Ad
Ad
Ad
Destinasi

Taman Pintar Jogja, Melihat Keseruan Anak-anak Belajar Sains Ditemani Dinosaurus.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kawasan Malioboro adalah salah satu magnet bagi wisatawan yang ada di Jogja. Setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi oleh ribuan orang. Bukan hanya dari sekitar Jogja saja, bahkan dari seluruh Indonesia dan juga turis dari mancanegara. Pesona Malioboro tidak hanya karena keberadaan toko-toko batik dan souvenir khas Jogja maupun Pasar Beringharjo saja, gedung-gedung tua yang ada di kawasan ini juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Jika mau berjalan terus sampai ke kawasan O KM Jogja. Kita bisa melihat beberapa gedung kuno yang masih terjaga sampai sekarang seperti Gedung Agung, Kantor Pos Besar, Gedung BNI, dan Benteng Vredeburg.  Sementara yang mengajak anak-anaknya jalan, Taman Pintar adalah tempat yang wajib didatangi. Ditempat ini kita bisa melihat keseruan anak-anak  bermain sekaligus belajar tentang sains dan teknologi.

Taman Pintar Jogja, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Peraga alat dan wahana yang mampu merangsang kreatifitas anak. via: duniabiay[dot]wordpress[dot]com

Belajar Sambil Rekreasi

Salah satu tujuan awal didirikannya Taman Pintar ini adalah sebagai sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan. Dengan mengunjungi Taman Pintar ini anak-anak dan generasi muda diharapkan bisa lebih mempunyai motivasi untuk mencintai sains. Selama ini ada kesan kalau belajar sains itu sulit dan membosankan. Namun di Taman Pintar belajar sains bisa lebih menyenangkan karena menggunakan alat-alat peraga dan juga berbagai wahana permainan.  Dengan begitu anak-anak bisa lebih memperdalaman materi-materi pelajaran yang diterima di sekolah. Taman Pintar ini mulai dibuka untuk umum pada 16 Desember 2008 setelah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Taman Pintar Jogja, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Waduhh sepedaan bareng tengkorak. ada yang berani? hehe via. indoloka.com

Wahana di Taman Pintar Jogja

Taman Pintar terdiri dari 5 gedung yang masing-masing mempunyai wahana yang berbeda-beda. Kelima gedung tersebut adalah Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, dan Gedung Paud.

  • Gedung Memorabilia: Gedung ini memiliki 3 wahana yaitu Sejarah Kasultanan Keraton, Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Presiden. Di gedung ini anak-anak bisa belajar tentang sejarah 2 keraton yang ada di Jogja yaitu Keraton Ngayogyakarta dan Pura Pakualaman. Selain itu anak-anak juga bisa belajar tentang beberapa tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara dan juga tentang presiden yang pernah menjabat di Indonesia.
  • Gedung Oval: Gedung ini memiliki 10 wahana yaitu Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Prasejarah, Dome Area, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Tata Surya, Zona Teknologi Komunikasi, Generator Van De Graaf, Generator Pedal, dan Zona Nuklir.
  • Gedung Kotak: Gedung ini terdiri dari 16 zona yaitu Zona Microsoft, Zona Standar Nasional Indonesia, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Sumber Daya Air, Hand on Science, Zona Melek Gizi, Zona Sains, Zona Tepi TV, Zona, Olahraga, Zona Sahabat pemberani, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, dan Perpustakaan.
  • Gedung Planetarium: Gedung ini merupakan salah satu gedung yang paling banyak dikunjungi anak-anak. Di Gedung Planetarium ini anak-anak bisa melihat simulasi suasana langit pada malam hari dengan menggunakan proyektor digital.
  • Gedung PAUD: Gedun ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Paud Timur dan PAUD Barat. Gedung ini memang dikhususkan untuk anak-anak usia 2-7 tahun yang belajar tentang sains dan teknologi tapi dengan konsep bermain.
Taman Pintar Jogja, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Gedung oval adalah gedung yang paling ramai dan diminitai banyak pengunjung. Via indoloka[dot]com

Program Kreativitas

Selain wahana-wahana yang sudah cukup lengkap tersebut, di Taman Pintar anak-anak juga bisa mengikuti beberapa program kreativitas seperti membatik, membuat kreasi gerabah, melukis kaos, melukis gerabah, berlatih menjadi presenter TV, dan juga pelatihan robotik. Kegiatan tersebut tentu saja akan bisa mengasah otak anak untuk bisa menjadi lebih kreatif.

Taman Pintar Jogja, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Bahkan orang dewasa aja senang berkunjung ke Taman Pintar. ia: Tribunnews[dot]com
Sudah punya rencana ke Jogja dalam waktu dekat ini bersama buah hati? Jangan lupa kunjungi Taman Pintar.

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu operasional: Selasa – Minggu , Pukul 08.30 – 16.00

HTM: Rp 10.000 (anak-anak), Rp 18.000 (dewasa)

Fasilitas: ATM, Perpustakaan, Toilet, Planetarium, Alat Peraga Sains, Wahana Permainan

Aktivitas: Belajar tentang sains sambil bermain

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta.

Telepon: (0274) 583 631

Website: tamanpintar.com

Website : Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak Taman Pintar dari 0 KM Jogja hanya sekitar 100 meter dan bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Dari Nol Kilometer berjalan ke arah timur sebelum lampu merah. berada di Utara Jalan Raya.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best time to visit : Pada pagi hari

What to bring : Kamera, buku catatan

Do : Belajar tentang sains dengan mencoba semua wahana yang ada, Mengunjungi semua gedung yang ada

Don’t : Membawa makanan dan minuman ke dalam gedung, merokok di semua area Taman Pintar

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

 

Tulis Komentar