Gereja Ganjuran Jogja [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran atau lebih terkenal dengan sebutan Gereja Ganjuran adalah sebuah gereja Katolik dan tempat berziarah umat Katolik yang terletak di Kecamatan BambangLipuro, Kabupaten Bantul, Jogja. Gereja ini dikenal dengan keindahan arsitektur dan sejarah yang kental serta akulturasinya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Gereja Ganjuran.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Gereja Ganjuran atau Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran terletak di Jalan Ganjuran, Jogodayoh, Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Jogja. Lokasi gereja ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Gereja Ganjuran terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja.



Gereja Ganjuran buka setiap hari dari pukul 06.00 – 24.00. Namun, ada jam misa yang dapat berubah-ubah. Jadi, sebaiknya periksa terlebih dahulu jadwal misa sebelum berkunjung. Untuk para peziarah yang ingin berdoa di candi Ganjuran atau candi Hati Kudus Yesus Ganjuran juga mengikuti dan menyesuaikan jam buka tersebut.
Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Gereja Ganjuran. Namun, jika Anda ingin memberikan sumbangan, Anda dapat memberikannya di kotak sumbangan yang tersedia.
Gereja Ganjuran memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan gereja dari luar maupun dalam. Selain itu, pengunjung yang kebanyakan peziarah umat Katolik dapat berdoa di Candi Hati Kudus Yesus atau Candi Ganjuran yang berada di sebelah timur Gereja Ganjuran. Setelah berdoa, peziarah bisa mengambil air dari sendang (sumber air) yang ada di Candi Ganjuran yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.
  • Hindari memotret atau merekam video selama upacara keagamaan.
  • Pastikan Anda mengenakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka.
  • Jangan berbicara atau berperilaku tidak sopan di area gereja dan candi Ganjuran.
  • Jangan merusak atau mencoret-coret bangunan di area gereja dan candi Ganjuran.
  • Patuhi peraturan yang ada di area gereja dan candi Ganjuran
  • Berdoa dengan tenang dan tidak mengganggu orang lain.
  • Jangan meninggalkan sampah di dalam area gereja dan candi Ganjuran
  • Jika anda ingin berdoa naik ke Candi Hati Kudus Yesus, dimohon untuk mengantri dan menaati peraturan yang ada
Baca Juga:  Pantai Sundak Gunung Kidul [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Perlengkapan yang Perlu Dibawa ke Gereja Ganjuran

  • Ada beberapa perlengkapan yang perlu dibawa selama berziarah atau berkunjung ke Gereja dan Candi Ganjuran:
  • Sebaiknya Anda memakai pakaian yang sopan dan nyaman untuk beribadah.
  • Selain itu, Anda juga dapat membawa air minum dan kamera untuk mengabadikan momen di Gereja Ganjuran.
  • Jangan lupa membawa masker dan hand sanitizer sebagai langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19.
  • Untuk pengunjung yang memang ingin berziarah dan berdoa khususnya umat Katolik, bisa membawa rosario, lilin, dan buku doa 
Baca Juga:  Kampung Edukasi Watu Lumbung [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Pertanyaan Wisatawan Seputar Gereja Ganjuran

Apakah Gereja Ganjuran Bantul terbuka untuk wisatawan dari agama lain?

Ya, Gereja Ganjuran Bantul terbuka untuk wisatawan dari agama apapun yang ingin berkunjung untuk melihat keindahan arsitektur dan seni di dalamnya. Namun, diharapkan untuk tetap menghormati kebersihan, ketertiban, dan suasana keagamaan di dalam gereja.

Apa saja acara yang diadakan di Gereja Ganjuran Bantul?

Di Gereja Ganjuran Bantul seringkali diadakan acara seperti misa, retret, seminar, dan perayaan-perayaan keagamaan katolik lainnya.

Gallery Foto Gereja Ganjuran

Kesimpulan

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran atau Gereja Ganjuran merupakan gereja Katolik yang sangat terkenal sebagai tempat berziarah dan berdoa umat Katolik di Indonesia dan merupakan salah satu tujuan wisata religi. Selain itu anda akan melihat akulturasi kental antara budaya Jawa dengan Katolik, sehingga menghadirkan gereja Katolik bernuansa Jawa. 

Jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Gereja dan Candi Ganjuran jika anda berlibur ke Jogja. Anda bisa mengakses paket wisata Jogja untuk merencanakan liburan anda di Jogja. Selain di Ganjuran, anda bisa pergi ke tempat lain di dekat Ganjuran seperti Pantai Samas, Pantai Gua Cemara, dll.

Rate this post
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram