Air Terjun Kembang Soka, Surga Tersembunyi Di Kulon Progo

Letak Air Terjun Kembang Soka sangat tersembunyi. Seperti halnya surga yang tersembunyi di tengah tanah tandus. Pemandian yang masih alami dengan air yang langsung dari sumbernya. Jika penat dengan segala hiruk pikuk kota, tempat ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin merasakan sejuknya pemandian di tengah dua air terjun.

Lokasi wisata Kulon Progo ini berada di lembah sungai Perbukitan Menoreh. Setelah berjalan sedikit memasuki lokasi, maka Kamu akan menemukan kolam yang pertama yang berasal dari tuk atau Pancuran Jaran. Yang menjadi keunikan di air terjun ini adalah air terjunnya yang multiwarna.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Kembang Soka

Fasilitas Terjun Kembang Soka
Image by @zaskiadyamecca

Fasilitas yang tersedia di tempat Air Terjun Kembang Soka, bisa dibilang cukup lengkap. Apa saja sih fasilitasnya, yuk kita simak di bawah ini :

  • Lokasi parkir kendaraan roda dua dan empat.
  • Kamar mandi.
  • Gazebo.
  • Mushola.
  • Penginapan.
  • Tenda-tenda penjaja makanan dan minuman.

Jam buka dan aktivitas yang dapat dilakukan

Jam berapa sih air terjun ini buka, Air Terjun Kembang Soka buka 24 jam. Jadi, bisa sewaktu-waktu kesini. Tapi yang harus diingat, Kamu juga harus melihat cuaca terlebih dahulu kalau mau ke air terjun ini.

Jam Buka Air Terjun Kembang Soka
Image by @raudyaig

Apa saja ya aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Kembang Soka yang indah ini?

  • Menikmati keindahan dan suara Air Terjun Kembang Soka

Mendengarkan suara debit air terjun yang turun, menjadi sensasi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Segarnya udara di pegunungan, tepat untuk Kamu yang sumpek dengan udara di perkotaan.

Hanya duduk sembari menikmati gemericik suara air terjun sudah menjadi relaksasi yang mendamaikan jiwa. Suara gemericik airnya tak jauh beda dengan Air Terjun Kedung Pedut.

  • Hunting Foto

Indahnya air terjun ini sangat disesalkan jika keindahannya tidak diabadikan dengan lensa kamera. Hampir seluruh pengunjung pasti membawa kamera untuk berfoto, apalagi untuk yang hobi fotografi Air Terjun Kembang Soka sangat cocok untuk dijadikan objek. Kamu juga harus berhati-hati ya membawa kameranya, karena air terjun merupakan kawasan yang basah dan licin.

  • Bersantap di pinggir Air Terjun Kembang Soka

Liburan bersama keluarga atau kerabat memang sangat menyenangkan. Apalagi kalau Kamu membawa makanan atau membeli di warung dekat air terjun, menjadi kenikmatan melebihi apapun. Kamu bisa menyantap makanan di pinggir air terjun sembari menikmati suara-suara alam.

  • Mandi dan berenang

Belum afdol rasanya, jika berkunjung ke air terjun belum merasakan asyiknya berenang di air terjun atau mandi di kolam tuk yang airnya masih alami nan segar. Kamu bisa berenang dan bermain air di bawah air terjun, tapi juga harus hati-hati ya karena ada banyak batu yang licin kalau dilewati.

Lokasi dan Rute Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka ini sudah masuk ke kawasan Dusun Gunung Kelir. Tanya saja pada penduduk sekitar lokasi dari Desa Jatimulyo untuk mencapai wisatanya. Untuk kecamatannya sendiri ada di Girimulyo. Kalau kabupatennya Kamu pasti sudah tahu, ya, Kulon Progo, DIY.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka
Image by @aswatunhassannah

Rute perjalanan ke Air Terjun Kembang Soka yang dapat Kamu tempuh, yaitu kalau dari pusat Jogja jalan menuju ke Bangjo RingRoad Barat Demak Ijo lalu ambil ke arah Jalan Godean. Ikuti jalan melewati Pasar Godean, menyeberangi Sungai Progo dan setelah itu akan menemukan perempatan Nanggulan, ambil ke arah barat lurus saja menuju Pegunungan Menoreh.

Ikuti jalan menaiki Pegunungan Menoreh, dari sini pengemudi harus sudah berhati-hati karena jalannya yang berkelok dan menanjak. Kemudian, akan menemui pertigaan mentok, ambil arah kiri menuju Goa Kiskendo. Setelah melewati goa, Kamu akan menemui lagi pertigaan ambil kiri ke petunjuk arah Grojogan Mudal. Ambil kiri lagi nanti akan menemukan gapura Selamat Datang Air Terjun Kembang Soka. Bagaimana, mudah kan ?

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Kembang Soka

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka
Image by @explorekulonprogo

Untuk dapat ke tempat ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Harga tiket masuk Air Terjun Kembang Soka masih sangat terjangkau. Kira-kira berapa sih harga tiketnya ?

KeteranganHarga Tiket
Tiket MasukRp. 5.000,- / orang
Parkir MotorRp. 3.000,-

Nah, bagaimana sudah siapkan untuk menikmati keindahan Air Terjun Kembang Soka? Jika mampir ke Jogjakarta, jangan sampai melewatkan wisata yang satu ini, ya. Kapan lagi kamu bisa menikmati Air Terjun multiwarna. Kalau mau lebih tau wisata tersembunyi lainnya di Yogyakarta, kunjungi saja TripJogja.co.id.

Share ke media sosial Kamu yuk surga tersembunyi yang ada di Kulon Progo ini, jadikan Air Terjun Kembang Soka ini sebagai feed instagram yuk. Dijamin deh nanti feed Kamu kayak selebgram-selebgram.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu