrenalin, untuk sesaat beban kehidupan kalian seakan ikut terangkat dan menghilang.

Menjadi Awet Muda dan Perkasa dengan Berwisata di Goa Pindul

Goa pindul memiliki mitos-mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar yaitu keberadaan ‘tetesan awet muda’ dan ‘batu perkasa’. Tetesan air yang berasal dari stalaktit di tengah goa dipercaya dapat membuat paras seseorang perempuan menjadi awet muda sehingga banyak wisatawan yang tertarik dan mencari tetesan awet muda ini ketika berkunjung ke Goa Pindul.

Tidak kalah hebatnya adalah kehadiran batu perkasa yang menurut legenda setempat dipercaya dapat meningkatkan ‘tingkat keperkasaan’ seorang lelaki. Sebuah tips untuk para lelaki yang hendak mengajak pasangannya untuk mengunjungi goa pindul, pahami legenda setempat dengan baik. Jangan sampai mitos tentang tetesan awet muda dan batu perkasa tertukar. Anda tentunya tidak ingin pasangan anda yang cantik kemudian  berubah menjadi sosok yang terlalu perkasa bukan?

Rutinitas selalu disertai dengan tuntutan yang itu-itu saja. Namun akhir pekan selalu memberikan pilihan yang berbeda-beda. Goa Pindul dapat menjadi salah satu pilihan menarik untuk dikunjungi. (*)

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

INFORMASI WISATA

Waktu Operasional : Setiap Hari, pukul 07.00–17.00 WIB

HTM : Rp 35.000,00 (Domestik/WNA Pemegang KITAS)

HTM : Rp 45.000,00 (WNA)

Fasilitas: Wedang Pindul, Rompi Pelampung, Sepatu Karet, Ban Pelampung, Locker, Tempat Bilas dan Pemandu Lokal,

Aktifitas: Cave Tubing menyusuri goa di perut bumi menggunakan ban pelampung.

LOKASI

Alamat : Jl. Goa Pindul Pos 2, Dusun Gelaran RT. 05, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon : 0812-2944-9004

Website : Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak tempuh dari No Kilometer Yogyakarta ke Goa Pindul kurang lebih 42 km, Dengan Estimasi Waktu tempuh 1 jam 30 menit. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Dari Jogja Naik Bus –> Terminal Giwangan –> Naik Bus Jogja Wonosari –> Turun perempatan Grogol –> Dari Grogol naek Ojek minta diantar ke sekretariat Goa Pindul. Tukang Ojek bisa PP, nanti setelah selesai dari sekretariat goa pindul, pulangnya bisa diantar lagi ke Bundaran Siono untuk cari bus balik ke Jogja. Biaya ojek sekitar 30rb PP.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

REKOMENDASI TRIPJOGJA

Best Time to Visit :  Setiap hari (diluar hari libur long weekend) pada pagi menjelang tengah hari supaya anda mendapatkan kilau sinar matahari dari lubang goa dia atas salah satu jalur goa Pindul.

What to bring : 

  • Waterproff (Kamera dan Handphone)
  • Action cam
  • Sunblock
  • Tongsis
  • Baju Ganti
  • Handuk
  • Alat Mandi
  • Outfit yang santai (prefer Kaos dan Celana Pendek)

Do :

  • Nikmati trip-mu dan dengarkan cerita menarik dari pemandu lokal.
  • Lupakan sejenak masalahmu, lompatlah di salah satu titik lompat yang ada di dalam goa.

Don’t :

  • Melakukan Cave tubing tanpa standart safety yang disarankan.
  • Berkunjung di hari Sabtu atau Minggu di masa Long Weekend.
  • Melamun.
⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu