Destinasi

Menikmati Indahnya Panorama Senja di Istana Ratu Boko

Senja selalu punya cara untuk memanjakan mata dan mengajak kita mengucap syukur pada Yang Kuasa. Kita boleh saja berdebat tentang cara terbaik dalam menikmati senja, tapi kita pasti akan selalu sepakat bahwa Candi Ratu Boko adalah salah satu lokasi terbaik untuk menikmatinya. Berbeda dengan situs purbakala lain seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang dulu dipergunakan sebagai tempat ibadah, Candi Ratu Boko merupakan bangunan profan yang secara fungsi tidak berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Situs purbakala yang terletak berdekatan dengan Candi Prambanan ini konon merupakan perwujudan sebuah istana dari Ratu Baka, ayah dari Roro Jonggrang.

Terletak di puncak bukit dengan ketinggian 196 meter di atas permukaan laut, Istana yang secara keseluruhan memiliki luas sebesar 25ha ini terletak 17 kilometer dari Nol Kilometer sebagai pusat Kota Yogyakarta. Bangunan ini terletak di Kecamatan Prambanan dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Selain sebagai sebuah situs peninggalan sejarah, bangunan yang diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-8 ini juga menjadi panggung yang indah untuk menyaksikan terbenamnya matahari. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.25.000,- dan sedikit berjalan kaki mendaki anak tangga setinggi 40 meter, sajian langit yang mempesona akan mencerahkan pikiran kita untuk kembali beraktivitas esok hari. Cukup jauh bagi kita yang memang jarang melakukan aktivitas fisik, namum kita tidak perlu takut merasa haus karena dengan membayar retribusi kita sudah mendapatkan jatah air mineral untuk menyegarkan tenggorokan.

Candi Ratu Bokol, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Keputren atau tempat pemandian bagi keluarga raja. Via pegipegi[dot]com

Kompleks Istana yang Megah dan Bernilai Arsitektur

Mata kita akan dimanjakan oleh hamparan rumput hijau yang asri serta gerbang-gerbang dan bangunan peninggalan sejarah yang konon memiliki fungsinya masing-masing. Dari mulai gerbang kerajaan, pendopo, hingga keputren yang konon pada masanya dipergunakan sebagai pemandian keluarga kerajaan. Dapatlah kita membayangkan bahwa tentunya istana semegah ini pernah dipimpin oleh raja yang hebat pada masa jayanya dulu. Berbagai lanskap pemandangan yang kita temui tentunya cukup dapat memukau mata sembari kita membuang waktu menunggu datangnya momen yang telah kita tunggu-tunggu. Tentu saja apa lagi kalau bukan lukisan cahaya yang tertoreh di langit karena terbenamnya sang mentari.

Candi Ratu Bokol, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Arsitektur Megah Candi Boko

Menanti Sang Mentari Tertidur Sembari Mengucap Syukur

Kita juga dapat memanfaatkan momen penantian terbenamnya matahari dengan bercakap-cakap santai dengan keluarga maupun orang tercinta. Duduk di atas rumput, berbincang-bincang, dan mungkin menikmati kudapan-kudapan yang telah kita persiapkan sebelumnya. Jangan lupa berkeliling terlebih dahulu untuk sekedar memilih dan memperkirakan spot yang kiranya memungkinkan kita untuk mengambil panorama senja dengan maksimal. Perlahan, mata kita akan dimanjakan oleh panorama terbenamnya matahari yang akrab disebut sebagai senja. Rona langit berwarna jingga yang bercampur dengan siluet bangunan istana dan pepohonan tentunya akan melekat di benak kita sore itu. Kita pun kemudian tersadar bahwa padatnya rutinitas dan beban pikiran ternyata membuat lupa akan indahnya sore hari saat senja datang menghampiri. Sore itu di Candi Ratu Boko pikiran kita pun telah diingatkan kembali dan kita mulai menanti datangnya senja esok hari.

Candi Ratu Bokol, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Dengan area yang luas, yaitu sekitar 25 hektar, banyak banget spot menarik yang bisa kamu eksplor Via Pegipegi(dot)com

 

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu Operasional : Jam masuk 06:00 – 17:00

HTM : Rp. 25.000 (dewasa) & Rp. 10.000 (anak)

Fasilitas : Kamar mandi, rumah makan

Aktivitas : Sunset view

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat : Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Website :  Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

17 km dari pusat kota Jogja

Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Dapat menggunakan rute Jl. Jogja-Solo pertigaan Prambanan ke selatan menuju Jl.Piyungan lalu mengikuti penunjuk jalan menuju Candi Boko.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best Time to Visit : Sore hari sebelum loket tutup mendekati waktu terbenamnya matahari.

What to bring : Cemilan untuk menunggu terbenamnya matahari

Do : Mengaggumi keindahan Candi Ratu Boko dan berburu sunset yang indah.

Don’t : Membuang sampah sembarangan & Vandalism

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

 

Write A Comment