Tengok Rumah Budaya Tembi dan Serba Serbinya

Selain berwisata di tempat-tempat kekinian, jiwa kita juga butuh wisata yang berbau budaya. Selain untuk nguri-uri warisan nenek moyang, aktivitas tersebut juga menjadi ajang mengenalkan budaya pada negara asing. Sebagaimana Yogyakarta terkenal dengan pusat budaya Jawa, terdapat pula Rumah Budaya Tembi.

Tempat wisata Jawa Bantul ini sejatinya merupakan sebuah museum yang juga dijadikan sebagai sebuah penginapan. Rumah Budaya Tembi merupakan wadah bagi seniman lokal untuk menempatkan karyanya, selain itu dimanfaatkan juga untuk menyimpan berbagai situs sejarah dan budaya Jawa. Adanya tempat wisata ini menambah tersedianya rumah budaya Indonesia yang masih terjaga hingga kini.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Rumah Budaya Tembi
Image by @vianbimanyu

Untuk menarik perhatian wisatawan terhadap budaya, pengelola di sini memberikan fasilitas yang terbaik. Bertujuan untuk membuat pengunjung bisa menyaksikan kentalnya budaya Jawa dengan lebih nyaman. Simak fasilitas di Rumah Budaya Tembi ini:

  • Perpustakaan
  • Bale Rupa
  • Bale Inap
  • Bale Karya
  • Kolam Renang
  • Restoran
  • Wi-fi

Jam Buka dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Wisata Museum Rumah Budaya Tembi ini dibuka dari hari Senin sampai dengan Jumat. Pengunjung bisa datang antara pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk penginapannya buka 24 jam.

Aktivitas di Rumah Budaya Tembi
Image by @monsterkatamadek

Selama berkunjung di Rumah Budaya Tembi ini, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang menambah kecintaan terhadap budaya negeri sendiri. Nah, apa saja ya aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung selama di tempat wisata ini? Berikut ulasannya:

  • Melihat Koleksi Benda Bersejarah

Kamu dapat melihat-lihat koleksi benda yang bersejarah pada masa lampau sebagai bahan edukasi. Selain itu juga bisa membuatmu mengenal lebih jauh tentang budaya Jawa.

Ada beberapa koleksi perkakas tradisional, sepeda motor antik, senjata khas orang Jawa, alat musik tradisional, peralatan tani tradisional, bahkan ada juga 5.000 naskah kuno.

  • Menyaksikan Pertunjukan

Biasanya, Rumah Budaya Tembi rutin mengadakan pertunjukan tradisional. Mulai dari tarian daerah, pentas wayang, pameran seni rupa, hingga pembacaan puisi. Pengunjung dapat melihat langsung pertunjukan ini di ruang pertemuan. Dengan menyaksikan pertunjukan yang sedang ditampilkan artinya pengunjung mengapresiasi dan menghargai budaya Jawa.

  • Bermain Permainan Tradisional

Zaman sekarang ini gadget sudah menyita pikiran anak-anak. Jika tidak diimbangi dengan permainan di luar teknologi, tentunya akan membuat anak semakin lupa identitas budayanya. Apalagi sekarang permainan tradisional sudah jarang dilakukan, maka dari itu Rumah Budaya Tembi menyiapkan tempat permainan tradisional. Mulai dari permainan gasing, membajak sawah, membatik, belajar gamelan, dan masih banyak lagi.

  • Menginap dengan Interior Kuno

Asyik rasanya jika bisa beristirahat dengan interior rumah masa lampau. Rumah Budaya Tembi ini menyediakan penginapan bagi yang ingin merasakan beristirahat dengan desain kuno tapi minimalis. Penginapan ini juga tidak jauh dari museumnya. Ada juga penginapan D’omah Jogja di sekitar lokasi.

Lokasi dan Rute

Jika tertarik belajar kebudayaan di Rumah Budaya Tembi, kamu bisa datang langsung ke Jalan. Parangtritis Km 8.4. Desanya ada di Tembi, Timbulharjo. Masuk wilayah Kecamatan Sewon. Untuk kabupatennya sendiri ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Rumah Budaya Tembi
Image by @daudfirdaus

Rute yang dapat ditempuh menuju lokasi ini jika kamu dari Yogyakarta ambil arah menuju ke Pantai Parangtritis, lalu ikuti jalan saja sampai menemukan gerbang Institut Seni Indonesia (ISI). Kemudian jalan terus hingga ada gapura yang bertuliskan Desa Wisata Tembi.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Rumah Budaya Tembi
Image by @ayu_pawareda

Untuk harga tiket masuk Tembi Rumah Budaya yang harus dikeluarkan tentunya sebanding dengan fasilitas yang ada di dalam tempat wisata tersebut. Silakan kamu lihat berapa kira-kira biaya masuk Rumah Budaya Tembi yang harus dikeluarkan.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 20.000,- s/d Rp. 50.000,- / orang
Parkir MotorRp. 3.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-

Siapa yang mau melestarikan budaya, kalau bukan masyarakatnya sendiri. Melestarikan bisa dengan cara selalu mengapresiasi budaya yang ada. Masih banyak lagi wisata budaya yang ada di Yogyakarta selain Rumah Budaya Tembi, kalau mau lebih tahu banyak lagi gabung saja dengan tripjogja.co.id. Kamu juga bisa mengintip tempat wisatanya melalui Tembi Rumah Budaya Instagram.

Jangan sampai budaya Indonesia diklaim lagi oleh negara luar. Maka, bagikan saja review ini di semua platform agar semua tahu betapa kayanya budaya di Indonesia.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu