Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Ketika mendengar namanya, kamu pasti berpikiran bahwa Pantai Goa Cemara terdiri atas tiga unsur alam. Yakni cemara, goa, dan juga pantai. Benar sekali, pada gerbang masuknya berbentuk mulut goa yang berasal dari pohon cemara. Berbentuk sempurna seperti yang telah dirancang oleh pihak pengelola.

Pastinya pohon cemara jenis udang yang bersisihan dengan pohon akasia memiliki fungsi yang cukup krusial untuk pantai. Yang mana dapat mencegah abrasi. Lebih penting lagi karena bisa menjadi mitigasi Tsunami. Uniknya, di pantai ini terdapat sebuah tradisi bernama Labuhan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak detail fasilitas, alamat, rute, jam buka, dan sebagainya pada review Pantai Goa Cemara di bawah ini!

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Pantai Goa Cemara
Image by @salsabilaluqyana

Destinasi wisata Bantul yang satu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Beberapa diantaranya adalah:

  • Mushola
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Toilet
  • Camping Ground
  • Penyewaan Kuda
Baca Juga:  Hei Selfie Hunter! Yakin Gak Mau Foto-foto di Hutan Pinus Mangunan?

Jam Buka dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Pantai Goa Cemara ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Kamu bisa datang setiap hari, sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Meski begitu, sangat disarankan bagi kamu untuk mengunjungi pantai ini ketika Labuhan sedang diadakan. Tentunya kamu akan mendapatkan pemandangan budaya yang jarang ditemukan.

Jam Buka Pantai Goa Cemara
Image by @zabrina.nzm

Adapun aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ada akan diulas lebih dalam di bawah ini:

  • Menikmati Kesejukan Rimbun Pohon Cemara

Begitu masuk area pantai, kamu akan langsung disambut oleh jajaran pohon menjulang yang pastinya menyejukkan udara dan mata. Angin sepoi-sepoi akan menemani langkahmu menuju ke bibir pantai.

  • Bermain di Hamparan Pasir

Mengunjungi sebuah pantai, tentu saja yang dicari adalah pesona pasirnya yang memikat. Kilatan pasir hitam yang terpantul oleh cahaya matahari akan membuat kamu betah berlama-lama. Laut yang biru dengan ombak berkejaran juga akan membuat penat dan ruwetnya kehidupan sirna seketika.

  • Menyaksikan Budaya Labuhan

Jika kamu datang pada saat tahun baru Islam atau 1 Hijriyah, maka akan didapati tradisi unik. Namanya Labuhan, prosesi diawali dengan kirab budaya. Dilanjutkan dengan tari-tarian tradisional di pendopo. Setelah itu, ada pembagian nasi kuning pada pengunjung. Arak-arakan kemudian dilarung ke tengah pantai.

Baca Juga:  Tengok Rumah Budaya Tembi dan Serba Serbinya

Sebagai penutup acara, pengunjung bisa ikut berebut gunungan yang berisi hasil bumi. Pada saat ini, barulah prosesi Labuhan berakhir.

  • Naik ke Mercusuar untuk Berburu Foto Keren

Di sekitar pantai terdapat juga sebuah mercusuar Pantai Goa Cemara setinggi 40 meter. Kamu bisa naik untuk menikmati panorama Pantai Goa Cemara secara utuh. Siapkan kamera terbaikmu untuk berburu foto yang keren dari atas ketinggian. Namun, untuk menuju ke atas mercusuar dibatasi dua orang sekali naik.

  • Aktivitas Seru lainnya

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa melakukan permainan seperti layang-layang, berburu sunset, main ayunan, sewa ATV, dan juga camping di alam terbuka. Meski begitu, kondisi Pantai Goa Cemara saat ini cukup membuat miris, sebab, pengunjung masih belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Terletak di Jalan Lintas Selatan, pantai ini ada di wilayah administratif Dusun Patihan. Desanya sendiri adalah Gadingsari. Untuk kecamatannya adalah Sanden. Kalau kabupatennya, tentu kamu sudah tahu. Ya, Bantul.

Baca Juga:  Body Rafting Sungai Oyo: Mau Merasakan Berenang di Alam Yang Asyiknya Sampe Keubun-ubun??
Alamat Pantai Goa Cemara
Image by @ervhin__

Sedangkan rute yang bisa kamu lalui adalah dari Kota Jogja menuju ke Bantul. Jika sudah, kamu ikuti saja jalur ke Samas dan lurus saja. Jika sudah sampai ke persimpangan Pandansari, tetap lurus. Setelah itu, belok kiri. Dari situ, kamu sudah bisa melihat gerbang masuk Pantai Goa Cemara.

Harga Tiket

Harga Tiket Pantai Goa Cemara
Image by @illia.dy

Sebagaimana wisata alam lain di Bantul, kamu tidak akan dibebankan tarif masuk yang tinggi. Lebih jelasnya, silakan kamu simak harga tiket masuk Pantai Goa Cemara di bawah ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 4.000,- / orang
Parkir BusRp. 15.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
Parkir Kenderaan Roda DuaRp. 2.000,-

Dengan keunikan dan fasilitas yang dimilikinya, tidakkah kamu berkeinginan menyambangi Pantai Goa Cemara Bantul? Jika iya, pastikan kamu memilih agen travel terbaik di Jogja yakni tripjogja.co.id. Kami akan membersamaimu melewati hari-hari indah di penjuru Kota Jogja yang eksotis.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada followers di media sosialmu. Biarkan orang lain tahu tentang Pantai Goa Cemara ini.

Leave a Reply

Close Menu