Ratu Boko [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ratu Boko, atau ratu boko temple adalah sebuah situs arkeologi yang berlokasi di sebelah timur kota Yogyakarta, Indonesia, menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik. Selain memiliki sejarah yang kaya, situs ini juga memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan yang memukau pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, pemandangan di sekitar situs yang alami dan indah membuat candi ratu boko menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi keindahan dan sejarah Yogyakarta.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Candi Ratu Boko terletak di Jalan Raya Piyungan – Prambanan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Terletak sekitar 18 km dari pusat kota Yogyakarta dan 5 km dari kompleks candi Prambanan.

Cara Akses dari Kota Jogja

Untuk menuju ke Candi Ratu Boko dari kota Jogja, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota, taksi atau ojek online. Namun, pilihan yang lebih nyaman adalah menyewa mobil atau motor dengan sopir, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Dari pusat kota Jogja, Anda tinggal mengikuti jalan raya Jogja – Solo sampai ke pasar Prambanan, lalu belok kanan masuk ke jalan raya Piyungan – Prambanan. Tinggal mengikuti jalan tersebut, Anda akan sampai di tujuan.  



candi boko buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Sebaiknya Anda datang pagi hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau sore hari untuk menikmati matahari terbenam.
Harga tiket masuk Candi Ratu Boko adalah sekitar Rp 40.000 untuk wisatawan domestik dan USD 25 atau sekitar Rp 350.000 untuk tiket masuk candi ratu boko bagi wisatawan asing. Harga untuk wisatawan asing ini tergantung harga kurs dollar per hari datang tersebut.
Saat berkunjung ke Candi Ratu Boko, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan. Pertama, wisatawan dapat menjelajahi kompleks candi dan mempelajari sejarah candi ratu boko. Kedua, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam dari atas bukit di sebelah candi. Ketiga, wisatawan dapat mengunjungi museum yang berisi koleksi arkeologi dan informasi tentang keraton ratu boko.
Beberapa tips Do dan Don't saat mengunjungi istana ratu boko adalah:
  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena akan banyak berjalan kaki di area kompleks candi.
  • Jangan merusak atau membawa pulang barang dari situs candi.
  • Jangan memanjat atau duduk di atas batu candi karena dapat merusak situs sejarah.
  • Ikuti aturan dan panduan yang diberikan oleh pihak pengelola situs.
  • Hati-hati saat berjalan di sekitar area kompleks candi, terutama di area tangga dan batu-batu yang licin.
  • Jangan lupa untuk membawa uang tunai, karena beberapa warung dan toko yang berada di dekat Candi Ratu Boko tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit atau e-money.
  • Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sopan dan santun, karena Candi Ratu Boko adalah situs sejarah yang harus dihormati dan dijaga keasliannya.
Baca Juga:  Pantai Parangkusumo [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Perlengkapan yang Perlu Dibawa ke Candi Ratu Boko

Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa saat mengunjungi Candi Ratu Boko adalah:
  • Topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari yang terik.
  • Botol air minum untuk menghidrasi diri.
  • Kamera atau smartphone untuk mengambil foto.
  • Alat navigasi seperti peta atau GPS untuk memudahkan berkeliling di kompleks candi.
Baca Juga:  Pantai Mesra (Ngrawe) Jogja [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Pertanyaan Wisatawan Seputar Ratu Boko

Apa saja fasilitas yang tersedia di Candi Ratu Boko?

Di Candi Ratu Boko, terdapat berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung, seperti area parkir, toilet, warung makan, dan tempat istirahat.

Apakah ada waktu kunjungan yang disarankan untuk mengunjungi Candi Ratu Boko?

Waktu kunjungan yang disarankan adalah di pagi hari atau sore hari, karena pada saat itu cuaca relatif lebih sejuk dan pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam yang indah dari atas bukit tempat candi ini berdiri.

Gallery Foto Tempat Wisata Ratu Boko

Kesimpulan

Dalam keseluruhan, Candi Ratu Boko adalah destinasi wisata yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta, Indonesia. Situs ini menawarkan sejarah dan keindahan arsitektur yang menakjubkan, serta pemandangan yang memukau dari atas bukit di sekitar candi. Jika Anda berminat mengunjungi Candi Ratu Boko, kami menawarkan paket wisata Jogja yang mencakup kunjungan ke situs ini serta beberapa destinasi wisata terkenal lainnya seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari.

5/5 - (2 votes)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2024 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram